Inilah Tiga Makanan Olahan Daging Qurban Yang Khas Dari Seluruh Dunia




Sahabat Saya Sekalian | Perayaan hari raya Idul Adha, bagi sebagian besar masyarakat Muslim di dunia merupakan momen terbaik, untuk menyantap makanan lezat berbahahan dasar daging Qurban. Bagi negara-negara yang masih tergolong negara berkembang, tak selamanya ekonomi masyarakat disana, mampu untuk membeli daging sapi atau kambing. Terlebih lagi di negara-negara, yang kini sedang terlibat konflik besar, yang seakan tak kunjung usai. Seperti halnya di Suriah, Irak, Somalia, dan negara-negara lainnya.

Selama beberapa hari usai perayaan Idul Adha, pasti banyak stok daging kambing ataupun sapi di rumah kita, yang didapat dari keberkahan ibadah Qurban. Di Indonesia sendiri, makanan olahan daging Qurban yang paling sering dibuat, biasanya berupa gulai kambing, rendang sapi, hingga sate. Olahan makanan penuh citarasa daging, yang diolah dengan berbagai bumbu khas nusantara.

Seperti halnya di Indonesia, ternyata ada juga beberapa jenis makanan dari luar negeri, yang merupakan makanan berbahan dasar daging. Dan daging Qurban juga sering digunakan, sebagai bahan dasar untuk membuatnya. Kemudian timbul sebuah pertanyaan, memangnya makanan dari luar negeri apa sajakah, yang berbahan daging Qurban dan akan kita bahas disini?.

Nah berdasarkan hal tersebut, pada kesempatan kali ini kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai beberapa makanan luar negeri yang biasanya terbuat dari daging Qurban. Tanpa membuang waktu lebih lama lagi, karena sepertinya kamu juga sudah tidak sabar untuk mengetahui, mengenai makanan apa saja yang dimaksud?. Berikut ini ulasannya :

Baca Juga : Inilah Delapan Fakta Menarik Seputar Hewan Qurban Yang Wajib Kamu Tahu

- Kebab

Inilah Tiga Makanan Olahan Daging Qurban Yang Khas Dari Seluruh Dunia

Mungkin, makanan yang satu ini sudah tak asing lagi, di lidah orang-orang Indonesia. Sejak beberapa tahun terakhir, bisnis kebab sudah mulai menjamur di Indonesia. Kini dengan mudahnya, kita dapat menjumpai penjual Kebab di pinggir-pinggir jalan, dengan harga yang amat terjangkau dan rasa yang lumayan lezat. 

Jika dilihat dari asal mulanya, Kebab ini berasal dari kawasan Timur Tengah, dan juga kawasan Mediteranian. Menjadi makanan khas dari wilayah Turki dan sekitar Mesir. Kebab disajikan dengan irisan daging tipis, yang ditutup dan digulung dalam sebuah roti pipih, ditambahkan dengan saus aneka warna serta sayuran sebagai pelengkapnya.

- Nasi Biryani

Inilah Tiga Makanan Olahan Daging Qurban Yang Khas Dari Seluruh Dunia

Bagi para pelancong yang akrab dengan wilayah Asia Tengah dan Asia Tenggara, tentu tak akan merasa asing juga, dengan sajian Nasi Biryani. Nasi Biryani adalah makanan yang sangat populer di negara-negara Asia. Hidangan ini berupa nasi (biasanya dari beras basmati), yang dimasak bersama dengan bumbu khas rempah-rempah, sayuran, dan juga daging. 

Nama Biryani sendiri berasal dari bahasa Parsi, yang berarti goreng atau panggang. Pada awalnya, Nasi Biryani dibawa oleh para pedagang dari Parsi atau Persia, yang mengenalkan nikmatnya Nasi Biryani, pada masyarakat India dan Pakistan. Hidangan Nasi Biryani ini amat populer di Irak, Iran, Afghanistan, Bangladesh, India, Pakistan, dan Muslim Srilanka. Selama beberapa tahun terakhir, kepopuleran Nasi Biryani pun kian menyebar, hingga ke Malaysia bahkan Indonesia.

- Tagine

Inilah Tiga Makanan Olahan Daging Qurban Yang Khas Dari Seluruh Dunia

Tagine (baca Tajine) merupakan makanan khas, yang memiliki sejarah panjang sejak berabad lamanya, menjadi bagian dari peradaban masyarakat Afrika Utara. Tagine disajikan dengan cara memasak yang sangat khas. Yaitu menggunakan mangkok yang memiliki tutup seperti tudung. Mangkok untuk memasak Tagine ini, terbuat dari keramik tanah liat, yang tahan dengan panas. 

Kini, sajian Tagine mudah sekali ditemukan, di sekitar Aljazair dan juga Maroko. Di Maroko sendiri, Tagine merupakan makanan semacam rebusan, yang terdiri dari campuran daging sapi ataupun kambing, yang dicampur dengan sayuran. Lalu ditambahkan bumbu khas tradisional pesisir Afrika Utara seperti daun khusbur dan mukholat.

Baca Juga : Ingin Membeli Hewan Untuk Qurban?, Perhatikan Enam Tips Berikut Ini

Itulah ulasan mengenai tiga macam makanan, yang merupakan olahan daging Qurban, sahabat sekalian. Mungkin selain dengan mengolahnya seperri biasa, daging Qurban yang kita peroleh saat hari raya Idul Adha kelak, dapat juga kita olah menjadi makanan-makanan yang telah kita bahas di atas. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.


Dilansir Dari : 

blog.act.id/3-makanan-olahan-daging-qurban-khas-dari-seluruh-dunia
loading...

Subscribe to receive free email updates: