Enam Seni Bela Diri Asal Indonesia Yang Sudah Terkenal Hingga Mancanegara




Lorongperihal.id | Seni bela diri merupakan suatu seni, yang dapat kita gunakan sebagai cara untuk membela diri, ketika kita berada dalam situasi yang membahayakan, seperti halnya tatkala dirampok atau dibegal. Jadi, tidak ada kata menyerang terbelih dahulu dalam seni bela diri, karena memang digunakan hanya sebatas untuk membela diri saja.

Baru-baru ini terdapat banyak sekali kasus kejahatan, yang bahkan sampai menelan korban jiwa, seperti halnya pembegalan, pembunuhan, pemerkosaan, dan masih banyak lagi kasus kejahatan lainya. Oleh sebab itulah, saat ini kita dianjurkan untuk dapat, membentengi dan membekali diri kita sendiri dengan ilmu bela diri. Yang dimaksudkan, agar kita dapat mempertahankan diri, saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Ilmu bela diri di setiap negara, memiliki keunikannya masing-masing. Di Indonesia sendiri pun, terdapat banyak sekali aliran-aliran seni bela diri, seperti halnya silat, tarung derajat, dan lain sebagainya. Tapi tahukah kamu, bahwa ternyata ada sejumlah seni bela diri dari Indonesia, yang sudah sangat terkenal bahkan hingga ke mancanegara.

Kemudian timbul sebuah pertanyaan, memangnya seni-seni bela diri apa sajakah yang berasal dari Indonesia, namun telah terkenal hingga mancanegara itu?. Nah berdasarkan hal tersebut, pada kesempatan kali ini kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai beberapa seni bela diri asal Indonesia yang mendunia.

Tanpa membuang waktu lebih lama lagi, karena sepertinya kamu juga sudah tidak sabar untuk mengetahui, mengenai apa saja seni-seni bela diri asal indonesia yang kini telah mendunia tersebut?. Berikut ini ulasannya :

Enam Seni Bela Diri Asal Indonesia Yang Sudah Terkenal Hingga Mancanegara

- Silat

Silat telah menyebar ke seluruh penjuru dunia, organisasi silat saat ini yaitu Persekutuan Pencak Silat Antar Bangsa yang disingkat PERSILAT, dimana terdapat 33 organisasi pencak silat dari seluruh dunia. Silat juga masuk dalam cabang olahraga resmi, yang dipertandingkan pada ajang olaharaga Asia, atau SEA GAMES.

- Tarung Derajat

Tarung Derajat diciptakan oleh Achmad Dradjat, yang mulai muncul sejak tahun 1960 di Bandung, dan dikembangkan dari pengalaman pribadinya dari setiap pertarungan di jalanan. Tarung Derajat secara resmi di akui sebagai olahraga nasional, dan digunakan sebagai pelatihan dasar TNI. Tarung Derajat juga masuk dalam acara olaharaga seperti PON atau SEA GAMES.

- Merpati Putih

Merpati Putih yang disingkat MP, merupakan salah satu aliran seni bela diri, yang menggunakan tangan kosong. Merpati Putih mencuat sejak tahun 1550-an, dan kini dilesatarikan di daerah Jawa. Saat ini Merpati Putih tergabung dalam Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia yang disingkat IPSI.

- Silek Minangkabau

Silek Minangkabau merupakan suatu aliran seni bela diri, yang dimiliki oleh masyarakat Minangkabau, Provinsi Sumatra Barat. Masyarakat Minangkabau, memang memiliki tradisi merantau, saat usia mereka dipandah sudah cukup dewasa. Dalam merantau tentu diperlukan suatu bekal, agar dapat membentengi diri sendiri.

- Bakti Negara

Bakti negara merupakan salah satu aliran pencak silat, yang berasal dari Pulau Bali. Bakti Negara mulai mencuat sejak tanggal 31 Januari 1955, di Banjar Kaliungu Kaja, Denpasar, Bali, yang digagas oleh seorang pendekar mantan pejuang kemerdekaan Indonesia. Bakti Negara berpedoman teguh pada ajaran hindu dharma masyarakat Bali Tri Hita Karana.

- Cimande

Cimande merupakan salah satu aliran pencak silat, yang diciptakan oleh Kyai Mbah Kahir. Beliau merupakan seorang pendekar pencak silat, yang di masa kejayaannya sangat disegani. Cimande didirikan sejak tahun 1760-an, atau di pertengahan abad ke-18.

Itulah ulasan mengenai enam seni bela diri asal Indonesia yang kini telah mendunia, sahabat sekalian. Membentengi diri dengan bela diri, mungkin menjadi suatu perkara, yang cukup penting saat ini. Mengingat berbagai kasus kejahatan, yang baru-baru ini kerap kali terjadi, dan dapat menimpa kita dimana pun dan kapan pun. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.


Dilansir Dari :

www.kitabagiinfomasi.com/2016/09/6-seni-bela-diri-asal-indonesia-yang-mendunia.html
loading...

Subscribe to receive free email updates: