Empat Tips Berpuasa Di Bulan Ramadhan Bagi Para Ibu Yang Menyusui




Sahabat Saya Sekalian | Ramadhan merupakan bulan pada kalender Islam, dimana orang-orang yang menganut Agama Islam, akan berpuasa dari mulai Subuh hingga waktu Maghrib tiba. Tidak hanya tidak diperbolehkan makan, tapi orang yang berpuasa juga tidak diperbolehkan minum air. Bagi wanita hamil dan ibu menyusui, Puasa dapat menjadi perkara, yang cukup menyulitkan.

Sebenarnya, Allah SWT telah memberi kelonggaran bagi beberapa orang seperti wanita hamil, dan orang-orang yang sakit untuk tidak berpuasa. Namun, mereka harus menggantinya, di hari-hari biasa di bulan-bulan lainnya. Ibu yang sedang menyusui anaknya, juga diberi kelonggaran yang serupa, yakni diperbolehkan untuk tidak berpuasa.

Akan tetapi, ada sebagian ibu yang masih tetap menjalankan ibadah Puasa, meskipun mereka sedang berada pada kondisi menyusui. Dan bagi para ibu menyusui yang tetap menjalankan ibadah Puasa, ada beberapa tips yang perlu mekera terapkan dalam kesehariannya. Kemudian timbul sebuah pertanyaan, memangnya tips-tips seperti apakah, yang dimaksud disini?.

Dan berdasarkan hal tersebut, pada kesempatan kali ini kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai beberapa tips untuk ibu menyusui yang tetap menjalankan ibadah Puasa. Ibu menyusui yang berpuasa, perlu berhati-hati dengan apa yang mereka makan dan minum, karena hal tersebut dapat mempengaruhi kesehatan mereka dan bayi mereka.

Tanpa membuang waktu lebih lama lagi, karena sepertinya kamu juga sudah tidak sabar untuk mengetahui, mengenai tips-tips seperti apa sajakah yang perlu diterapkan oleh ibu menyusui tatkala mereka berpuasa?. Berikut ini ulasannya :

Empat Tips Berpuasa Di Bulan Ramadhan Bagi Para Ibu Yang Menyusui

- Minuman Yang Tidak Boleh Dikonsumsi

Ketika berbicara tetang minuman yang boleh diminum oleh ibu menyusui saat puasa, mereka perlu menghindari Kopi dan juga minuman berkarbonasi lainnya, sebab hal tersebut dapat menyebabkan Dehidrasi karena Kafein Diuretik. Hindari juga minum terlalu banyak air di malam hari, cobalah untuk terus melakukan moderasi, serta ikuti anjuran yang tepat.

- Makanan Yang Boleh Dan Tidak Boleh Dikonsumsi

Ibu menyusui yang tetap berpuasa di bulan Ramadhan, dianjurkan untuk menghindari makanan pedas. Baiknya perbanyak buah-buahan segar dan sayuran, dan hindari juga semua produk Susu, karena memiliki kecenderungan produksi lendir. Untuk menghasilkan cukup Susu, pastikan gizi tubuhmu terpenuhi dengan baik.

- Dalam Mengerjakan Pekerjaan Rumah

Ibu menyusui yang tetap menjalankan ibadah Puasa, perlu mencoba untuk membereskan semua pekerjaan rumah tangga, pada saat malam hari. Anggota keluarga mereka juga perlu memberikan kontribusi untuk membantu. Mereka juga sebaiknya lebih banyak menghabiskan waktunya di rumah.

- Perbanyak Beribadah

Ibu menyusui yang tetap menjalankan ibadah puasa, sebaiknya mengurangi pekerjaannya di siang hari, memperbanyak beribadah, serta memperbanyak waktu tidur mereka. Tips lainnya ialah lebih banyak beristigfar, terlebih ketika mereka sedang merasa marah, ataupun merasa begitu kewalahan.

Itulah ulasan mengenai empat tips untuk para ibu yang menyusui namun tetap menjalankan ibadah Puasa, sahabat sekalian. Jadi, bagi kamu yang merupakan ibu menyusui namun tetap ingin menjalankan ibadah Puasa di bulan Ramadhan, ada baiknya kamu mengikuti tips-tips yang telah kita paparkan di atas, agar tidak terjadi masalah baik bagi dirimu juga anakmu. Semoga informasi tersebut barmanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.

Subscribe to receive free email updates: