Delapan Peristiwa Unik Yang Dirasakan Para Jamaah Haji Di Tahun 2017




Sahabat Saya Sekalian | Ibadah Haji, merupakan pelaksanaan rukun Islam kelima yang sangat didamba-dambakan, oleh seluruh kaum Muslim di dunia. Semua orang Islam berlomba-lomba, ingin melaksanakan ibadah Haji, ke Tanah Suci di Mekah, Arab Saudi. Namun, pelaksanaan ibadah Haji tahun ini, diwarnai dengan beberapa peristiwa menarik. Terutama bagi para jamaah Haji asal Indonesia. 

Para jamaah Haji asal Indonesia ini, nantinya akan melakukan ritual ibadah Haji, mulai dari tawaf hingga sai di Mekah, Mabit di Arafah, Musdalifah, dan Mina. Dan disela-sela pelaksanaan ibadah-ibadah tersebut, ada beberapa peristiwa unik dan langka yang terjadi, dan dirasakan oleh para jamaah Haji asal Indonesia.  Salah satunya ialah perayaan hari kemerdekaan, yang bagi sebagaian jamaah yang telah berangkat ke Mekah, meraka akan merayakannya di sana. 

Selain peristiwa itu, ada juga beberapa peristiwa unik dan langka lainnya, yang hanya dapat dirasakan oleh para jamaah Haji, yang berangkat tahun ini. Kemudian timbul sebuah pertanyaan, memangnya peristiwa-peristiwa unik dan langka apa lagi, yang dirasakan oleh para jamaah Haji yang berangkat di tahun 2017.

Nah berdasarkan hal tersebut, pada kesempatan kali ini kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai beberapa peristiwa langka dan menarik yang dirasakan jamaah Haji tahun 2017 ini. Tanpa membuang membuang waktu lebih lama lagi, karena sepertinya kamu juga sudah tidak sabar untuk mengetahui, tentang peristiwa-peristiwa apa sajakah itu?. Berikut ini ulasannya :

Delapan Peristiwa Unik Yang Dirasakan Para Jamaah Haji Di Tahun 2017

- Haji Akbar

Puncak ibadah Haji tahun ini, akan jatuh pada 1 September 2017, yakni tepat pada hari Jumat. Hal itulah yang disebut dengan 'Haji Akbar'. Tidak semua pelaksanaan ibadah Haji setiap tahunnya jatuh pada hari Jumat.

- Perayaan Hari Kemerdekaan Di Mekah

Para jamaah asal Indonesia gelombang pertama, merasakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, yang jatuh pada 17 Agustus 2017 di tanah suci. Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Indonesia pun, melaksanakan upacara hari Kemerdekaan di Tanah Suci.

- Pelaksanaan Ibadah Haji Tahun Ini Bertepatan Dengan Puncak Musim Panas

Puncak musim panas di Arab Saudi, akan berlangsung sekita bulan Agustus-September, yang artinya berlangsung saat pelaksanaan ibadah Haji tahun ini. Cuaca di sana diperkirakan akan mencapai 52 Derajat Celsius. Jauh berbeda dengan suku di Tanah Air, yang hanya mencapai 35-37 Derajat Celsius.

- Jamaah Haji Akan Merasakan Suasana Baru Masjidil Haram

Pemerintah Arab Saudi sudah sejak 2014 lalu, melakukan renovasi perluasan Masjidil Harram. Para jamaah Haji Tahun ini, akan menjadi jamaah Haji pertama, yang merasakan bertambah luasnya Masjidil Harram.

- Kuota Haji Yang Membeludak

Semenjak melakukan renovasi, Pemerintah Arab Saudi membatasi kouta haji. Namun, tahun ini kuota Haji untuk seluruh negara, kembali berlaku normal seperti sebelumnya. Pemerintah Indonesia sendiri, sempat melakukan pemangkasan kuota Haji, hingga 20% atau mencapai 168.000 jiwa. Namun kini telah kembali normal, plus mendapat tambahan kuota hingga 10.000 jamaah, dengan total 221.000 jamaah.

- Kebijakan Baru Umrah Di Mekah

Pemerintah Arab Saudi telah melakukan perubahan kebijakan visa Umrah untuk tahun 2017. Jika sebelumnya jamaah Umrah tidak bisa masuk Arab Saudi, hingga musim Haji selesai yakni pada tanggal 15 Muharam, namun kali ini pelaksanaan ibadah Umrah sudah bisa dilakukan mulai 1 Muharam. Dampak kebijakan tersebut, kemungkinan besar jamaah Haji, akan bertemu dengan jamaah Umrah.

- Layanan Baru Di Arafah

Jamaah Indonesia akan merasakan tenda baru, saat bermalam atau Mabit di Arafah. Tenda-tenda baru tersebut, memiliki kualitas yang dapat mengurangi rasa panas, dilengkapi dengan pendingin dan karpet. Di mana selama ini tenda Arafah mudah ambruk, bila terkena angin dan usianya sudah 100 tahun.

- Turunnya Hujan Es Di Mekah

Setelah berhari-hari didera cuaca panas terik dg suhu mencapai 44°C, kota Mekah Almukarromah dilanda hujan deras, pada Senin 21 Agustus 2017 lalu. Hujan pertama di musim Haji, yang mengguyur kota Haram ini, juga diwarnai turunnya butiran es. Sebagaian besar jemaah bersyukur dan memanjatkan doa. 

Mereka berharap hujan yang turun tersebut, dapat memberikan keberkahan bagi para jamaah Haji, dan juga penduduk Kota Mekah. Ada sejumlah jamaah yang memungut butiran es. Tak sedikit pula di antara mereka, yang mendokumentasikan fenomena alam ini, menggunakan kamera ponselnya.

Baca Juga : Inilah Sepuluh Insiden Ibadah Haji Paling Parah Dan Memilukan Sepanjang Sejarah

Itulah ulasan mengenai delapan peristiwa yang dirasakan para jamaah Haji tahun ini, sahabat sekalian. Ibadah Haji merupakan ibadah yang selalu diimpi-impikan oleh seluruh umat Muslim dunia. Diharapkan suatu saat nanti, kita semua dapat melaksanakan, ibadah Haji ke Baitullah. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.


Dilansir Dari :

haji.okezone.com/read/2017/07/22/398/1741903/7-hal-langka-yang-akan-terjadi-pada-haji-2017

www.tribunnews.com/internasional/2017/08/22/hujan-es-di-mekah-ini-reaksi-jemaah-haji-asal-palembang
loading...

Subscribe to receive free email updates: