Sepuluh Fakta Unik Sepanjang Sejarah Pagelaran SEA Games




Sahabat Saya Sekalian | Berawal dari sebuah ide sederhana, yang dikemukakan oleh Wakil Presiden Olimpiade Thailand yang bernama Sukhum Nayapradit, akhirnya multievent bertajuk Southeast Asian Peninsula resmi digelar pada tahun 1959.  Event yang berlangsung pertama kali di Bangkok, Thailand, pada tanggal 12-17 Desember 1959 ini merupakan cikal bakal, dari pesta olahraga dua tahunan antarnegara se-Asia Tenggara, yang saat ini lebih dikenal dengan sebutan SEA Games.

Pada awal penyelenaggaraannya, SEA Games hanya mempertandingkan 12 cabang olahraga, yang diantaranya ialah tinju, angkat besi, atletik, bersepeda, bola voli, bola basket, bulutangkis, menembak, olahraga air, sepak bola, tenis meja, dan juga tenis. Hingga kini Indonesia masih menyandang status, sebagai negara tersukses pada ajang SEA Games. Sejak pertama kali berpartisipasi pada tahun 1977, Tim Merah Putih telah 10 kali menjadi juara umum.

Namun, terdapat fakta menarik dalam keberhasilan Indonesia, menjadi juara umum terbanyak SEA Games. Tim Merah Putih sendiri, baru mengikuti event dua tahunan tersebut pada tahun 1977, dan langsung keluar sebagai juara umum. Indonesia langsung meraih 62 medali emas pada 1977. Sejak itu, Tim Merah Putih benar-benar tak terbendung. Indonesia kembali juara pada 1979, 1981, 1983, kemudian berlanjut pada 1987, 1989, 1991, 1993. 1997, dan 2011.

Kemudian timbul sebuah pertanyaan, selain fakta yang telah kita ungkap tersebut, adakah fakta-fakta unik lainnya, dari multievent antarnegara Asia Tenggara bertajuk SEA Games?. Nah berdasarkan hal tersebut, pada kesempatan kali ini kita akan bahas untuk Anda sekalian sahabat, mengenai beberapa fakta unik sepanjang sejarah SEA Games yang jarang diketahui.

Tanpa membuang waktu lebih lama lagi, karena sepertinya kamu juga sudah tidak sabar untuk mengetahui, mengenai fakta-fakta unik seputaran SEA Games, yang mungkin belum pernah kita ketahui tersebut?. Berikut ini ulasannya :

Baca Juga : Inilah Lima Kisah Atlet Yang Ketahuan Bermain Curang Sepanjang Sejarah Olimpiade

Sepuluh Fakta Unik Sepanjang Sejarah Pagelaran SEA Games

- Malaysia Merupakan Tuan Rumah SEA Games Terbanyak

Meski memegang predikat sebagai peraih juara umum terbanyak sepanjang sejarah, namun Indonesia masih kalah dari Thailand dan Malaysia, perkara menjadi tuan rumah SEA Games. Indonesia baru empat kali menjadi tuan rumah, sementara Thailand sudah enam kali, dan Malaysia bakal menggelar SEA Games untuk ketujuh kali pada tahun ini.

- SEA Games Yang Digelar Di Dua Kota

Sepanjang sejarah penyelenggaraannya, hanya Indonesia dan Vietnam yang pernah melangsungkan SEA Games, di dua kota berbeda sekaligus. Vietnam pernah memakai kota Ho Chi Minh dan Hanoi, sebagai tuan rumah SEA Games pada tahun 2003, sementara Indonesia pernah melangsungkan SEA Games, di Jakarta dan Palembang pada tahun 2011.

- Timor Leste Dan Kamboja Belum Pernah Menjadi Tuan Rumah SEA Games

Timor Lesta dan Kamboja, belum pernah menjadi tuan rumah SEA Games, sejak pertama kali bergulir pada tahun 1959. Namun, Kamboja sudah memastikan diri bakal menjadi tuan rumah pada tahun 2021, sementara Timor Leste masih belum mendapat kesempatan, untuk menggelar SEA Games di negaranya.

- Serba 11 Di SEA Games ke-26

SEA Games ke-26, yang berlangsung di Indonesia pada tahun 2011 lalu, menyimpan keunikannya tersendiri. Pesta olahraga dua tahunan tersebut, resmi digelar pada tanggal 11 November 2011, selama kurang lebih 11 hari, dan diikuti oleh 11 negara.

- Kamboja Pernah Gagal Jadi Tuan Rumah SEA Games

Konflik politik dalam negeri yang terjadi pada tahun 1965, membuat Kamboja gagal menyelenggarakan SEA Games edisi ketiga. Hak untuk menjadi tuan rumah, kemudian diambil alih oleh Malaysia dan hingga saat ini, Kamboja belum sekalipun menjadi tuan rumah SEA Games.

- Perolehan Medali SEA Games Terbanyak

Indonesia boleh berbangga diri, karena mendapat predikat sebagai juara umum tebanyak, tapi Tim Merah Putih masih kalah dari Thailand, perkara raihan medali di SEA Games. Secara total, Negeri Gajah Putih telah berhasil menyabet 2.089 medali emas, 1.736 medali perak, dan 1.736 medali perunggu.

- SEA Games Pernah Diikuti Empat Negara

SEA Games kedelapan pada tahun 1975, menjadi pesta olahraga se-Asia Tenggara, dengan jumlah peserta paling sedikit. Hanya empat negara yang memutuskan berpartisipasi setelah Vietnam Selatan, Kamboja, dan Laos, memutuskan tak bisa tampil karena permasalahan internal.

- Negara Termuda Yang Ikut SEA Games

Setelah memutuskan berpisah dari Indonesia pada tahun 2002, Timor Leste menjadi negara termuda yang berpartisipasi di SEA Games. Negara yang dulunya bernama Timor-Timor itu, memulai debutnya pada SEA Games ke-22, yang berlangsung atau digelar di Vietnam.

- Lima Negara Belum Pernah Menjadi Juara Umum SEA Games

Sepanjang penyelenggaraan SEA Games, yang telah berlangsung sebanyak 29 kali tahun ini, ada lima negara yang belum pernah menjadi juara umum. Negara-negara tersebut ialah Singapura, Brunei, Kamboja, Laos, dan Timor Leste.

- Dua Negara Yang Terpecah

Singapura dan Malaysia sebelumnya memiliki satu federasi yang sama, sebelum akhirnya memutuskan untuk berpisah, pada tanggal 9 Agustus 1965 silam. Singapura mengumumkan kemerdekaannya tahun itu, dan mendirikan federasinya sendiri, yang diikut sertakan dalam ajang SEA Games. Hal yang sama terjadi pada Timor Leste, yang sebelumnya merupakan bagian dari Indonesia. Pada tahun 2002 lalu, Timor Leste mengumumkan kemerdekaannya, dan tak lagi menjadi bagian dari Indonesia.

Baca Juga : Berikut Lima Kisah Tragis Kematian Para Atlet Di Sepanjang Sejarah Olimpiade

Itulah ulasan mengenai sepuluh fakta unik, tentang penyelenggaraan SEA Games sepanjang sejarah, sahabat sekalian. Semoga saja, pada ajang SEA Games yang digelar di Malaysia tahun ini, Indonesia akan memperoleh hasil yang memuaskan, dan kembali keluar sebagai juara umum. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.


Dilansir Dari :

www.bola.com/sea-games/read/3028791/10-fakta-menarik-seputar-sea-games

www.nulis.co.id/?p=87589
loading...

Subscribe to receive free email updates: