Inilah Lima Peristiwa Yang Menyelimuti Perayaan HUT RI Ke-72




Sahabat Saya Sekalian | Hari Kemerdekaan Indonesia, yang setiap tahunnya jatuh pada tanggal 17 Agustus, selalu menjadi hari yang sangat spesial bagi seluruh masyarakat di Indonesia. Semua elemen rakyat mulai dari kalangan bawah hingga atas, beramai-ramai mempersiapkan diri dan wilayahnya dengan sebaik-baiknya, untuk menyambut HUT RI dengan berbagai acara yang menarik dan beda.

Terkadang, acara-acara yang dibuat guna memeriahkan hari kemerdekaan tersebut, bisa terbilang sangat unik hingga membuatmu terharu atau malah tertawa. Begitu pula dengan perayaan hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-72 tahun ini, terdapat beberapa keunikan, peristiwa mengharukan, hingga kejadian memilukan, yang menyelimuti perayaan HUT Ri di tahun 2017 ini.

Kemudian timbul sebuah pertanyaan, memangnya peristiwa dan kejadian mulai dari unik hingga memiluka seperti apakah, yang menghiasi perayaan hari kemerdekaan Indonesia di tahun ini. Nah berdasarkan hal tersebut, pada kesempatan kali ini kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai beberapa peristiwa yang terjadi selama perayaan HUT RI yang ke-72.

Tanpa membuang waktu lebih lama lagi, karena sepertinya kamu juga sudah tidak sabar untuk mengetahui, mengenai peristiwa atau kejadian apa sajakah, yang menyelimuti perayaan hari kemerdekaan di tahun 2017 ini?. Berikut ini ulasannya :

Baca Juga : Inilah Lima Fakta Unik Seputar Hari Kemerdekaan Indonesia Yang Perlu Diketahui

- Upacara Kemerdekaan Di Atas Gunung Sampah

Inilah Lima Peristiwa Yang Menyelimuti Perayaan HUT RI Ke-72

Para pegiat lingkungan hidup di Solo, memilih tempat yang berbeda dari biasanya, untuk melaksanakan upacara kemerdekaan. Mereka melaksanakan upacara kemerdekaan, di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Putri Cempo, Mojosongo, Solo. Upacara ini sekaligus juga untuk mengingatkan rakyat Indonesia, untuk selalu menjaga dan melestarikan alam dan lingkungan. 

Peralatan upacara yang digunakan pada upacara tersebut, lebih sederhana bila dibandingkan dengan peralatan upacara pada umumnya, yakni berupa tiang bendera yang terbuat dari bambu. Para peserta yang ikut upacara tersebut, mengenakan seragam komunitas, dan beberapa lainnya mengenakan kostum daur ulang.

- Upacara Dengan Mata Tertutup

Inilah Lima Peristiwa Yang Menyelimuti Perayaan HUT RI Ke-72

Upacara unik lainnya terdapat di Desa Pojok, Kediri, Jawa Timur. Warga setempat melaksanakan upacara dengan mata tertutup, termasuk juga para petugas upacaranya. Mereka mengenakan kain untuk menutupi matanya. Upacara yang terbilang sulit ini, dapat mereka selesaikan dengan baik, setelah melakukan gladi bersih sebelumnya. Rupanya, alasan mereka melakukan upacara dengan mata tertutup, ialah sebagai bentuk protes adanya pembelokan fakta sejarah. 

Pembelokan fakta sejarah yang dimaksud tersebut, terdapat pada frasa 'Kemerdekaan Republik Indonesia', yang sering digunakan saat ini. Padahal yang benar seharusnya adalah 'Kemerdekaan Bangsa Indonesia'. Frasa tersebut merujuk pada teks proklamasi kemerdekaan, yang menyatakan 'Kami Bangsa Indonesia', dan bukan 'Kami Republik Indonesia'.

- Adik-Adik Di Gaza, Palestina Ikut Memberi Ucapan Selamat Di HUT RI 2017 Ini

Inilah Lima Peristiwa Yang Menyelimuti Perayaan HUT RI Ke-72

Meski berada dalam kepungan dan peperangan sepanjang hari, adik-adik di Gaza, Palestina tidak lupa memberikan ucapan selamat, pada perayaan hari kemerdekaan Indonesia. Hadiah ini diterima melalui pihak Aksi Cepat Tanggap, beberapa hari sebelum hari kemerdekaan Indonesia tahun 2017. Palestina sendiri, merupakan negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia, sewaktu kita sedang berjuang untuk meraih kemerdekaan.

- Meninggal Setelah Jatuh Dari Ketinggian Tujuh Meter

Inilah Lima Peristiwa Yang Menyelimuti Perayaan HUT RI Ke-72

Suasana meriah di lapangan voli Jalan Merkuri Utara, RT 05/03 Kelurahan Manjahlega, Kecamatan Rancasari, Kota Bandung, Kamis (17/8/2017), mendadak berubah menjadi memilukan. Pasalnya ada seorang peserta panjat pinang, yang tewas usai terjatuh dari ketinggian tujuh meter. Icim mendadak jatuh dan bersimbah darah, di hadapan para penonton yang menyaksikan lomba tersebut. 

Berdasarkan keterangan dari pihak kepolisian, kronologi kejadiannya bermula saat Icim berada di atas pohon pinang, dan berniat untuk mengambil hadiah. Namun nahas, batang pohon pinang yang ia panjat tersebut patah di bagian sambungan, hingga menyebabkan Icim terjatuh. Icim menderita patah di leher, dan kemudian dibawa ke Rumah Sakit Al Islam, Bandung.

- Peci Yang Ikut Berkibar Bersama Bendera Merah Putih

Inilah Lima Peristiwa Yang Menyelimuti Perayaan HUT RI Ke-72

Kejadian lucu dan mengharukan, dialami teman-teman paskibra saat melaksanakan pengibaran bendera, di Stadion Panji Bako, Kecamatan Sitinjo, Kabupaten Dairi. Saat hendak mengibarkan bendera merah putih, pin logo burung Garuda yang tertanam di peci salah satu paskibraka, secara tidak sengaja tersangkut di bendera. 

Sang paskibraka tidak sempat mengambil pecinya, karena sudah terlanjur terbawa bersama bendera. Para peserta yang menyaksikannya bersorak serya tertawa, sedangkan sang paskibraka sendiri menangis dan sangat menyesal. Walaupun demikian, bupati Kabupaten Dairi memaklumi kejadian tersebut.

Baca Juga : Inilah Sosok Fariza Putri Salsabila, Si Cantik Pembawa Baki Bendera Pusaka

Itulah ulasan mengenai lima kejadian mulai dari unik hingga memilukan, yang menghiasi perayaan hari kemerdekaan Indonesia tahun 2017, sahabat sekalian. Semoga peristiwa-peristiwa tersebut, justru dapat mendorong semangat baru bagi seluruh warga Indonesia, sehingga perayaan kemerdekaan tahun depan bisa lebih meriah dan kreatif lagi. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.


Dilansir Dari :

hype.idntimes.com/fun-fact/melisa-camalia-1/ejadian-istimewa-yang-cuma-ada-di-hut-ri-ke-72-c1c2/full

wartakota.tribunnews.com/2017/08/20/inilah-beberapa-insiden-dalam-perayaan-hari-kemerdekaan-bahkan-ada-yang-tewas-saat-kejadian
loading...

Subscribe to receive free email updates: