Lima Negara Di Asia Yang Menerapkan Sistem Pendidikan Full Day School




Sahabat Saya Sekalian | Kalian semua pasti tahu apa itu belajar, bukan?. Yup, belajar ialah perubahan yang relatif permanen, dalam perilaku atau potensi perilaku sebagai hasil dari pengalaman, ataupun latihan yang diperkuat. Seseorang dapat dianggap telah belajar sesuatu, tatkala ada perubahan pada perilaku yang ditunjukannya.

Lalu apa itu sistem pendidikan full day school?. Sisitem pendidikan full day school ialah sebuah sistem belajar, dimana sebagian besar waktu para pelajarnya dihabiskan di sekolah. Baru-baru ini hal tersebut mencuat di Indonesia, dimana Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yakni Muhadjir Effendy, mengusulkan ide full day school untuk diterapkan di Indonesia.

Hal tersebut diusulkan oleh Bapak Menteri, dengan tujuan untuk membangun karakter anak, agar tidak liar di luar sekolah saat orang tua mereka bekerja. Tak ayal wacana tersebut pun menuai pro dan kontra, ada kalangan masyarakat yang mendukung penerapan sistem full day school tersebut, namun tidak sedikit pula yang menolak usulan itu.

Terlepas dari polemik yang terjadi tersebut, ternyata ada beberapa negara di dunia, yang telah menerapkan sistem belajar full day school ini. Bahkan beberapa di antara yang menerapkan sistem tersebut, merupakan negara-negara yang berada di Benua Asia. Kemudian timbul pertanyaan, memangnya negara apa sajakah itu?, dan seperti apa sistem yang diterapkannya?.

Nah berdasarkan hal tersebut, pada kesempatan kali ini kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai beberapa negara di Asia yang menerapkan sistem pendidikan full day school. Tanpa membuang waktu lebih lama lagi, karena sepertinya kamu juga sudah tidak sabar untuk mengetahui, mengenai negara-negara mana sajakah di Asia, yang menerapkan sistem pendidikan full day school tersebut?. Berikut ini ulasannya : 

Baca Juga : Enam Negara Berikut Berpredikat Sebagai Negara Paling Bersih Di Dunia

- Singapura

Lima Negara Di Asia Yang Menerapkan Sistem Pendidikan Full Day School

Singapura merupakan salah satu negara maju, yang berada di wilayah Asia Tenggara. Di negara yang memiliki luas, tidak lebih besar dari Pulau Dewata Bali ini, mencanangkan sistem belajar full day school. Anak-anak SD yang ada di Singapura, bersekolah mulai jam stngh delapan pagi, hingga ja satu siang. Sementara itu, untuk mereka yang berada di tingkat SMP dan SMA, mereka masuk sekolah mulai jam setengah delapan pagi hingga jam empat sore. Itu pun merupakan waktu untuk belajar regular saja, belum lagi bila ada ekstra kurikuler.

- Jepang

Lima Negara Di Asia Yang Menerapkan Sistem Pendidikan Full Day School

Negara Jepang memanglah dikenal, memiliki tingkat kedisiplinan waktu, dalam segi berkerja yang sangat tinggi. Bisa jadi hal tersebut tida terlepas, dari sistem pendidikan yag diterapkan disana. Di Negeri Matahari Terbit ini, sistem pendidikan yang diterapkan ialah, sistem belajar full day school. 

Untuk anak-anak SD disana, diberlakukan waktu belajar dari jam delapan pagi, hingga jam satu siang. Sedangkan untuk anak SMP disana, diberlakukan waktu belajar dari jam delapan pagi, hingga jam setengah empat sore. Namun, untuk anak-anak SMA di Jepang, diberlakukan waktu belajar dari jam delapan pagi, hingga jam tujuh petang.

- Taiwan

Lima Negara Di Asia Yang Menerapkan Sistem Pendidikan Full Day School

Taiwan juga menjadi salah satu negara yang menerapkan sistem belajar full day school. Anak-anak SD di negara ini, belajar mulai dari jam delapan pagi, dan baru pulang pada jam setengah empat sore. Sedangkan untuk anak SMP, mereka masuk sekolah mulai jam delapan pagi, dan pulang pada jam lima sore. Untuk anak-anak SMA-nya, mereka masuk sekolah jam delapan pagi, dan baru boleh pulang sekitar jam delapan malam, karena harus mengikuti kelas tambahan.

- Korea Selatan

Lima Negara Di Asia Yang Menerapkan Sistem Pendidikan Full Day School

Korea Selatan dikenal sangat memperhatikan sistem pendidikannya. Pendidikan di Negeri Ginseng ini bisa dibilang cukup keras. Bagaimana tidak, para siswa-siswinya memperoleh waktu belajar, sesuai dengan tingkatan sekolahnya. Untuk anak-anak SD disana, diwajibkan bersekolah dari jam delapan pagi, hingga jam satu siang. Untuk anak-anak SMP disana, diwajibkan bersekolah dari jam delapan pagi, hingga jam setengah lima sore, dan untuk anak-anak SMA disana, diwajibkan bersekolah dari jam delapan pagi, hingga jam sembilan malam. Hal tersebut diberlakukan, karena tingkat SMA sedang dipersiapkan, untuk menapaki jenjang yang lebih tinggi. 

- Cina

Lima Negara Di Asia Yang Menerapkan Sistem Pendidikan Full Day School

Cina juga menerapkan sistem belajar full day school, yang bahkan lebih keras dari Korea Selatan. Bagaimana tidak, di Negeri Tirai Bambu ini anak-anak sudah mulai bersekolah sejak jam setengah tujuh pagi, dan untuk pulangnya masing-masing tingkatan memiliki jam yang berbeda. Untuk anak-anak tingkat SD mereka pulang jam tiga sore, untuk anak-anak tingkat SMP mereka pulang jam lima sore, dan untuk anak-anak SMA mereka bisa pulang hingga jam 10 malam. Karena pada tingkat SMA, sering diadakan kelas tambahan, sebagai persiapan masuk universitas.

Baca Juga : Lima Negara Berikut Miliki Tingkat Kesehatan Yang Sangat Tinggi

Itulah ulasan mengenai lima negera di Asia yang sudah menerapkan sistem full day school, sahabat sekalian. Seperti apapun sistem pendidikan yang dianut nantinya oleh Indonesia, semoga saja sistem pendidikan yang diberlakukan tersebut, memiliki lebih banyak dampak positif bagi perkembangan para siswa, demi kemajuan Indonesia sendiri di masa yang akan datang. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.


Dilansir Dari :

www.anehtapinyata.net/2016/08/negara-dengan-sistem-pendidikan-full-day-school.html
loading...

Subscribe to receive free email updates: