Ini Dia Enam Jenis Tumbuhan Karnivora Paling Ganas Di Dunia




Sahabat Saya Sekalian | Sebagaimana yang kita ketahui bersama, bahwa di dunia ini Tuhan telah menciptakan hewan dengan jenis dan kelompoknya, yang diantaranya ialah Karnivora, Herbivora, dan Omnivora. Sedangkan untuk tumbuhan sendiri, pada umumnya mereka tidak dapat kita kategorikan atau golongkan, dalam Karnivora, Herbivora, maupun Omnivora. 

Pasalnya, makanan bagi tumbuhan pada umumnya adalah Sinar Matahari, Air, dan juga Karbondioksida. Namun meskipun begitu, ternyata ada juga jenis atau spesies tumbuhan di dunia ini, yang dapat memangsa makhluk hidup lainnya. Oleh sebab itu pulalah, tanaman-tanaman yang akan kita bahas di sini, disebut juga sebagai tumbuhan atau tanaman Karnivora.

Kemudian timbul sebuah pertanyaan, memangnya jenis tanaman apa sajakah, yang tergolong sebagai tanaman atau tumbuhan Karnivora itu?. Nah berdasarkan hal tersebut, pada kesempatan kali ini kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai beberapa jenis tumbuhan Karnivora paling ganas di seluruh dunia.

Tanpa membuang waktu lebih lama lagi, karena sepertinya kamu juga sudah tidak sabar untuk mengetahui, mengenai tumbuhan-tumbuhan apa sajakah, yang termasuk dalam jenis tumbuhan Karnivora terganas tersebut?. Berikut ini ulasannya :

- The Venus Fly Trap (Dionaea muscicapula)

Ini Dia Enam Jenis Tumbuhan Karnivora Paling Ganas Di Dunia

Venus Fly Trap (penangkap lalat Venus) atau Dionaea muscipula, merupakan jenis tanaman karnivora asli untuk lahan basah subtropis, dari Pantai Timur Amerika Serikat. Tanaman ini menangkap serangga dan arakhnida, yang merupakan mangsa utamanya dengan struktur perangkap, yang dibentuk oleh bagian terminal dari masing-masing daun tanamannya. 

Serangannya dipicu oleh rambut-rambut kecil, yang ada pada permukaan batin mereka. Ketika serangga atau laba-laba merayap di atas daunnya, dan terjadi kontak dengan rambut-rambut kecil mereka, maka perangkap akan langsung menutup dengan sendirinya, dalam waktu dua puluh detik dari kontak pertama kali.

-.Waterwheel Plant (Aldrovanda)

Ini Dia Enam Jenis Tumbuhan Karnivora Paling Ganas Di Dunia

Aldrovanda adalah genus dari tanaman Karnivora, yang hanya menyisakan satu spesies saja, sedangkan spesies lain dari genus ini telah punah. Satu-satunya spesies dari genus ini, ditemukan di Eropa, Asia, Afrika dan Australia, dimana mereka tinggal di dalam air. Perangkap diatur di sekitar pertengahan batang yang mengambang bebas. Perangkap terdiri dari dua lobus yang flip bersama untuk membentuk sebuah snap-trap seperti buku yang terbuka.

- Tanaman Cobra atau California Pitcher Plant (Darlingtonia)

Ini Dia Enam Jenis Tumbuhan Karnivora Paling Ganas Di Dunia

California Pitcher Plant atau Cobra Lily, merupakan satu-satunya spesies tanaman Karnivora,  dari genus Darlingtonia dalam keluarga Sarraceniaceae. Ini adalah tumbuhan asli dari California Utara dan Oregon. Tumbuhan ini tinggal di rawa dan di air yang mengalir. Nama 'Cobra Lily' berasal dari bentuknya yang menyerupai ular Kobra, lengkap dengan daun yang menyerupai taring atau lidah ular.

- Portuguese Sundew (Drosophyllaceae lusitanicum)

Ini Dia Enam Jenis Tumbuhan Karnivora Paling Ganas Di Dunia

Drosophyllaceae merupakan salah satu suku anggota tumbuhan berbunga. Ini adalah tanaman asli dari Portugal, Spanyol, dan Maroko, dan merupakan salah satu dari beberapa tanaman karnivora, yang tumbuh di tempat kering, dan tanah alkalin. Tanaman ini memiliki aroma khas, yang menarik mangsa untuk hinggap. Serangga yang hinggap, akan tertangkap oleh lendir yang dikeluarkan oleh kelenjar-kelenjar, yang terdapat pada daun.

- North American Pitcher Plant (Sarracenia)

Ini Dia Enam Jenis Tumbuhan Karnivora Paling Ganas Di Dunia

Sarracenia adalah genus yang terdiri dari 8 sampai 11 spesies, dan berasal dari Amerika Utara. Sarracenia adalah genus tanaman Karnivora asli dari di pesisir timur, Texas, wilayah Great Lakes, dan Kanada bagian Tenggara. Daun tanaman ini telah berevolusi, menjadi berbentuk sebuah corong, sebagai sebuah perangkap bagi serangga. Mereka mencerna mangsanya dengan protease dan enzim lainnya. Serangga tertarik oleh kombinasi warna dan aroma yang dihasilkannya.

- Pitcher Plants (Nepenthes)

Ini Dia Enam Jenis Tumbuhan Karnivora Paling Ganas Di Dunia

Pitcher Plants merupakan jenis tanaman Karnivora, yang menggunakan daunnya sebagai perangkap. Tumbuhan Karnivora satu ini, digadang-gadang sebagai tumbuhan Karnivora, denagn perangkap yang paling spektakuler. Bahkan di antara tumbuhan Karnivora yang paling ganas. Tanaman ini tumbuh dari Madagaskar dan Asia tenggara ke timur laut Australia.

Baca Juga : Berikut Lima Jenis Semut Paling Berbahaya Di Seluruh Dunia

Itulah ulasan mengenai enam tumbuhan Karnivora paling ganas di seluruh dunia, sahabat sekalian. Selain keunikan dari sifatnya yang merupakan tumbuhan Karnivora, tumbuhan-tumbuhan tersebut juga memiliki bentuk yang unik, sehingga beberapa dari mereka layak untuk dipelihara. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.
loading...

Subscribe to receive free email updates: