Inilah Tujuh Manfaat Berpuasa Di Bulan Ramadhan Untuk Kesehatan




Sahabat Saya Sekalian | Bulan suci Ramadhan telah tiba, dan seluruh umat Muslim di dunia begitu gembira, menyambut datangnya bulan penuh berkah ini. Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa pada bulan Ramdhan setiap umat Muslim di dunia, melaksanakan ibadah puasa di siang hari, yang dikerjakan selama satu bulan penuh.

Puasa artinya setiap umat Muslim pada bulan Ramadhan, hanya booleh makan dalam dua waktu saja. Yang pertama yaitu sebelum fajar atau lebih dikenal dengan istilah "Sahur", dan yang kedua setelah matahari terbenam atau lebih dikenal dengan istilah "Berbuka". Dalam dua waktu yang sudah ditentukan tersebut, umat Muslim di dunia dapat mengkonsumsi makanan apapun.

Mungkin benar bahwa sebagian orang, bisa saja mengalami masalah pencernaan, tatkala mereka melaksanakan ibadah Puasa. Hal tersebut dapat terjadi, karena adanya jangka waktu yang cukup panjang diantara dua waktu, yang diperbolehkan untuk mengkonsumsi makanan. Namun tetap saja pada faktanya, berpuasa sebulan penuh saat bulan Ramadhan, memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kita.

Terutama jika kamu memastikan diri mengkonsumsi banyak makanan yang sehat, dan menjaga agar tubuh terhindar dari dehidrasi dengan baik. Puasa justru akan membuat tubuhmu lebih sehat dari pada sebelumnya. Kemudian timbul sebuah pertanyaan, jika memang Puasa memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, lalu manfaat kesehatan apa sajakah yang dimaksud?.

Nah berdasarkan hal tersebut, pada kesempatan kali ini kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai beberapa manfaat kesehatan puasa sebulan penuh saat Ramadhan. Tanpa membuang waktu lebih lama lagi, karena sepertinya kamu juga sudah tidak sabar untuk mengetahui, mengenai manfaat apa sajakah yang dapat tubuh kita rasakan, bila berpuasa sebulan penuh di bulan Ramadhan. Berikut ini ulasannya :

Inilah Tujuh Manfaat Berpuasa Di Bulan Ramadhan Untuk Kesehatan

Baca Juga : Enam Tips Turunkan Berat Badan Dengan Mudah Selama Bulan Ramadhan

- Berguna Untuk Membantu Menurunkan Berat Badan

Jika kamu, menghindari makan makanan yang manis dan berminyak selama bulan Ramadhan, kamu bisa menurunkan berat badan dengan sangat mudah. Terlebih, jika dalam dua waktu yang dipertbolehkan untuk makan itu, kamu makan makanan yang sehat dan seimbang, maka berat badanmu dapat turun beberapa kilo dalam satu bulan.

- Berguna Untuk Membantu Meningkatkan Pengendalian Diri

Puasa di bulan suci Ramadhan, merupakan salah satu cara yang baik untuk meningkatkan pengendalian diri, terutama pada saat waktu makan tiba atau perut mulai terasa lapar. Kamu akan dapat mengasah kesabaran dalam diri selama sebulan penuh, terutama ketika keinginan untuk makan muncul disaat yang tidak tepat.

- Berguna Untuk Membantu Menurunkan Kadar Kolesterol

Selama bulan Ramadhan, orang-orang cenderung untuk makan di rumah, dalam dua waktu yang diperbolehkan untuk makan. Selain itu, mereka juga cenderung menghindari makanan cepat saji, junk food, dan lain sebagainya. Hal ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan kadar lemak dalam darah.

- Berguna Untuk Membantu Menurunkan Tingkat Kecanduan Rokok

Kebanyakan orang pada saat berpuasa di bulan suci Ramadhan, juga menahan diri mereka dari merokok, minum-minuman keras, dan lain sebagainya. Kebiasaan tersebut, dapat membantu mereka menurunkan tingkat kecanduan, atau bahkan benar-benar menghilangkan kecanduan yang mereka alamai.

- Berguna Untuk Membantu Proses Detoksifikasi Tubuh

Berpuasa merupakan salah satu cara yang paling ampuh, untuk membantu proses detoksifikasi tubuh. Sebab pada saat kamu berpuasa, tubuhmu mendapatkan waktu beristirahat lebih lama dari biasanya, karean asupan makanan yang tidak terlalu banyak terutama jenis makanan junk food. Jadi, Puasa Ramadhan dapat membantu proses detoksifikasi tubuhmu, dan menjaga kesehatan tubuh.

- Berguna Untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Hasil penelitian telah menunjukan, bahwa Puasa dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, karena tubuhmu telah mengalami detoksifikasi, serta sistem pencernaanmu dapat menghasilkan cairan yang sehat.

- Berguna Untuk Membantu Menurunkan Hipertensi

Karena Puasa dapat membantu meringankan kerja sistem metabolisme tubuh, dan dapat mengurangi kadar lemak dalam darah, sehingga kondisi tersebut juga dapat membantu menurunkan hipertensi, serta membantu menjaga tubuh dari serangan penyakit-penyakit yang terkait.

Baca Juga : Apa Yang Boleh Dan Tidak Boleh Dimakan Untuk Mereka Yang Berpuasa?

Itulah ulasan mengenai tujuh manfaat berpuasa di bulan Ramdhan bagi kesehatan, sahabat sekalian. Ternyata banyak sekali manfaat tak terduga, yang dapat kita peroleh dari ibadah Puasa, terutama di bulan suci Ramadhan. Jadi, jangan sampai deh kamu malas untuk melaksanakan ibadah Puasa. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.

Subscribe to receive free email updates: