Inilah Enam Jenis Sayuran Merah Yang Miliki Manfaat Menakjubkan Bagi Kesehatan




Sahabat Saya Sekalian | Setiap kali kita mencari daftar makanan sehat, yang baik untuk kita konsumsi setiap hari, sayuran hijau pastilah masuk dalam daftar tersebut, bukan begitu?. Yah, ketika kita berbicara tentang sayuran, pastilah sayuran hijau yang kita pikirkan. Karena jarang sekali kita melihat ada sayuran yang berwarna kuning, terlebih lagi sayuran yang berwarna merah.

Sayuran merupakan semua jenis tanaman atau bagian tanaman, yang bisa diolah menjadi makanan. Beberapa jenis sayuran bisa dimakan mentah-mentah, namun ada juga sayuran yang hanya bisa dimakan, setelah dimasak terlebih dahulu. Makanan-makanan ini mengandung banyak nutrisi penting, untuk kesehatan tubuh kita, seperti halnya Karbohidrat, Garam, Mineral, Vitamin, Lemak, Protein, dan lain sebagainya.

Para ahli setuju bahwa semua jenis sayuran, sangatlah penting dalam upaya, untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Dan sayuran-sayuran berwarna merah, ternyata memiliki beberapa sifat yang menakjubkan, yang tidak banyak dibicarakan.

Kemudian timbul sebuah pertanyaan, memangnya manfaat apa sajakah yang dapat kita peroleh, dari mengonsumsi sayuran-sayuran berwarna merah?. Nah berdasarkan hal tersebut, pada kesempatan kali ini kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai beberapa manfaat kesehatan sayuran berwarna merah.

Tanpa membuang waktu lebih lama lagi, karena sepertinya kamu juga sudah tidak sabar untuk mengetahui, mengenai manfaat apa sajakah yang dapat kita rasakan, dengan mengonsumsi sayuran berwarna merah secara rutin?. Berikut ini ulasannya :

Baca Juga : Sebelas Jenis Buah Berikut Berguna Tuk Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Apa Yang Dapat Dilakukan Sayuran Merah Untuk Tubuh Kita?

Warna merah pada sayuran, dihasilkan oleh senyawa Likopen yang merupakan hasil modifikasi dari Karoten, nutrisi sama yang membuat Wortel berwarna orange. Hal tersebut memiliki kegunaan yang luar biasa, dalam melawan penyakit-penyakit Kanker Organ Reproduksi, terlebih lagi dalam melawan Kanker Leher Rahim dan Kanker Ovarium.

Dan bagian terbaik paling mengejutkan, dari jenis sayuran-sayuran berwarna merah ini, bahwa mereka memiliki kandungan Kalori yang sangat rendah. Sayuran-sayuran berwarna merah, rata-rata megandung 10 hingga 50 Kalori di dalamnya.

- Bit

Inilah Enam Jenis Sayuran Merah Yang Miliki Manfaat Menakjubkan Bagi Kesehatan

Bit merupakan salah satu sayuran merah terbaik. Kaya akan kandungan Antioksidan, Serat, Zat Besi, Vitamin C, dan Folat. Bit juga dapat membantu dalam meningkatkan jumlah darah dalam tubuh, dengan demikian dapat mencegah Anemia, serta tekanan darah rendah.

Bit juga mengandung Karotin, serta kaya akan beberapa jenis Nutrisi penting seperti halnya Mangan. Dan bagian terbaiknya ialah Bit rendah Kalori. Jadi, ada baiknya kamu mengonsumsi Bit beberapa kali dalam seminggu, baik dalam bentuk jus ataupun salad.

- Kubis Merah

Inilah Enam Jenis Sayuran Merah Yang Miliki Manfaat Menakjubkan Bagi Kesehatan

Seperti halnya sayuran lainnya, Kubis Merah yang lebih terlihat seperti Ungu, juga mengandung Serat, Vitamin, dan Nutrisi-Nutrisi Penting. Selain itu, Kubis Merah juga diketahui, kaya akan kandungan Antioksidan. Untuk memperoleh Nutrisi secara maksimal, ada baiknya kamu mengonsumsi Kubis Merah, dalam bentuk mentah seperti halnya Salad.

- Tomat

Inilah Enam Jenis Sayuran Merah Yang Miliki Manfaat Menakjubkan Bagi Kesehatan

Tomat merupakan sayuran berwarna merah yang paling mudah ditemukan. Tomat kaya akan kandungan Likopen, Vitamin C, dan Potasium. Kamu dapat menambahkan Tomat ke dalam Salad, serta menaburinya dengan minyak Zaitun, karena Minyak Zaitun mengandung Nutrisi Lemak larut. Dengan begitu, Nutrisi-Nutrisi dalam Salad yang kamu santap, dapat diserap dengan maksimal.

- Lobak

Inilah Enam Jenis Sayuran Merah Yang Miliki Manfaat Menakjubkan Bagi Kesehatan

Lobak kaya akan kandungan Vitamin C, Folat, dan Mineral penting lainnya termasuk Kalium. Dikenal kaya akan kandungan Antioksidan, maka ketika kamu mencari makanan yang baik untuk kesehatan usus, maka Lobak dapat menjadi pilihan yang tepat.

- Paprika Merah

Inilah Enam Jenis Sayuran Merah Yang Miliki Manfaat Menakjubkan Bagi Kesehatan

Paprika Merah dan Paprika Kuning, telah dinyatakan sebagai salah satu makanan super, yang kaya akan kandungan Antioksidan serta berguna untuk melawan Kanker. Mereka juga kaya akan kandungan Vitamin C serta komponen RDA dari Vitamin A. Kamu juga dapat menemukan beberapa jenis Fitokimia penting, seperti halnya Betakaroten dan Beta-Cryptoxanthin, yang berguna untuk melawan Kanker (terutama Kanker Paru-Paru).

- Bawang Merah

Inilah Enam Jenis Sayuran Merah Yang Miliki Manfaat Menakjubkan Bagi Kesehatan

Bawang Merah kaya akan kandungan Serat, Organosulfur, dan Fitokimia, yang diketahui berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan mengurangi pembentukan Kolesterol jahat dalam tubuh. Menurut Academy of Nutrition and Dietetics, Bawang Merah juga kaya akan kandungan Alil Sulfida, senyawa yang berguna untuk membantu melawan penyakit kanker, dan masalah kesehatan yang berkaitan dengan Jantung.

Baca Juga : Inilah Lima Buah Dan Sayur Yang Berbahaya Saat Salah Cara Konsumsinya

Itulah ulasan mengenai enam jenis sayuran merah, dan juga manfaat yang bisa kita peroleh dari mengonsumsinya, sahabat sekalian. Nah, sekarang kita telah mengetahui bagaimana sayuran berwarna merah, memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Jadi, tidak boleh malas lagi mengonsumsinya. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.

Subscribe to receive free email updates: