Inilah Penyebab Serta Gejala Yang Dapat Timbul Akibat Penyakit Malaria




Lorongperihal.id | Malaria merupakan salah satu penyakit yang dapat mengancam jiwa, dan disebabkan oleh gigitan nyamuk Anopheles betina. Ketika nyamuk ini menggigit, ia juga mengirimkan parasit-parasit Malaria, ke dalam tubuh manusia. Parasit Malaria ini masuk kedalam tubuh kita, kemudian berkembang biak di dalam organ hati kita.

Menurut Centers for Disease Control dan Prevention (CDC), gejala yang ditimbulkan penyakit Malaria ini, dapat digolongkan ke dalam dua kategori. Yakni Malaria berat dan Malaria ringan. Namun, tetap saja penyakit Malaria ini dapat menyebabkan, timbulnya komplikasi kesehatan yang cukup serius.

Diagnosa sejak awal, merupakan sebuah faktor yang sangat penting, untuk menghasilkan Prognosis yang baik. Dan mengenali gejala-gejala yang ditimbulkan oleh penyakit Malaria, merupakan hal yang sangat penting karena dapat membantu kita, dalam mendiagnosa penyakit tersebut sejak awal. Sehingga kita dapat mengambil tindakan pencegahan, agar penyakit Malaria ini tidak berkembang.

Namun, kita juga perlu untuk mengatahui beberapa cara penularan penyakit Malaria, sehingga proses pencegahaan timbulnya penyakit ini juga dapat kita lakukan. Nah berdasarkan hal tersebut, pada kesempatan kali ini kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai beberapa penyebab serta gejala dari penyakit Malaria.

Tanpa membuang waktu lebih lama lagi, karena sepertinya kamu juga sudah tidak sabar untuk mengetahui, mengenai apa sajakah yang dapat menjadi penyebab Malaria, serta seperti apa gejala yang ditimbulkannya tersebut?. Berikut ini ulasannya :


Baca Juga : Enam Jenis Penyakit Berikut Diketahui Dapat Menyerang Darah

Untuk ulasan awalnya kita terlebih dahulu akan membahas, tentang apa sajakah yang dapat menjadi penyebab, timbulnya penyakit berbahasa satu ini :

- Gigitan Nyamuk Di Malam Hari

Malaria merupakan penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk Anopheles betina. Dan nyamuk betina ini, biasanya aktif pada waktu pagi hari, dan juga pada waktu malam hari.

- Berlibur Ke Daerah Yang Rawan Penyakit Malaria

Berpergian ke wilayah yang rawan penyakit Malaria, merupakan salah satu penyebab utama, seseorang menderita penyakit berbahaya ini. Bahkan ada juga beberapa negara, yang memberlakukan test negatif Malaria, kepada turis yang berlibur di sana.

- Transfusi Darah

Transfusi darah dapat juga menjadi penyebab lainnya, meskipun kasusnya terbilang jarang. Transfusi darah ini memungkinkan parasit Malaria, untuk langhsung masuk ke dalam tubuh, sang penerima donor darah. Namun, kemungkinan untuk tertular penyakit Malaria dengan cara ini sangat kecil, karena biasanya darah melalui proses pengujian terlebih dahulu.

- Transplantasi Organ

Transplantasi organ juga dapat menjadi penyebab Malaria. Dalam kasus satu ini, penyakit Malaria akan langsung di derita, oleh orang yang menerima organ tersebut. Namun kita tidak perlu lagi khawatir, karena saat ini telah tersedia serangkaian uji coba yang dilakukan di rumah sakit, sebelum organ ditransplantasikan.

- Penggunaan Jarum Suntik Bersama

Hal ini dapat terjadi di rumah sakit ataupun laboratorium, ketika jarum yang digunakan untuk menyuntik seseorang, sebelumnya telah digunakan untuk menyuntik orang lain. Parasit yang terdapat dalam darah dan menempel di jarum dapat menyebabkan penyakit. Jadi, ini juga dapat menjadi penyebab penyakit Malaria, pada para pecandu narkoba.

Nah setelah kita mengetahui tentang penyebab-penyebab, yang dapat menyebabkan timbulmya penyakit Malaria, kini sudah saatnya kita membahas tentang seperti apa gejala-gejala, yang dapat ditimbulkan oleh penyakit satu ini :

- Menggigil

Menggigil merupakan salah satu gejala utama dari penyakit Malaria. Namun karena menggigil merupakan gejala, yang umum terjadi pada orang-orang yang menderita penyakit tertentu, jadi akan cukup sulit untuk menyatakannya sebagai gejala Malaria.

- Kebingungan

Dalam tahap awal dari penyakit Malaria, gejala satu ini tidak akan muncul, dalam dua minggu pertama. Gejala kebingungan ini, akan muncul setelah penyakit Malaria, berada pada tahan selanjutnya.

- Penyakit Kuning

Karena penyakit Malaria dapat berdampak pada rusaknya sel-sel darah, hal tersebut dapat meningkatkan Bilirubin dalam darah. Sehingga dapat menyebabkan penyakit kuning, dimana kulit sang penderita pun akan menjadi kuning.

- Timbulnya Tanda-Tanda Penyakit Anemia

Kurang darah dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Ini dapat menyebabkan, timbulnya tanda-tanda penyakit Anemia, seperti halnya kulit pucat, sesak nafas, dan gejala lainnya yang juga merupakan gejala penyakit Malaria.

Baca Juga : Empat Bahan Alami Berikut Baik Untuk Dikonsumsi Penderita Malaria

Itulah ulasan mengenai penyebab serta gejala yang ditimbulkan oleh penyakit Malaria, sahabat sekalian. Pastinya dengan mengetahui tentang penyebab-penyebab, serta gejala-gejala yang dapat timbul akibat penyakit Malaria ini, akan dapat membantu dalam upaya pencegahan penyakit berbahaya ini. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.
loading...

Subscribe to receive free email updates: