Apa Yang Boleh Dan Tidak Boleh Dimakan Untuk Mereka Yang Berpuasa?




Sahabat Saya Sekalian | Saat ini kita sedang berada dalam bulan suci Ramadhan. Ini merupakan bulan yang dianggap suci oleh umat Islam, dan penganut agama Islam di seluruh dunia, melakukan ibadah berpuasa selama sebulan lamanya. Bulan Ramadhan buka hanya tentang berpuasa saja, tetapi juga waktu yang tepat untuk retrospeksi, refleksi diri, dan juga memperkuat keimanan.

Ibadah Puasa juga, dapat mengingatkan orang-orang yang menjalaninya, terhadap penderitaan orang-orang disekelilingnya yang kurang beruntung. Selama bulan suci Ramadhan ini, orang-orang Muslim akan lebih giat lagi memberi makan kepada mereka yang kurang beruntung, serta mereka juga akan lebih banyak menyumbang kepada lembaga-lembaga amal.

Bagi mereka yang menjalankan ibadah Puasa, aktivitas makan mereka akan berubah total, selama berlangsungnya bulan suci Ramadhan ini. Mereka hanya akan makan dua kali dalam sehari, yakni pada saat sahur (saat sebelum fajar menyingsing), dan pada saat berbuka Puasa (saat matahari terbenam). Dan pada siang hari, mereka bahkan tidak diperbolehkan untuk minum air.

Oleh sebab itu, memilih makanan untuk sahur dan untuk berbuka yang tepat, merupakan perkara yang sangatlah penting. Makanan yang dikonsumsi haruslah sangat seimbang. Makanan yang kaya akan Serat serta makanan yang kaya akan kandungan air, sangat perlu untuk dikonsumsi tatkala sahur dan buka Puasa.

Sebagian besar orang yang berpuasa, melakukan sebuah kesalahan dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan Kalori dan juga berminyak, tatkala makan sahur dan berbuka. Makanan-makanan tersebut benar-benar tidak baik, bukan hanya karena dapat menambah Kalori tapi juga dapat menyebabkan timbulnya masalah-masalah kesehatan, seperti halnya Asam Lambung, Mual, bahkan Diabetes.

Kemudian timbul sebuah pertanyaan, selain makanan-makanan yang telah dibahas di atas tersebut, makanan apa sajakah yang boleh dan tidak boleh kita makan saat berpuasa?. Nah berdasarkan hal tersebut, pada kesempatan kali ini kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai beberapa makanan yang boleh dan tidak boleh kamu makan saat berpuasa.

Tanpa membuang waktu lebih lama lagi, karena sepertinya kamu juga sudah tidak sabar untuk mengetahui, mengenai makanan apa sajakah yang boleh dan tidak boleh kita makan baik saat sahur maupun buka Puasa tersebut?. Berikut ini ulasannya :

Makanan Dan Minuman Yang Boleh Kita Konsumsi :

- Whole Grain

Apa Yang Boleh Dan Tidak Boleh Dimakan Untuk Mereka Yang Berpuasa?

Semua jenis Whole Grain kaya akan Serat dan Karbohidrat. Jadi, dengan mengonsumsi Whole Grain ini, dapat membuat perut kita terasa kenyang lebih lama. Oleh sebab itu, sangatlah dianjurkan untuk makan makanan yang terbuat dari Whole Grain saat Puasa, baik pada saat sahur maupun saat berbuka.

- Kurma

Apa Yang Boleh Dan Tidak Boleh Dimakan Untuk Mereka Yang Berpuasa?

Makan Kurma 1-2 biji pada saat sahur maupun berbuka sangatlah penting. Kurma ini mengandung Fruktosa alami, dan kaya akan Serat. Sehingga berguna untuk mempertahankan tingkat Glukosa.

- Buah-Buahan Dan Sayur-Sayuran

Apa Yang Boleh Dan Tidak Boleh Dimakan Untuk Mereka Yang Berpuasa?

Buah-buahan dan Sayur-sayuran dalam bentuk salad, perlu kamu konsumsi tatkala sahur tiba. Hal tersebut dikarenakan, salad tersebut mengandung banyak air, kaya akan Serat, Vitamin, Kalsium, dan mineral-mineral lain yang diperlukan oleh tubuh kita.

- Nasi

Apa Yang Boleh Dan Tidak Boleh Dimakan Untuk Mereka Yang Berpuasa?

Nasi mengandung Karbohidrat kompleks, yang menjadikannya memerlukan waktu yang cukup lama, untuk dapat dicerna oleh tubuh. Dengan demikian mampu membantu kita merasa kenyang lebih lama, sehingga menekan rasa lapar kita.

- Daging

Apa Yang Boleh Dan Tidak Boleh Dimakan Untuk Mereka Yang Berpuasa?

Mengonsumsi daging tatkala sahur sangatlah penting. Hal tersebut dikarenakan, daging membantu dalam menyediakan Protein, yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Ini membantu dalam melancarkan sistem Metabolisme tubuh yang tepat.

- Sup

Apa Yang Boleh Dan Tidak Boleh Dimakan Untuk Mereka Yang Berpuasa?

Mengawali rutinitas makanmu dengan sup, baik saat sahur atau bahkan saat berbuka Puasa, merupakan salah satu perkara yang sangat baik. Tidak hanya berguna untuk membantu dalam Hydrating tubuh, tetapi juga dalam memperoleh kembali energi yang hilang.

- Air

Apa Yang Boleh Dan Tidak Boleh Dimakan Untuk Mereka Yang Berpuasa?

Minum segelas air, merupakan perkara yang sangat perlu untuk dilakukan, sebelum kita mulai makan. Tidak hanya membantu dalam proses Hydrating tubuh, tetapi juga membantu dalam menurunkan frekuensi timbulnya rasa haus.

Makanan Dan Minuman Yang Perlu Dihindari :

- Makanan Manis

Apa Yang Boleh Dan Tidak Boleh Dimakan Untuk Mereka Yang Berpuasa?Makanan manis tinggi akan Kalori dan rendah akan Nutrisi. Menambahkan makanan yang mengandung gula alami memang sangat penting, namun lebih penting lagi untuk menghindari, terlalu banyak makan makanan manis. Hal tersebut dikarenakan, makanan manis dapat membuat kita merasa haus, dan membuat kita mengalami kembung.

- Hindari Konsumsi Terlalu Banyak Kafein

Apa Yang Boleh Dan Tidak Boleh Dimakan Untuk Mereka Yang Berpuasa?

Mengonsumsi terlalu banyak Kafein selama Sahur, merupakan perkara yang sangat buruk. Minuman atau makanan yang mengandung banyak Kafein, dapat membuat tubuh cepat merasa haus, serta dapat membuat tubuh kita menjadi lebih lesu. Oleh karenanya, alangkah baiknya kamu menghindari minuman seperti Kopi, Soda, ataupun minuman lain yang mengandung Kafein.

- Hindari Terlalu Banyak Makan Makanan Yang Digoreng

Apa Yang Boleh Dan Tidak Boleh Dimakan Untuk Mereka Yang Berpuasa?

Jika kamu berpuasa, maka sangatlah penting untuk menghindari makan makanan yang digoreng, karena makanan-makanan tersebut dapat menyebabkan kita merasa haus di siang hari, serta dapat menyebabkan kita mengalami perut kembung.

- Hindari Makan Makanan Yang Banyak Garam Dan Juga Pedas

Apa Yang Boleh Dan Tidak Boleh Dimakan Untuk Mereka Yang Berpuasa?

Mengonsumsi terlalu banyak makanan yang asin dan pedas saat sahur, dapat menyebabkan ketidakseimbangan tingkat Natrium dalam tubuh. hal tersebut dapat menyebabkan kita mudah merasa kehausan di siang hari. Karena itulah, sangat penting untuk menghindari, terlalu banyak makan makanan asin dan pedas.


Itulah ulasan mengenai makanan dan minuman yang boleh dan tidak boleh kita konsumsi, pada saat waktu sahur dan waktu berbuka tiba, sahabat sekalian. Jadi, bagi kamu yang sedang menjalani ibadah Puasa, ada baiknya kamu memilah dan memilih dengan baik makanan dan minuman yang ingin kamu makan. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian. 
loading...

Subscribe to receive free email updates: