Enam Cara Membuat Perubahan Positif Selama Bulan Suci Ramadhan




Sahabat Saya Sekalian | Bulan Suci Ramadhan merupakan waktu yang sangat tepat untuk memperbanyak ibadah, mengevaluasi risi, serta memohon ampunan. Bulan ini juga menjadi waktu yang sangat tepat, untuk belajar merubah kehidupan kita kearah yang lebih baik. Sebagai seorang manusia biasa, kita pastinya sering kali melakukan kekeliruan atau kesalahan, dan mengambil keputusan yang berdampak negatif pada kehidupan kita.

Setiap kali bulan suci Ramadhan dalam setahun tiba, ia juga membawa serta kesempatan baru bagi setiap Muslim, untuk dapat belajar dan juga berusaha untuk merubah hidupnya, kearah yang lebih baik. Hal tersebut dikarenakan ketika bulan suci Ramadhan tiba, umat Muslim di seluruh dunia masuk dalam fase, dimana tingkat spiritualnya berada di puncak.

Namun tidak jarang, perubahan yang kita lakukan di bulan suci Ramadhan, tidak berjalan secara kontinu di bulan-bulan setelahnya. Hal tersebut dapat terjadi akibat perspektif yang kurang tepat. Kemudian timbul sebuah pertanyaan, memangnya ada cara yang dapat kita tempuh, untuk membuat perubahan ke arah positif di bulan Ramadhan dengan baik?.

Nah berdasarkan hal tersebut, pada kesempatan kali ini kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai beberapa cara untuk berubah ke arah positif selama bulan suci Ramadhan. Tanpa membuang waktu lebih lama lagi, karena sepertinya kamu juga sudah tidak sabar untuk mengetahui, mengenai cara apa sajakah yang dimaksud disini?. Berikut ini ulasannya :

Enam Cara Membuat Perubahan Positif Selama Bulan Suci Ramadhan

Baca Juga : Pentingnya Mengeluarkan Zakat Selama Bulan Suci Ramadhan

- Gunakan Semangat Menyambut Ramadhan

Kita bisa menggunakan semangat menyambut Ramadhan, sebagai motivasi untuk melakukan sebuah perubahan positif, atau melakukan perbaikan dalam diri sendiri. Tanamkan dalam kepalamu bahwa perubahan yang baik ini, bukan hanya diperuntukan di bulan Ramadhan saja, melainkan juga diperuntukan untuk waktu-waktu setelahnya.

- Cobalah Untuk Mempelajari Lebih Lanjut Tentang Ramadhan

Cobalah untuk menggali lebih dalam tentang Ramadhan, seperti halnya menanyakan tentang sejarah, keutamaan, mengapa kita diwajibkan berpuasa, dan lain sebagainya yang berkaitan, kepada ulama, ustadz, atau pun orang yang memiliki pengetahuan lebih tentang Agama. Kemudian gunakan pengetahuan barumu, untuk membuat perubahan positif dalam hidupmu.

- Membuat Rencana Perubahan Selama Ramadhan

Buatlah sebuah rencana untuk Ramadhan. Adapun rencana yang dimaksud, harus mencakup perubahan-perubahan kecil yang memiliki dampak besar, pada kehidupan pribadi dan rohanimu. Membaca ayat-ayat Al-Quran setiap hari, dan menyedekahkan sebagian kecil harta kita setiap hari, merupakan beberapa contoh kecil yang dapat kamu coba.

- Siapkan Diri Untuk menjalani Perubahan

Persiapkanlah dirimu untuk melakukan perubahan diri dalam hidup. Kamu perlu mempersiapkan diri dan juga pikiranmu. Contoh kecilnya, seperti ketika kamu berencana untuk membiasakan makan makanan sehat mulai dari bulan Ramadhan, maka kamu perlu berhati-hati terhadap pikiran ingin makan makanan yang buruk untuk kesehatan.

- Buatlah Sebuah Motto Dalam Hidup

Ibadah haruslah menjadi tujuan utama dalam hidupmu, sisa hidupmu harus dapat kamu jalani, penuh dengan ibadah dan do'a. Jangan berpikir tentang berapa lama, waktu yang harus kamu alokasikan, untuk beribadah dalam sehari. Tapi tanamkan dalam diri, bahwa setiap waktu dan kegiatan yang kamu jalani setiap hari, bertujuan untuk beribadah dengan dibarengi do'a. Tentu saja ibadah yang wajib harus kamu prioritaskan.

- Persiapkan Perubahan Tersebut Sejak Sebelum Ramadhan

Bukanlah perkara yang praktis, untuk melakukan perubahan secara positif, sejak awal bulan Ramadhan. Kamu perlu mulai berlatih perubahan tersebut, jauh sebelum bulan suci Ramadhan tiba. Dengan begitu kamu dapat membiasakan kebiasaan baik tersebut, untuk kamu jalani selama bulan suci Ramadhan, serta bulan-bulan setelahnya.

Baca Juga : Inilah Tujuh Manfaat Berpuasa Di Bulan Ramadhan Untuk Kesehatan

Itulah ulasan tentang enam cara yang memungkinkan dirimu, untuk melakukan perubahan kearah positif selama bulan Ramadhan, sahabat sekalian. Namun, jangan sampai perubahan yang kamu lakukan tersebut, hanya kamu peruntukan bagi bulan suci Ramadhan saja, kamu juga harus menjadikannya kebiasaan bahkan setelah Ramadhan usai. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.
loading...

Subscribe to receive free email updates: