Inilah Sepuluh Tanda Awal Menopause Yang Jarang Wanita Ketahui




Sahabat Saya Sekalian | Semua wanita di seluruh dunia, pastinya akan mengalami Menopause, dan ini merupakan hal yang tak terelakan lagi. Sejalan dengan Menopause yang menghampiri, terdapat beberapa gejala yang bisa dialami seorang wanita. Gajala-gejala ini dapat terjadi pada tahap awal Menopause, atau terjadi pada setelah beberapa bulan gingga empat tahun, sebelum tahap akhir terjadi.

Tiap wanita memiliki gejala Menopause yang berbeda-beda. Beberapa wanita bahkan bisa melewati fase ini, tanpa terjadinya masalah atau komplikasi apapun. Namun, beberapa lainnya dapat melewati fase ini, dengan berbagai gejala dan harus bertahan dengan itu. Gejala Menopause dapat berkaitan dengan menurunnya produksi Estrogen ataupun Progesteron.

Kemudian timbul sebuah pertanyaan, karena setiap wanita memiliki gejala Menopause yang berbeda, gejala apa lagi yang dapat timbul akibat Menopause ini?. Dan berdasarkan hal tersebut, pada kesempatan kali ini kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai beberapa gejala Menopause yang dapat dialami seorang wanita.

Tanpa membuang waktu lebih lama lagi, karena sepertinya kamu juga sudah tidak sabar untuk mengetahui, mengenai apa sajakah yang dapat menjadi gejala dari Menopause, yang pastinya pernah dialami oleh para wanita tersebut?. Berikut ini ulasannya :

Inilah Sepuluh Tanda Awal Menopause Yang Jarang Wanita Ketahui

Baca Juga : Inilah Lima Alasan Kesehatan Penyebab Kamu Selalu Merasa Haus

- Perubahan Pada Siklus Menstruasi

Ini merupakan gejala awal dari Menopause. Wanita mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur, bisa lebih singkat ataupun lebih lama, bisa juga tidak terjadi menstruasi sama sekali, seperti yang biasanya terjadi setuiap bulannya.

- Organ Kewanitaan Yang Kering

Karena penurunan kadar hormon Estrogen dan Progesteron, hal tersebut dapat mempengaruhi tingkat kelembaban, lapisan dinding oragan vital wanita yang tipis. Hal ini dapat menyebabkan organ kewanitaan menjadi kering.

- Penurunan Libido

Yang dimaksud disini ialah penurunan keingingan untuk melakukan intim bersama pasangan. Dan ini meruapakan salah satu tanda nyata, ketika seorang wanita mengamali fase Menopause.

- Buah Dada Yang Terasa Sakit

Perubahan hormonal dapat menyebabkan buah dada terasa sakit, rasa nyeri atau sakit ini dapat terjadi baik pada salah satu, ataupun kedua buah dada seorang wanita.

- Sakit Kepala

Karena rendahnya kadar hormon Estrogen, yang terjadi selama siklus menstruasi, hal tersebut dapat menyebabkan kepala terasa sakit.

- Lidah Yang Terbakar

Kadar Estrogen yang rendah dalam tubuh, dapat menyebabkan lidah terasa pahit, serta menyebabkan rasa sakit atau terbakar di sekitar Neuron.

- Denyut Jantung Tidak Teratur

Alasannya ialah ketidakseimbangan hormon akibat kekurangan Estrogen. Hal tersebut dapat merangsang sistem saraf dan juga sistem peredaran darah, sehingga menimbulkan detak jantung yang tidak teratur.

- Nyeri Sendi

Hormon Estrogen juga berguna untuk mencegah peradangan di sendi. Dan akibat dari menurunnya kadar hormon Estrogen, dapat menyebabkan peradangan dan nyeri sendi. Dan ini juga menjadi salah satu tanda awal dari Menopause.

- Osteoporosis

Hormon Estrogen juga terkait dengan proses penyerapan Kalsium oleh tulang. Jadi ketika hormon Estrogen ini menurun dalam tubuh, hal tersebut juga dapat menyebabkan menurunnya kepadatan tulang, sehingga menyebabkan Osteoporosis.

- Sering Buang Air Kecil

Selama periode Menopause, seorang wanita dapat mengalami kesulitan, untuk mengontrol rasa ingin buang air kecil. Hal tersebut dikarenakan jaringan dalam organ vital dan Uretra, mengalami penurunan tingkat elastisitas serta menipisnya lapisan, selama fase Menopause ini terjadi. Dan ini juga dapat dianggap sebagai salah satu tanda awal dari Menopause.

Baca Juga : Enam Penyakit Berikut Dapat Timbulkan Rasa Nyeri Yang Menyakitkan

Itula ulasan mengenai sepuluh tanda awal Menopause yang tidak boleh wanita abaikan, sahabat sekalian. Nah, bagi kaum wanita yang kebetulan mengalami hal-hal yang telah kita bahas di atas, kamu tidak perlu khawatir karena bisa jadi itu merupakan tanda Menopause, jadi berkonsultasilah kepada ahlinya. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.

Subscribe to receive free email updates: