Sepuluh Manfaat Luar Biasa Tidur Delapan Jam Setiap Hari Untuk Orang Dewasa




Lorongperihal.id | Tahukah kamu, bahwa hampir 40% orang dewasa di luar sana tidak memperoleh tidur yang cukup, sesuai dengan rekomendasi kesehatan, yakni tujuh hingga delapan jam dalam sehari?. Padahal tidur merupakan salah satu bentuk obat paling sederhana namun sangat efektif, sehingga kamu perlu untuk memperbaiki pola tidurmu setelah ini.

Tidur merupakan perkara yang sangat penting untuk kesehatan tubuh kita. Ketika seseorang tidur kurang dari enam hingga tujuh jam dalam sehari, hal tersebut dapat menyebabkan mereka lebih rentan terkena penyakit tertentu. Tidur yang cukup setiap harinya, merupakan bagian yang sangat penting dari gaya hidup sehat, yang dapat berguna bagi kesehatan jantung, pikiran, dan lain-lain.

Kurangnya tidur dapat menimbulkan perubahan yang signifikan pada kesehatan tubuhmu. Selain itu, kurangnya tidur dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan tertentu, seperti halnya Obesitas, atau bahkan dapat menyebabkan kematian.

Kemudian timbul sebuah pertanyaan, bila kurang tidur memiliki banyak sekali risiko kesehatan yang buruk, lalu apakah ada manfaat dari tidur malam yang cukup, yakni delapan jam setiap malamnya?. Nah berdasarkan hal tersebut pada kesempatan kali ini kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai beberapa manfaat tidur delapan jam setiap hari.

Tanpa membuang waktu lebih lama lagi, karena sepertinya kamu juga sudah tidak sabar untuk mengetahui, mengenai manfaat apa sajakah yang dapat tubuh kita rasakan, dengan membiasakan diri tidur delapan jam setiap hari tersebut?. Berikut ini ulasannya :

Sepuluh Manfaat Luar Biasa Tidur Delapan Jam Setiap Hari Untuk Orang Dewasa

Baca Juga : Inilah Delapan Manfaat Bangun Siang Yang Belum Banyak Orang Tahu

- Mempermudah Pembangunan Otot-Otot Tubuh

Tidur merupakan waktu dimana tubuh menyembuhkan dirinya, akibat dari aktifitas-aktifitas yang dapat membuat sel-sel dan jaringan rusak, tatkala kita terbangun di siang hari. Selama waktu tidur, tubuh juga melepaskan hormon pertumbuhan, yang berguna untuk melancarkan pembangunan otot-otot tubuh.

- Membantu Menjaga Berat Badanmu Tetap Ideal

Orang yang kurang tidur kemungkinan besar akan menjadi gemuk. Berdasarkan pada sebuah studi, orang-orang yang tidur kurang dari tujuh jam dala sehari, 7,5 kali lebih berisiko mengalami kegemukan. Ini terjadi sebagai akibat dari perubahan hormon karena kurangnya tidur.

- Mengurangi Risiko Diabetes

Sebuah studi mencatat, bahwa mereka yang tidur kurang dari enam jam, 1,5 kali lebih berisiko menderita Diabetes. Sedangkan mereka yang tidur kurang dari lima jam dalam sehari, 2,5 kali lebih berisiko menderita Diabetes. Diabetes Tipe 2 juga dapat menyebabkan masalah kesehatan lainnya, seperti halnya Stroke, kebutaan, dan kerusakan organ.

- Mencegah Penyakit Migrain Dan Jenis Sakit Kepala Lainnya

Orang-orang yang tidur kurang dari tujuh hingga delapan jam dalam sehari, memiliki kemungkinan yang lebih tinggi mengalami Migrain. Kurangnya tidur ini juga dikaitkan dengan peyakit Migrain Berkelanjutan, serta jenis sakit kepala lainnya.

- Indera Penglihatan Akan Bekerja Lebih Baik

Mata kita akan terasa begitu lelah bila kita tidak tidur, sehingga tidur yang cukup setiap malam, merupakan perkara yang sangat penting. Kurangnya tidur dapat menyebabkan masalah dalam penglihatan.

- Menurunkan Kemungkinan Terserang Penyakit Demam Dan Flu

Sebuah studi telah mengemukakan, bahwa mereka yang tidur kurang dari tujuh jam dalam semalam, memiliki risiko tiga kali lebih besar menderita Demam dan Flu. Jadi, mengurangi risiko terkena Demam dan Flu, merupakan salah satu manfaat tidur cukup, selama tujuh hingga delapan jam dalam semalam.

- Menurunkan Kemungkinan Terserang Berbagai Jenis Penyakit Kanker

Mereka yang bekerja hingga larut malam, atau mereka yang memiliki kebiasaan tidur yang kurang di malam hari, lebih beresiko menderita penyakit-penyakit berbahaya. Bahkan mereka yang bekerja pada shift malam, memiliki risiko lebih tinggi menderita penyakit, seperti Kanker Usus Besar dan juga Kanker Payudara.

- Menurunkan Risiko Menderita Berbagai Jenis Masalah Jantung

Tidur selama lima jam atau bahkan kurang dalam semalam, dikaitkan dengan 45% peningkatan risiko terkena serangan jantung. Tetap terjaga dapat meningkatkan tekanan darah, oleh sebab itulah tidur delapan jam setiap malam, sangatlah direkomendasikan terutama bagi orang dewasa.

- Lebih Produktif Di Tempat Kerja

Kurang tidur dapat menyebabkan kelelahan, serta kurangnya konsentrasi dalam bekerja. Ini dapat berpengaruh besar, baik pada pekerjaanmu serta pada kehidupan pribadimu. Jadi, tidur malam yang berkualitas dan cukup yakni tujuh hingga delapan jam semalam, sangatlah diperlukan untuk menjaga dirimu tetap produktif di tempat kerja. 

- Terhindar Dari Masalah Disfungsi Ereksi

Kurang tidur dapat mempengaruhi Libidomu, serta meningkatkan risiko Disfungsi Ereksi. Tidur dianggap sebagai sarana Restoratif, serta mampu meningkatkan kadar Testosteron, sehingga mampu meningkatkan gairah.

Baca Juga : Inilah Sepuluh Manfaat Tak Terduga Biasakan Diri Bangun Pagi Setiap Hari

Itula ulasan mengenai sepuluh manfaat tidur delapan jam setiap hari, terlebih lagi bagi orang-orang dewasa, sahabat sekalian. Jadi, bagi kamu yang ingin memperoleh manfaat-manfaat luar biasa tersebut, maka kamu perlu atau bahkan wajib untuk mengistirahatkan badanmu selama delapan jam setiap malam. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.
loading...

Subscribe to receive free email updates: