Enam Manfaat Menakjubkan Tertawa Dan Tersenyum Untuk Kesehatan




Sahabat Saya Sekalian | Tertawa dapat membuat diri kita, merasa jauh lebih baik dan juga bahagia, bukan begitu?. Nah, selain dapat membuat kita merasa jauh lebih baik dan juga bahagia, ternyata aktifitas satu ini juga miliki sejumlah manfaat kesehatan, yang mungkin tak pernah kita bayangkan sebelumnya.

Gaya hidup yang serba cepat serta tekanan di tempat kerja, membuat kita cenderung melupakan waktu pribadi kita, yang pada gilirannya dapat membuat kita mengalami stres dan juga kecemasan. Dan oleh sebab itu, tertawa merupakan kegiatan atau aktifitas yang penting untuk dilakukan, sebagai upaya untuk membuat pikiran dan tubuh kita lebih santai.

Dan berbicara tentang manfaat kesehatan dari tertawa, pastinya dalam benakmu kini sedang bertanya-tanya, tentang apa sajakah manfaat tertawa untuk kesehatan, selain untuk mencegah stres dan jug kecemasan?. Nah berdasarkan hal tersebut, pada kesempatan kali ini kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai beberapa manfaat kesehatan tertawa yang jarang diketahui.

Tertawa dan tersenyum dianggap sebagai dua cara yang paling ampuh, untuk dapat menjaga keseimbangan dalam hidup. Keduanya diketahui mampu meringankan stres, rasa takut, rasa sakit, dan juga permasalahan dalam hidup. Sehingga diyakini bahwa tersenyum dan tertawa, mendukung kesehatan fisik, mental, dan sosial.

Tanpa membuang waktu lebih lama lagi, karena sepertinya kamu juga sudah tidak sabar untuk mengetahui, mengenai manfaat kesehatan apa sajakah yang dapat kamu peroleh, dari menjalani keseharian penuh senyuman dan tawa tersebut?. Berikut ini ulasannya :

Enam Manfaat Menakjubkan Tertawa Dan Tersenyum Untuk Kesehatan

Baca Juga : Inilah Enam Manfaat Tertawa Untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui

- Tertawa Dan Tersenyum Membantumu Merasa Lebih Baik

Ketika kita tersenyum, otak menghasilkan bahan kimia yang merangsang perasaan bahagia, Serotonin, dan juga Endorfin. Bahan-bahan kimia tersebut, dapat membantu diri kita merasa bahagia, sehingga berguna juga untuk mengurangi rasa sakit.

- Tertawa Dan Tersenyum Membuat Tubuh Rileks

Tawa yang lepas mampu meringankan stres dan tekanan yang tubuh alami. Ketika kita tertawa, kita membuat otot-otot dalam tubuh menjadi lebih rileks, dan itu akan bertahan selama 30 hingga 45 menit lamanya.

- Tertawa Dan Tersenyum Berguna Untuk Meringankan Stres

Ketika otak melepaskan Endorfin, hormon stres seperti Kortisol pun berklurang. Dengan tertawa dan bersantai, tingkat Kortisol dalam tubuh kita, dapat kita kurangi. Dan ini merupakan salah satu manfaat dari tertawa dan tersenyum.

- Tertawa Dan Tersenyum Berguna Untuk Menjaga Kesehatan Paru-Paru

Ketika kita tertawa, Paru-paru kita cenderung mengembang, dan diisi penuh dengan Oksigen. Tawa yang lepas, cenderung meningkatkan aliran darah dan juga Oksigen yang kaya nutrisi, ke seluruh tubuh kita.

- Tertawa Dan Tersenyum Berguna Untuk Meningkatkan Kesehatan Jantung

Tertawa secara teratur mampu menurunkan tekanan darah, meningkatkan aliran darah, serta meningkatkan fungsi pembuluh darah. Sehingga dapat mengurangi risiko serangan jantung, dan juga penyakit Kardiovaskular lainnya. 

- Tertawa Dan Tersenyum Berpengaruh Pada Kesehatan Mental Kita

Tertawa dan tersenyum, tidak hanya berpengaruh pada kesehatan tubuh kita, melainkan juga berpengaruh pada kesehatan mental kita. Ketika terjadi tekanan emosinal, seperti halnya rasa marah, rasa sedih, ataupun rasa takut, tawa dapat mengurangi tekanan emosional tersebut.

Baca Juga : Tujuh Pola Hidup Sehat Berikut Bantu Kamu Hindari Penyakit Berbahaya

Olahraga Tawa

Ini merupakan sebuah teknik, yang mengenalkan tawa sebagai olahraga. Teknik ini didasarkan pada konsep, bahwa terdapat hubungan antara tubuh dan juga otak kita, serta bagaimana tawa dapat meningkatkan hubungan tersebut.

Idenya berdasarkan fakta bahwa tubuh kita tahu bagaimana cara tertawa, bahkan meski pikiran kita tidak sedang dalam keadaan bahagia. Oleh sebab itu, kamu tidak perlu benar-benar bahagia, untuk melakukan olahraga ini. Yang perlu kamu lakukan ialah tertawa lepas dari hati yang paling dalam.

Itulah ulasan mengenai enam manfaat tertawa untuk kesehatan, yang wajib kamu ketahui sahabat sekalian. Setelah kita mengetahui banyaknya manfaat kesehatan dari aktifitas tertawa ini, pastinya kita tidak akan lagi mau menghabiskan hari tanpa ada tawa ataupun senyuman, bukan begitu?. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.

Subscribe to receive free email updates: