Pentingnya Mengeluarkan Zakat Selama Bulan Suci Ramadhan




Sahabat Saya Sekalian | Zakat merupakan salah satu perkara yang sangat penting bagi umat Islam, karena menjadi salah satu rukun dari Rukun Islam yang jumlahnya ada lima. Zakat sendiri merupakan sejumlah uang, yang harus dikeluarkan oleh orang-orang Muslim setiap tahunnya, dan sudah dapat dikeluarkan sejak masuk awal bulan Ramadhan.

Zakat merupakan sebuah kewajiban yang harus diikuti oleh setiap muslim. Dalam prakteknya sendiri, Zakat memiliki arti bahwa setiap Muslim perlu mengeluarkan sebagian harta, dari harta yang mereka miliki selama setahun terakhir. Namun, ada ketentuan-ketentuan bagi seorang Muslim dalam membayar Zakat, dimana mereka merupakan orang yang mampu memenuhi kebutuhan utamanya.

Kebutuhan utama yang dimaksud disini, ialah seperti halnya kebutuhan akan makanan, tempat tinggal, pakaian, dan kebutuhan utama lainnya, yang membuat mereka memenuhi syarat untuk membayar Zakat. Kaum Muslim yang dianggap mampu, diwajibkan untuk mengeluarkan sekitar 2,5% dari harta yang mereka miliki, yang nantinya akan disumbangkan kepada mereka yang membutuhkan.

Zakat ini berlaku pada harta dalam bentuk apapun, seperti halnya simpanan di bank, emas, dan lain sebagainya. Kemudian timbul sebuah pertanyaan, memangnya apa yang menjadikan Zakat ini, sangat penting bagi umat Muslim?. Nah berdasarkan hal tersebut, pada kesempatan kali ini kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai beberapa hal yang menjadikan Zakat sangat penting.

Tanpa membuang waktu lebih lama lagi, karena sepertinya kamu juga sudah tidak sabar untuk mengetahui, mengenai apa sajakah perkara yang menjadikan Zakat, sebagai perkara yang sangat penting bagi umat Mulsim dunia?. Berikut ini ulasannya :

Pentingnya Mengeluarkan Zakat Selama Bulan Suci Ramadhan

- Membersihkan Harta yang Dimiliki Seorang Muslim

Dengan mengeluarkan Zakat setiap tahunnya, dapat membantu dalam membersihkan seluruh pendapatan, yang diperoleh seorang Muslim sepanjang tahun. Zakat merupakan sebuah praktek yang bernilai ibadah, karena kita mengeluarkan sebagian harta miliki kita, untuk membantu mereka yang membutuhkan.

- Dapat Membuat Rezeki Seseorang Bertambah

Semakin banyak Zakat yang dikeluarkan seorang Muslim, maka semakin banyak pula yang dapat ia peroleh. Zakat dapat berarti Proliferation atau pertumbuhan, sehingga ketika seseorang mengeluarkan Zakat, penghasilannya justru akan meningkat, seiring dengan perbuatan baik yang dilakukannya.

- Menyeimbangkan Aliran Uang

Setidaknya aliran uang dalam masyarakat, dapat menjadi seimbang meskipun tidak selamanya. Umumnya, Zakat diberikan kepada orang-orang Muslim yang membutuhkan, atau tidak mampu membeli makanan dan pakaian. Dengan mengeluarkan Zakat kepada mereka, sedikitnya ada keseimbangan aliran uang yang terpelihara.

- Meningkatkan Keimanan Kepada Allah SWT

Zakat membantu seorang hamba untuk lebih dekat kepada Allah SWT, serta memperkuat keimanan dan keyakinan dalam dirinya.

- Mengobati Penyakit Hati Seperti Halnya Dendam Dan Sakit Hati

Mengeluarkan Zakat setiap tahunnya, dapat membantu menghapuskan perasaan sakit hati dan dendam yang dimiliki orang-orang yang mebutuhkan, karena kasih sayang dan harmoni tersebar di sekeliling mereka.

Itulah ulasan mengenai lima perkara yang menjadikan Zakat, sebagai perkara yang penting bagi seorang Muslim, sahabat sekalian. Jadi, bagi kamu seorang Muslim yang kebetulan merupakan orang yang berkecukupan, jangan sampai lupa untuk mengeluarkan Zakat. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.
loading...

Subscribe to receive free email updates: