Sembilan Dampak Stres Terhadap Kesehatan Yang Cukup Mengejutkan




Sahabat Saya Sekalian | Stres dapat mempengaruhi kesehatan kita dalam berbagai cara. Stres dapat muncul akibar beberapa cara, bisa karena peristiwa besar yang pernah terjadi dalam hidupnya, semisal perceraian ataupun hal-hal yang berkaitan dengan pekerjaan. Stres juga dapat terjadi, akibat frustrasi jangka pendek, seperti halnya kemacetan lalu lintas.

Ada beberapa cara Stres mempengaruhi kesehatan tubuh kita. Seperti halnya sakit kepala berkepanjangan, sering mengalami Insomnia, ataupun penurunan produktivitas di tempat kerja, semuanya dapat terjadi akibat Stres. Jadi, sebelum semuanya terlambat sebaiknya kamu segera menyadari, masalah kesehatan apa sajakah yang dapat timbul akibat Stres.

Gejala Stres dapat mempengaruhi tubuh, pikiran, perasaan, serta perilaku. Jika kamu mampu mengenali gejala-gejala umum dari Stres, kamu dapat mengontrol masalah tersebut dengan sangat baik. Ketika Stres dibiarkan begitu saja, dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan, seperti halnya tekanan darah tinggi, penyakit jantung, Diabetes, dan juga Obesitas.

Beberapa efek umum Stres yang mempengaruhi tubuh, seperti halnya sakit kepala, nyeri dada, otot tegang, kelelahan, dan juga masalah pada perut. Kemudian timbul sebuah pertanyaan, selain hal-hal yang telah kita bahas di atas, efek apa lagi yang dapat tubuh kita rasakan akibat Stres?.

Nah berdasarkan hal tersebut, pada kesempatan kali ini kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai beberapa dampak negatif Stres untuk kesehatan. Tanpa membuang waktu lebih lama lagi, karena sepertinya kamu juga sudah tidak sabar untuk mengetahui, mengenai masalah kesehatan apa sajakah yang dapat muncul akibat Stres tersebut?. Berikut ini ulasannya :

Sembilan Dampak Stres Terhadap Kesehatan Yang Cukup Mengejutkan

Baca Juga : Enam Tips Guna Mencegah Timbulnya Stres Kronis Pada Diri Seseorang

- Dapat Berdampak Pada Kesehatan Jantung

Orang sering mengalami Stres ditempat kerja, cenderung mengalami masalah kesehatan yang berkaitan dengan Jantung, seperti halnya serangan Jantung. Daripada mereka yang jarang mengalami Stres di tempat kerja. 

- Dapat Menyebabkan Insomnia

Insomnia dapat menyebabkan Hyperarousal, sebuah keadaan dimana seseorang, tidak dapat merasakan ngantuk. Paparan Stres kronis dalam jangka panjang, dapat menyebabkanmu kesulitan untuk tidur, serta menyebabkan gangguan tidur.

- Dapat Menyebabkan Sakit Kepala

Bahan-bahan kimiawi seperti Adrenalin dan juga Kortisol, dapat menyebabkan perubahan Vaskular yang bisa berdampak, pada timbulnya sakit kepala dan juga Migrain. Stres juga dapat membuat otot-otot tubuh menegang, yang dapat berunjung pada semakin memburuknya, penyakit Migrain yang kamu derita.

- Dapat Berdampak Pada Daya Ingat

Terlalu sering Hormon Stres Kortisol, dapat mengganggu kemampuan otak, untuk menyimpan kenangan baru dengan baik. Hal tersebut dapat menyebabkan otak kita sulit untuk berpikir jernih.

- Dapat Mempengaruhi Kehamilan

Stres berat dapat meningkatkan prematur. Tingkat Stres yang tinggi juga dapat mempengaruhi perkembangan otak janin. Disarankan untuk melakukan Prenatal Yoga dan teknik Pengurangan Stres selama masa kehamilan.

- Dapat Berdampak Pada Gula Darah

Stres dapat meningkatkan ladar gula dalam darah. Jika kamu memiliki Diabetes tipe 2, maka kamu akan menemukan bahwa kadar gula dalam darahmu lebih tinggi lagi, tatkala kamu sedang mengalami Stres.

- Dapat Berdampak Pada Pencernaan

Stres dapat memperburuk masalah Heartburn, Kram Perut, dan Diare. Lebih lanjut lagi, Stres juga dapat menyebabkan, Irritable Bowl Syndrome (IBS).

- Dapat Berdampak Pada Jaringan Otak

Stres kronis, dapat mengurangi jaringan pada otak, yang mengatur emosi dan kontrol diri. Perkara tersebut dapat membuat kita, sulit untuk berurusan dengan, Stres yang lebih kronis di masa yang akan datang.

- Dapat Menyebabkan Sakit Punggung

Stres sebenarnya dapat memicu sakit punggung akut, serta sakit punggung kronis. Orang-orang yang rentan tehadap kecemasan dan pikiran negatif, lebih mungkin menderita masalah sakit punggung.


Itulah ulasan mengenai sembilan masalah kesehatan yang dapat timbul akibat Stres, sahabat sekalian. Jadi, bagi kamu yang sering memiliki gaya hidup penuh tekanan atau Stres, berhati-hatilah dengan kesemua masalah kesehatan yang dapat timbul tersebut. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.

Subscribe to receive free email updates: