Makan Satu Buah Pisang Setiap Hari, Dan Rasakan Lima Belas Manfaat Kesehatannya




Lorongperihal.id | Pernahkah kamu mengharapkan tentang sebuah alat ajaib yang berguna untuk menurunkan berat badan?. Hal tersebut ternyata bukanlah sebuah harapan belaka, karena di dunia ini memang benar ada sebuah alat ajaib, yang berguna untuk membantu kamu dalam menurunkan berat badanmu.

Selain itu, alat ajabi ini juga memiliki fungsi lain yang ni sebagai pejuang, yang mampu menjaga tubuh kita dari serangan beragam penyakit, seperti halnya mengatasi kembung, mencegah penyakit Kanker, serta menambah energi. Dan pejuang yang kita bahas tersebut, tidak lain dan tidak bukan ialah buah Pisang.

Buah Pisang mengandung Serat dan Antioksidan yang seimbang. Selain itu, buah Pisang ini juga kaya akan kandungan Kalium, Vitamin B6, Vitamin C, Magnesium, Copper, Mangan, Protein, dan juga Lemak. Jumlah Protein dan Lemak dalam buah Pisang tidak terlalu tinggi. Komposisi buah satu ini terdiri dari Air, Karbohidrat, dan Kalori (namun dalam jumlah yang tidak terlalu tinggi).

Buah Pisang kaya akan kandungan serat yang disebut Pektin. Buah Pisang mentah mengandung Pati Resisten yang bertindak layaknya serat larut air, sehingga dapat berguna untuk meningkatkan proses pencernaan. Pada seseorang yang sehat, buah Pisang ini tidak akan menyebabkan, terjadinya lonjakan gula darah. Namun, bagi seorang penderita Dabetes hal tersebut mungkin tidaklah berlaku, karena mereka tidak diperbolehkan mengonsumsi buah Pisang matang terlalu banyak.

Kemudian timbul sebuah pertanyaan, dengan banyaknya kandungan Vitamin dan Mineral dalam buah Pisang, adakah manfaat kesehatan yang dapat kita rasakan dengan mengonsumsinya setiap hari?. Nah berdasarkan hal tersebut, pada kesempatan kali ini kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai beberapa manfaat konsumsi satu buah pisang setiap hari.

Tanpa membuang waktu lebih lama lagi, karena sepertinya kamu juga sudah tidak sabar untuk mengetahui, mengenai manfaat-manfaat kesehatan apa sajakah, yang ditawarkan buah Pisang apabila kita mengonsumsinya secara rutin?. Berikut ini ulasannya :

Makan Satu Buah Pisang Setiap Hari, Dan Rasakan Lima Belas Manfaat Kesehatannya

Baca Juga : Bukan Hanya Buahnya, Kulit Buah Pisang Juga Miliki Banyak Manfaat Kesehatan

- Membantu Dalam Proses Pembangunan Otot

Buah Pisang merupakan sumber Magnesium yang baik, sehingga berguna dalam proses kontraksi dan relaksasi otot-otot tubuh kita, serta membantu dalam proses Sintesis Protein. Dengan begitu dapat membantu meningkatkan massa otot.

- Membantu Dalam Proses Pemulihan Otot

Kalium dapat berguna untuk membantu, agar otot kita lebih cepat pulih dari masa keausan pada saat berolahraga, serta memperkuat perkembangan mereka. Hal tersebut juga memungkinkan dirimu, untuk melakukan olahraga lebih lama, dengan menyediakan lebih banyak stamina.

- Membantu Membuat Suasana Hati Menjadi Lebih Baik

Buah Pisang mengandung Folat, yakni sebuah nutriri yang berguna untuk mengatasi Depresi, dengan cara meningkatkan sifat Antidepresan. Dimana nutrisi ini membantu meningkatkan produksi Serotonin, yang merupakan bahan kimia dalam otak guna mengeluarkan perasaan yang lebih baik.

- Mengurangi Tingkat Stres Dan Kecemasan

Buah Pisang juga mengandung Triptofan, yang merupakan prekursor dari Serotonin, yang berguna untuk mengatasi masalah kecemasan dan Insomnia. Buah Pisang juga mengandung Norepinefrin, yang berguna untuk mengatur tingkat stres dalam tubuh. Ini dapat membantu meningkatkan suasana hati yang positif, sehingga berguna untuk mencegah Depresi.

- Membantu Tidur Lebih Berkualitas

Hal ini dapat terjadi karena kandungan Triptofannya. Ini juga merupakan prekursor dari Melatonin, serta senyawa yang meningkatkan relaksasi dalam tubuh, serta membantu siklus tidur yang lebih baik dan berkualitas.

- Mencegah Penyakit Kembung

Buah Pisang dapat membantu dalam memerangi retensi gas dan air. Hal tersebut dikarenakan, buah ini mampu meningkatkan kemampuan tubuhm dalam memerangi bakteri penyebab kembung di perut. Buah Pisang juga kaya akan kandungan Kalium, yang berguna untuk mengurangi retensi cairan dalam tubuh.

- Membantu Proses Pembakaran Lemak Dalam Tubuh

Buah Pisang mengandung 12 mg Kolin, yang merupakan Vitamin pembakar Lemak. Kolin ini, akan bertindak secara langsung terhadap gen, yang menyebabkan pengendapan Lemak di perut. Makanan lain yang tinggi Kolin, juga dikenal sebagai agen pembakaran lemak.

- Menstabilkan Kadar Gula Dalam Darah

Buah Pisang mengandung Serat, yang berguna untuk menstabilkan kadar gula di dalam darah. Program diet yang berdasarkan pada makanan rendah GI, diketahui sebagai program diet yang baik untuk penderita Diabetes.

- Membuat Kenyang Lebih Lama

Mengonsumsi buah Pisang, diketahui sebagai salah satu cara untuk menurunkan, rasa ingin mengonsumsi makanan. Dengan mengonsumsi Pisang setiap hari, kami tidak akan lagi ngemil secara berlebihan.

- Menekan Nafsu Makan

Buah Pisang kaya akan Pati Resisten, sehingga menjadikannya sebagai makanan yang sehat, bagi bakteri-bakteri dalam usus yang berguna untuk menekan nafsu makan. Hal tersebut menyebabkan oksidasi Lemak dalam perut menjadi lebih efisien. Sekali lagi, buah ini akan membuat kamu merasa kenyang lebih lama.

- Mengurangi Kadar Kolesterol Jahat

Mengonsumsi buah Pisang setelah kamu makan makanan cepat saji, diketahui dapat berguna untuk mengurangi kadar Kolesterol jahat yang ada dalam tubuh, karena buah ini mengandung senyawa Pitiosterol.

- Mempermudah Proses Pencernaan Makanan

Buah Pisang dapat membantu melancarkan proses pencernaan dalam tubuh kita. Buah ini kaya akan Prebiotik dan juga Karbohidrat Nondisgetible, yang juga bertindak sebagai makanan yang sehat untuk bakteri dalam usus, sehingga dapat berguna dalam melancarkan pencernaan.

- Menstabilkan Pergerakan Usus

Kandungan Serat yang tinggi dalam buah Pisang, dapat membantu menstabilkan mobilitas usus. Buah ini menagndung tiga gram serat larut, yang membantu untuk mendorong keluar kotoran dalam tubuh, sehingga buah Pisang cocok bagi kamu yang kesulitan BAB.

- Memperkuat Tulang

Mekipun kandungan Kalsium dalam buah Pisang tidak terlalu tinggi, namun buah ini dapat membantu meningkatkan proses penyerapan Kalsium, lewat bantuan fructooligosaccharides.

- Meningkatkan Energi Dalam Tubuh

Buah Pisang kaya akan kandungan Glukosa, serta merupakan sumber gula yang paling mudah dicerna, sehingga dapat menyalurkan energi secara optimal bagi tubuh kita. Mengonsumsi buah Pisang setelah berolahraga, dapat berguna untuk mengisi kembali energi yang hilang, selama kamu melakukan olahraga tersebut.

Baca Juga : Makan Satu Buah Pisang Setiap Hari, Dan Rasakan Lima Belas Manfaat Kesehatannya 

Itulah ulasan mengenai lima belas manfaat kesehatan, konsumsi setidaknya satu buah Pisang setiap hari, sahabat sekalian, Jadi, bagi kamu yang ingin memperoleh manfaat-manfaat kesehatan yang telah kita bahas di atas, rajin-rajinlah kamu mengonsumsi buah Pisang minimal satu kali dalam sehari. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.
loading...

Subscribe to receive free email updates: