Empat Kapal Yang Membawa Paling Banyak Harta Ikut Karam Bersamanya




Lorongperihal.id | Sudah sejak zaman dahulu, sebelum perkembangan teknologi di bidang transportasi mengalami perkembangan yang pesat, kebanyakan orang menggunakan kapal sebagai alat transportasi di lautan. Dengan menggunakan kapal, orang-orang dapat pergi dari satu tempat ke tempat lainnya, bahkan yang berada di sebrang lautan sekalipun. 

Selain itu, kapal juga sering digunakan sebagai alat untuk mengangkut barang dagangan, yang akan dikirim ke berbagai wilayah untuk di jual. Namun, yang namanya lautan tak selamanya aman, untuk di lalui kapal besar sekalipun. Contohnya saja, seperti halnya kejadian yang menimpa kapal bernama Titanic, yang digadang-gadang oleh perancangnya tidak bisa tenggelam.

Dari banyaknya kapal yang melintas di lautan, selain kapal Titanic tak sedikit pula kapal yang tenggelam karena berbagai faktor, seperti halnya karena diterjang badai topan, hingga dihantam obak besar yang hingga kini masih sulit diatasi. Beberapa kapal yang mengangguk barang berharga pada akhirnya karam dan tenggelam ke dasar lautan.

Namun untuk saat ini, kapal yang karam dan menjadi bankai di dasar lautan, tak jarang justru menjadi berkah, bagi orang-orang yang suka berburu harta karun. Barang-barang yang telah ratusan tahun tenggelam di lautan, ternyata memiliki nilai jual yang sangat tinggi, dan dapat membuat seseorang menjadi kaya raya. Untuk itu banyak pihak yang saling berlomba untuk mendapatkan harta karun yang tenggelam tersebut.

Dari sekian banyak cerita tentang kapal-kapal tenggelam yang membawa harta karun, ternyata ada beberapa diantaranya yang dikatakan, sebagai kapal karam yang membawa harta karun terbanyak di dunia. Dan berdasarkan hal tersebut, pada kesempatan kali ini kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai beberapa kapal karam yang mengangkut harta terbanyak di dunia. Berikut ini ulasannya :

Baca Juga : Inilah Enam Benda Menakjubkan Yang Ditemukan Di Dasar Laut

- Kapal Flor de la Mar

Empat Kapal Yang Membawa Paling Banyak Harta Ikut Karam Bersamanya

Indonesia dikenal sebagai negara kelautan, yang dikelilingi belasan ribu kepulauan. Sejak dulu, kawasan Indonesia memiliki peran penting, dalam perdagangan dunia. Banyak kapal karam yang menjadi incaran para pemburu harta karun dari seluruh dunia. Salah satu kapal yang menjadi incaran, ialah Kapal Flor de la Mar.

Kapal milik Portugis itu dikabarkan karam di wilayah Selat Malaka. Bila kapal tersebut sampai ditemukan, rencananya produser film Titanic ingin menggarap cerita, di balik karamnya kapal tersebut. Dilansir dari astroawani.com, kapal Flor de la Mar mempunyai arti Si Kuntum Laut. 

Kapal yang berbobot 400 ton tersebut, berisi harta rampasan tentara Portugis, yang diketuai Alfonso De Albuquerque dari bumi Melaka. Kapal yang sempat berlayar selama 9 tahun di Lautan India ini, dilaporkan karam pada November 1511 bersama harta rampasan dari Melaka.

- Kapal S.S Central America

Empat Kapal Yang Membawa Paling Banyak Harta Ikut Karam Bersamanya

Pada September 1857 terjadi sebauh badai ganas, yang menghempaskan Kapal S.S Central America, hingga tenggelam bersama 15 ton emas di dalamnya. Insiden ini turut memberi kontribusi terhadap krisis ekonomi yang terkenal dengan nama 'Panic 1857'. 30 tahun setelah peristiwa tersebut, akhirnya kapal emas ini berhasil ditemukan. 

Namun bersama dengan itu, 30 perusahaan asuransi berbondong mengklaim andil dalam segala hal, yang berbau materi dari penemuan tersebut. Pasalnya nilai harta kekayaan kapal ini mencapai USD 100-150 juta, atau mencapai Rp 1,5 trilun hingga Rp 2,3 triliun. Perdebatan hebat terkait klaim resmi kepemilikan, akhirnya dimenangkan oleh tim penemu kapal. 92 Persen dari total jumlah emas yang ditemukan jatuh ke tangan mereka.

- Kapal S.S Gairsoppa

Empat Kapal Yang Membawa Paling Banyak Harta Ikut Karam Bersamanya

Akibat dihantam terpedo yang dilancarkan kapal Jerman U-boat, akhirnya Kapal S.S Gairsoppa karam pada tahun 1941. Kapal kargo yang mengangkut banyak perbekalan ini, ternyata membawa tidak kurang tujuh juta ons perak. Karena itulah kapal itu dijuluki sebagai kapal kargo metal terbesar yang pernah ditemukan di laut.

Pada 2012 tim eksplorasi laut The Odyssey Marine, diketahui memenangkan kontrak atas bangkai kapal ini. Dalam kontraknya tim ini berhak menerima 80 persen, dari seluruh harta kapal yang ditaksir mencapai USD 200 juta, atau setara dengan Rp 3 Triliun. Lebih jauh, sisa 20 persen akan diserahkan kepada Departemen Transportasi Pemerintah Inggris.

- Kapal Nuestra Senora de Atocha

Empat Kapal Yang Membawa Paling Banyak Harta Ikut Karam Bersamanya

Sebuah kapal kargo bernama Nuestra Senora de Atocha, yang karam di Florida Keys pada tahun 1622, disinyalir membawa harta senilai USD 450 juta atau setara dengan Rp Rp 6,5 Triliun. Kapal yang karam di tahun 1622 ini, berisi banyak benda berharga seperti emas, perak, permata, dan harta lainnya. Orang-orang Spanyol yang dikenal sebagai pelaut, mencoba menemukan harta tenggelam tersebut, namun ganasnya lautan membuat mereka gagal dalam misinya.

Meski begitu, seorang bernama Mel Fisher mengambil langkah berani. Dengan pendekatan hampir 17 tahun, akhirnya kapal tersebut dapat ditemukan pada Juli 1985, dan mendapatkan seluruh harta Atocha dengan segala keberuntungannya. Diketahui, hingga saat ini kapal tersebut masih kerap dikunjungi, untuk terus dieksplorasi dan coba dievakuasi.

Baca Juga : Inilah Enam Kapal Karam Paling Menakjubkan Di Seluruh Dunia

Itulah ulasan mengenai empat kapal karam yang membawa banyak harta, sahabat sekalian. Kapal-kapal tersebut hanya sebagian kecil, dari banyaknya bangkai kapal yang ada di dasar lautan. Bahkan tidak menutup kemungkinan, bahwasannya ada kapal yang membawa harta jauh lebih besar, dibandingkan kapal yang telah kita bahas namun belum ditemukan hingga kini. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.


Dilansir Dari :

loading...

Subscribe to receive free email updates: