Inilah Delapan Manfaat Bangun Siang Yang Belum Banyak Orang Tahu




Lorongperihal.id | Orang tua kita, kakek, dan juga nenek kita, selalu menekankan agar kita tidak tidur terlalu lama, dan bangun pagi-pagi sekali. Mereka percaya bahwa cara ini, merupakan salah satu cara terbaik, untuk tetap sehat dan berenergik. Tetapi dengan perubahan waktu dan budaya kerja, hal tersebut membuat generasi sekarang mudah merasa lelah, terutama bagi para pekerja.

Dan bagi mereka yang bekerja dalam Shift, bangun pagi ini dapat menjadi pekara yang mustahil. Karena bagi mereka yang mendapat Shift kerja pada malam hari, otomatis mereka akan pulang di pagi hari, sehingga tidak mungkin mereka bisa bangun pagi-pagi.

Berdasarkan sebuah penelitaian yang diterbitkan oleh National Sleep Foundation, orang dewasa dalam kelompok usia 18 hingga 64 tahun, dalam sehari memerlukan minimal tujuh jam waktu tidur. Kurangnya tidur yang memadai, dapat menyebabkan sakit kepala, kurang konsentrasi yang dapat mempengaruhi pekerjaan mereka, serta dapat menyebabkan penyakit lain yang cukup serius.

Jadi, bangun siang hari menjadi satu-satunya cara bagi mereka, yang suka beraktivitas hingga larut malam, untuk memenuhi kebutuhan istirahat bagi badan mereka. Selain itu, ternyata bangun siang hari juga merupakan perkara, yang memiliki manfaat bagi kita. Dan bila kamu penasaran tentang hal itu, maka kamu harus membaca artikel ini hingga selesai.

Hal tersebut dikarenakan, pada kesempatan kali ini kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai beberapa manfaat yang dapat kita rasakan dari bangun siang. Tanpa membuang waktu lebih lama lagi, karena sepertinya kamu juga sudah tidak sabar untuk mengetahui, mengenai manfaat apa sajakah yang dimaksud?. Berikut ini ulasannya :

Inilah Delapan Manfaat Bangun Siang Yang Belum Banyak Orang Tahu

Baca Juga : Pastikan Kamu Menghindari Sembilan Perkara Berikut Saat Waktu Tidur Tiba

- Mencegah Kelelahan

Setiap hari kita selalu menghadapi leleahnya bekerja di kantor, sehingga waktu minimal delapan jam tidur sangatlah diperlukan oleh tubuh kita, untuk menjaga tubuh dan pikiran tetap sehat. Namun, banyak orang yang kurang beruntung, karena harus bekerja mulai jam 9 pagi hingga jam 6 sore, atau harus bekerja dalam Shift.

- Makan Malam Dan Waktu Tidur

Waktu ideal untuk makan malam ialah jam 7 petang, dan waktu tidur biasanya jam 9 atau jam 10 malam. Tapi bagi mereka yang suka makan lebih malam, mereka juga harus mereset waktu tidurnya, karena harus menunggu 90% makanannya dicerna sebelum mereka tidur. Hal tersebut operlu dilakukan, untuk mencegah timbulnya masalah pencernaan, atau timbunan lemak di tubuh.

- Berguna Untuk Mengistirahatkan Mata

Banyak orang yang bekerja dalam waktu yang lama di depan komputer, hal tersebut dapat menyebabkan mata dan otak mereka terlalu tegang, dan obat terbaik bagi mereka ialah tidur selama tujuh hingga delapan jam sehari.

- Berguna Bagi Para Pelajar Yang Suka Belajar Hingga Larut Malam

Biasanya banyak kalangan pelajar, yang lebih suka belajar di malam hari hingga larut, terutama saat waktu ujian tiba. Meskipun harus bergadang, mereka akan memastikan segala sesuatunya telah dipelajari dengan baik, sehingga bangun terlambat menjadi hal yang perlu mereka lakukan. Sebaliknya, ada banyak pelajar yang selalu bangun pagi justru merasa tegang, karena tidak mampu mempelajari semuanya dengan baik, dan harus mengulang semuanya kembali di pagi hari.

- Mencegah Orang-Orang Untuk Tidur Di Sore Hari

Bangun siang merupakan hal yang lebih baik ketimbang harus tidur di sore hari, karena hal tersebut dapat menyebabkan kamu merasa malas dan pusing. Rencanakanlah waktu tidurmu dengan baik, jangan sampai hanya karena ingin bangun pagi, kamu sampai mengorbankan kesehatanmu.

- Memiliki Nilai Guna Bagi Anak-Anak

Anak-anak yang belum menginjak 10 tahun, memerlukan waktu tidur setidaknya 10 jam dalam sehari. Jadi, biarkan mereka tidur sedikitnya 10 jam dalam sehari, dan kamu akan melihat betapa kreatifnya mereka hari demi hari.

- Membantu Meningkatkan Konsentrasi

Bagi orang-orang yang tidur larut malam, disarankan untuk bangun siang, dan memenuhi kebutuhan tidur harianmu. Hal tersebut berguna dalam relaksasi pikiran, sehingga dapat meningkatkan konsentrasimu.

- Membantu Mencegah Penyakit

Jika kamu tidur larut malam, maka bangun siang merupakan perkara, yang baiknya kamu lakukan. Tidur selama tujuh hingga delapan jam, merupakan hal yang perlu kamu lakukan guna mencegah Stres, sakit kepala, meningkatkan sistem kekebalan tubuhm, serta mencegah Depresi.

Baca Juga : Inilah Sepuluh Manfaat Tak Terduga Biasakan Diri Bangun Pagi Setiap Hari

Itulah ulasan mengenai delapan manfaat bangun siang hari yang perlu kamu ketahui, sahabat sekalian. Namun, disarankan bila kamu memang bisa tidur di awal waktu lebih baik kamu melakukannya, sehingga kamu dapat bangun di pagi hari tanpa khawatir waktu istirahat dalam sehari tidak tercukupi. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.
loading...

Subscribe to receive free email updates: