Ingin Membeli Hewan Untuk Qurban?, Perhatikan Enam Tips Berikut Ini




Sahabat Saya Sekalian | Hari raya Idul Adha 1438 Hijriah tahun ini, akan jatuh pada tanggal 1 September 2017, atau masih menyisakan waktu sekitar dua pekan lagi. Meskipun begitu, kini sudah banyak sekali masyarakat, yang mulai berburu hewan-hewan untuk Qurban. Secara umum, hewan-hewan yang akan dijadikan sebagai hewan Qurban, haruslah halal secara Islam dan juga harus sehat. 

Namun, dengan banyaknya pedagang musiman yang menjajakan hewan-hewan Qurban, tentu membuat kita sebagai orang yang awam cukup kebingungan, dalam memilih hewan-hewan Qurban yang halal, sehat, dan berkualitas. Karena pastinya kita tidak ingin, momen ber-Qurban tahun ini menjadi tidak sah atau tidak berbuah apa-apa, dikarenakan beberapa hal sepele yang tidak kita ketahui.

Tapi tahukah kamu, bahwa ternyata ada beberapa tips yang dapat kita terapkan, dalam memilah dan memilih hewan-hewan Qurban yang akan kita beli. Kemudian timbul sebuah pertanyaan, memangnya tips-tips apa sajakah yang perlu kita ketahui sebelum membeli hewan Qurban, sehingga hewan-hewan yang kita pilih untuk diqurbankan merupakan hewan yang berkualitas?.

Nah berdasarkan hal tersebut, pada kesempatan kali ini kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai beberapa tips memilih hewan Qurban yang wajib kamu ketahui. Tanpa membuang waktu lebih lama lagi, karena sepertinya kamu juga sudah tidak sabar untuk mengetahui, mengenai tips-tips apa sajakah yang dimaksud disini?. Berikut ini ulasannya :

Ingin Membeli Hewan Untuk Qurban?, Perhatikan Enam Tips Berikut Ini

- Perhatikan Usia Hewan Qurban Yang Akan Kamu Beli

Hewan Qurban yang baik ialah hewan yang usianya telah cukup, untuk kambing dan domba usianya ialah sekitar 12-18 bulan, sedangkan untuk sapi dan kerbau usianya ialah sekitar 22 bulan. Cara mudah untuk mengetahui usia hewan Qurban, ialah melalui catatan kelahiran ternak, yang sudah pasti dimiliki oleh sang penjual. 

Selain itu, kamu juga dapat melakukan metode cek gigi hewan, yakni jika gigi susu hewan tersebut telah tanggal (dua gigi susu yang di depan), hal tersebut menandakan ternak kambing dan domba sudah berusia sekitar 12-18 bulan, sedangkan sapi dan kerbau sudah berusia sekitar 22 bulan.

- Pastikan Hewan Qurban Yang Akan Kamu Beli Tidak Memiliki Cacat

Pastikan hewan Qurban yang akan kamu beli, merupakan hewan yang sempurna, dan tak mengalami cacat. Terdapat beberapa cacat yang membuat hewan Qurban, menjadi tidak sah untuk diqurbanlan, yakni buta sebelah terlebih keduanya, sakit, pincang, dan juga hewan yang sangat kurus. Jika hewan yang kamu Qurbankan tidak sah, maka daging hewan tersebut memiliki status, sebagai daging biasa bukan daging Qurban.

- Pastikan Hewan Qurban Memiliki Nafsu Makan Yang Baik

Kesehatan dari hewan Qurban juga perlu kamu perhatikan. Pastikan calon hewan Qurban yang akan kamu beli, memiliki nafsu makan yang sangat baik, lincah, matanya bersinar, dan bulunya tidak kusam. Alangkah lebih baik lagi, jika kamu menanyakan tentang Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH), sebagai acuan kesehatan hewan tersebut.

- Perhatikan Tiap Organ Tubuh Hewan Qurban Yang Akan Kamu Beli

Saat kamu berada di lokasi pembelian, perhatikan dengan seksama hewan Qurban melalui mata, hidung, dan anusnya. Cari hewan yang bagian matanya bersih. Kelopak mata yang berwarna pucat atau kuning, tidak disarankan untuk kamu beli karena hewan yang sehat, memiliki kelopak mata bagian dalam berwarna pink. 

Kemudian Hidung yang terlihat basah, bersih, dan tidak mengeluarkan cairan, yang pada umumnya berwarna merah terang. Yang terakhir adalah dari anusnya. Jika pada bagian anus kotor, maka hewan tersebut sedang mengalami diare. Kamu juga perlu ingat, untuk tidak membeli hewan Qurban yang memiliki korengan, karena hewan tersebut mengidap penyakit kulit sceabie, yang disebabkan oleh tungau, dan kutu kecil.

- Perhatikan Tempat Membeli Hewan Qurban

Memperhatikan tempat pembelian hewan Qurban, juga menjadi hal yang tak kalah penting, untuk kamu lakukan. Jangan membeli hewan Qurban yang diternak di tempat pembuangan sampah, karena tubuh hewan tersebut berpotensi mengandung bahan berbahaya, bagi orang-orang yang mengkonsumsinya. Pilihlah hewan Qurban, yang diternak di lingkungan yang bersih, dan jauh dari polusi udara. Hal ini tentu saja berpengaruh pada tingkat stress, yang akan dialami oleh hewan Qurban, yang dapat berimbas pada kesehatan tubuhnya.

- Perhatikan Kemampuan Dirimu Sendiri

Selain hewan harus sehat dan bersih, hal yang lain yang tak kalah penting untuk diperhatikan, ialah pilih hewan Qurban sesuai dengan kemampuan keuanganmu. Karena pada dasarnya, berqurban bukanlah suatu keterpaksaan, namun kerelaan dari tiap umat yang mampu. Selain itu, kamu juga perlu mempelajari, tentang pembagian daging Qurban. Dalam aturan islam sendiri, pembagian dibagi tiga yakni 1/3 untuk dimakan oleh yang berkurban, 1/3 disedekahkan, dan 1/3 sisanya dihadiahkan kepada orang lain.

Baca Juga : Tujuh Tradisi Unik Perayaan Hari Raya Idul Adha Di Berbagai Negara

Itulah ulasan mengenai enam tips yang perlu diperhatikan, bagi kamu yang ingin membeli hewan untuk Qurban, sahabat sekalian. Bagi kamu yang ingin berqurban tahun ini, ada baiknya mengikuti tips-tips yang telah kita bahas di atas, saat akan membeli hewan Qurban. Sehingga Qurban yang kamu lakukan tahun ini tidak sia-sia. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.


Dilansir Dari :

www.cermati.com/artikel/tips-memillih-hewan-qurban-yang-baik
loading...

Subscribe to receive free email updates: