Jalan-Jalan Ke Taman Nasional Baluran Menikmati Nuansa Afrika Di Pulau Jawa




Lorongperihal.id | Indonesia merupakan sebuah negara yang besar, dan memiliki keanekaragaman satwa serta tumbuhan yang sangat mengagumkan. Hal tersebut merupakan fakta yang tak terbantahkan lagi, karena dapat ditemukan dalam berbagai ekositem dan keanekaragaman hayati serta hewani, yang bisa ditemukan di Indonesia. 

Jalan-Jalan Ke Taman Nasional Baluran Menikmati Nuansa Afrika Di Pulau Jawa

Salah satu tempat, yang dapat merepresentasikan kekayaan alam Indonesia tersebut, ialah Taman Nasional Baluran. Taman Nasional ini terletak di kabupaten Situbondo, provinsi Jawa Timur. Keunikan dan kelebihan Taman Nasional Baluran terletak pada kondisi alamnya, Dimana kondisi alam Taman Nasional ini, didominasi oleh kawasan savana yang cukup luas. 

Hal ini tentu menyajikan pemandangan berbeda, dengan hutan dan Taman Nasional lainnya yang dapat ditemukan di Indonesia, yang mana biasanya hanya berupa hutan tropis saja. Keberadaan savana yang luas, membuat Taman Nasioan Baluran lebih terlihat seperti sebuah kawasan hutan yang terdapat di Afrika, dibandingkan dengan kawasan hutan yang ada di Indonesia pada umumnya. 

Itulah yang menyebabkan Taman Nasional Baluran, sering disebut sebagai ‘Africa van Java’, atau Afrikanya Pulau Jawa. Pada saat musim hujan tiba, kawasan Taman Nasioal Baluran akan didominasi oleh rerumputan hijau yang menjulang tinggi, sehingga menampakan panorama alam yang menghijau sejauh mata memandang. 

Sementara dikala puncak musim kemarau tiba, kawasan savana Taman Nasional Baluran akan berubah menjadi sebuah padang tandus yang luas, seperti halnya kawasan savana-savana luas yang dapat kita temukan di Afrika. Lengkap dengan kawanan banteng dan kawanan rusa yang bergerombol dari kejauhan.

Sebagai sebuah Taman Nasional, Baluran terhitung cukup lengkap dalam menyajikan fasilitas, serta ditunjang dengan fauna yang masih liar di habibatnya. Di Taman Nasional ini, masih bisa kita temukan, hewan sejenis ajag yang suka memburu rusa. Ajag sendiri merupakan anjing hutan, yang berkedudukan sebagai predator, dan suka memburu berbagai hewan. 

Jalan-Jalan Ke Taman Nasional Baluran Menikmati Nuansa Afrika Di Pulau Jawa

Adapun hewan-hewan yang biasa menjadi buruannya, ialah seperti rusa, kancil, kelinci, dan hewan lainnya. Selain pemandangan unik tersebut, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan unik lainnya seperti kawanan rusa dan banteng, yang menyebrangi sungai seperti yang sering kita lihat di berbagai chanel televisi, yang menayangkan kehidupan liar di Afrika. 

Selain menawarkan kunjungan yang berkesan, Taman Nasional Baluran juga menawarkan sebuah penginapan unik, yang masih terdapat dalam kawasan Taman Nasional ini. Penginapan ini berada tepat di depan hamparan savana, sehingga para pengunjung yang menginap dapat menyaksikan berbagai keindahan alam, mulai dari tumbuhan dan hewan dari dekat. 

Taman Nasional Baluran dihuni oleh berbagai hewan langka, seperti halnya macan tutul, banteng, kerbau liar yang besar, rusa, kancil, kijang, kucing bakau, dan berbagai macam jenis burung seperti elang. Disini juga, terdapat berbagai macam tumbuhan serta pohon-pohonan langka dan unik, yang ikut menambah perbendaharaan kekayaan di Taman Nasional Baluran.

Itulah ulasan mengenai Taman Nasional Baluran si ‘Afrika di Pulau Jawa’, sahabat sekalian. Mengunjungi Taman Nasional Baluran, pastinya akan menjadi sebuah pengalaman yang sangat seru dan tak terlupakan, dimana kita seakan bisa menikmati bagaimana suasana berlibur di Benua Afrika, namun dengan biaya yang tidak akan terlalau menguras isi dompet tentunya. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.


Dilansir Dari :

www.merdeka.com/ireporters/gaya/taman-nasional-baluran-nuansa-afrika-di-pulau-jawa.html
loading...

Subscribe to receive free email updates: