Apakah Aman Menggunakan Alumunium Foil Saat Memasak Makanan?




Sahabat Saya Sekalian | Saat ini, Alumunium Foil seringkali dipergunakan oleh para wanita, sebagai alat bantu untuk memasak di dapur. Biasanya Alumunium Foil ini digunakan, untuk membungkus bahan makanan yang akan di masak, atau sebagai wadah penyimpanan makanan. Selain itu, dengan menggunakan Alumunium Foil, kamu juga tidak perlu lagi mencuci piring.

Namun, pernahkah terpikirkan dalam benakmu, tentang amankan menggunakan Alumunium Foil untuk memasak?. Jika kamu ingin tahu jawabannya, kamu harus membaca artikel ini hingga habis. Ketika Alumunium Foil dipanaskan, akan terjadi sebuah proses yang disebut Leaching. Dimana, alumunium yang terdapat pada foil, akan meleleh dan masuk ke dalam makanan.

Proses Leaching ini akan semakin meningkat, apabila bumbu-bumbu telah dimasukan ke dalam makanan, yang dibungkus menggunakan Alumunium Foil tersebut. Dan ini merupakan perkara yang tidak baik. Hal tersebut juga berlaku, ketika kamu membungkus sayuran atau buah-buahan citrus, seperti halnya Jeruk, Lemon, Tomat, dan lain sebagainya menggunakan ALumunium Foil.

Bila perkara ini terus berlanjut, dapat mengakibatkan komplikasi kesehatan seperti halnya penyakit Alzheimer, dan penyakit Neurologis lainnya. Jadi, apabila kamu tidak ingin makananmu terkontaminasi dengan alumunium, maka kamu tidak boleh menggunakan Alumunium Foil tatkala memasak makanan.

Namun jika kamu masih merasa bingung, tentang apakah penggunaan Alumunium Foil saat memasak, aman ataukah tidak. Disini kita akan memberika sedikit penjelasannya. Dan berdasarkan hal tersebut, pada kesempatan kali ini kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai beberapa masalah kesehatan akibat penggunakan Alumunium Foil saat memasak.

Tanpa membuang waktu lebih lama lagi, karena sepertinya kamu juga sudah tidak sabar untuk mengetahui, mengenai apa sajakah masalah kesehatan yang dapat ditimbulkan, oleh penggunaan Alumunium Foil saat memasak tersebut?. Berikut ini ulasannya :

Apakah Aman Menggunakan Alumunium Foil Saat Memasak Makanan?

Baca Juga : Jangan Pernah Gunakan Hand Dryer Lagi!!, Ini Dia Alasan Yang Mendasarinya

- Dapat Mempengaruhi Sel-Sel Otak

Kontaminasi alumunium yang larut ke dalam makanan secara rutin, dapat mempengaruhi sel-sel otak kita, dan dapat menyebabkan komplikasi Neurologi. Dan itu merupakan perkara yang sulit, untuk dapat menyembuhkan kerusakan sel-sel otak yang di akitabkannya tersebut, sehingga berpotensi membuat kerusak secara permanen.

- Penyakit Alzheimer

Salah satu masalah kesehatan yang dapat timbul, akibat kebiasaan memasak makanan yang dibungkus Alumunium Foil, ialah timbulnya penyakit Alzheimer. Hal tersebut dikarenakan kontaminasi dari alumunium yang terlarut dalam makanan. Dan Alumunium diketahui banyak ditemukan pada pasien-pasien yang meninggal akibat Alzheimer.

Menurunnya Daya Ingat

Jika kamu merasa bahwa daya ingatmu sedikit menurun, maka kamu perlu memperhatikan juga cara memasakmu. Jika kamu menggunakan Alumunium Foil setiap hari dalam memasak, maka sebaiknya kamu menghentikan sesegera mungki perkara tersebut. Ekskresi alumunium dalam tubuh kita, akan menjadi lebih sulit dilakukan tatkala gijal telah terpengaruh, sehingga kondisinya lebih buruk lagi.

- Masalah Pada Ginjal

Tubuh tidak memiliki kemampuan untuk mencerna alumunium, jadi semua alumunium akan terakumulasi, di dalam tubuh kita. Hal tersebut dapat menyebabkan kita mengalami gagal ginjal. Kerusakan sel-sel ginjal yang tidak dapat disembuhkan, dapat menyebabkan kondisi kesehatan yang lebih serius lagi.

- Masalah Pada Organ Hati

Ketika alumunium yang terakumulasi dalam tubuh terus meningkat, hal tersebut juga dapat berpengaruh pada organ hati. Hati sendiri merupakan organ utama yang berguna dalam proses Detoksifikasi tubuh kita.

- Timbulnya Gangguan Saraf

Alumunium yang terakumulasi dalam tubuh, dapat secara langsung mempengaruhi sistem saraf kita. Hal tersebut dapat menyebabkan komplikasi kesehatan, yang meliputi kegelisahan, kecemasan, dan juga stres. 

- Memicu Gejala Penyakit Asma

Apakah kamu seorang penderita Asma, atau di rumahmu terdapat seseorang, yang mengidap penyakit Asma?. Jika iya, maka kamu harus benar-benar menghindari penggunaan Alumunium Foil, karena itu merupakan salah satu perkara yang dapat memicu gejala penyakit Asma. Karena salah satu metode penyembuhan untuk Asma, ialah dengan menghindari berbagai perkara yang dapat memicunya, jadi kamu juga harus menghindari penggunaan Alumunium Foil.

- Sakit Di Perut

Pada umumnya, sakit di perut merupakan tanda utama, adanya alumunium yang terakumulasi dalm perut. Namun, seringkali kita mengabaikan gejala tersebut, karena menganggap bahwa sakit di perut yang kita rasakan, timbul akibat penyakit asam lambung atau masalah pencernaan. Dan kontaminasi alumunium secara rutin, dapat membuat kondisi tersebut semakin memburuk.

- Kanker Usus Besar

Kontaminasi alumunium pada usus secara rutin, dapat menyebabkan komplikasi yang sangat serius, seperti halnya Kanker Usus Besar. Dan hal ini, meruapakan salah satu efek samping paling berbahaya, dari penggunaan Alumunium Foil untuk masakan.

Baca Juga : Berikut Tujuh Bahan Kimia Berbahaya Yang Ditemukan Dalam Rokok

Itulah ulasan mengenai sembilan masalah kesehatan yang dapat timbul akibat penggunaan Alumunium Foil pada masakan, sahabat sekalian. Alumunium Foil sebenarnya dapat digunakan untuk membungkus makanan dingin, namun tidak dibenarkan untuk membungkus masakan saat dihangatkan, atau membungkus makanan asam dan pedas. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.

Subscribe to receive free email updates: