Sepuluh Jenis Fobia Paling Unik Yang Berkaitan Dengan Makanan




Lorongperihal.id | Takut terhadap ketinggian dan ruangan sempit, merupakan beberapa jenis Phobia atau Fobia, yang sudah sangat umum kita dengar. namun jangan salah, selain Fobia-Fobia tersebut ternyata masih ada begitu banyak jenis Fobia, yang keberadaannya jarang sekali diketahui orang-orang.

Bahkan, ada beberapa jenis Fobia yang berkaitan dengan makanan, dan mungkin belum pernah kita bayangkan sebelumnya. Sebut saja Consecotaleophobia, yang merupakan rasa takut ketika harus makan menggunakan sumpit, atau Deipnophobia yang merupakan rasa takut pada perbincangan saat sedang melaksanakan makan malam.

Contoh-contoh tersebut belumlah seberapa. Karena masih ada jenis Fobia yang berkaitan dengan makanan, dan jauh lebih parah dari yang telah kita sebutkan di atas. Kemudian timbul sebuah pertanyaan, memangnya Fobia-Fobia berkaitan makanan apa sajakah, selain yang telah kita sebutkan di atas, dan bahkan lebih parah dari itu?.

Nah berdasarkan hal tersebut, pada kesempatan kali ini kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai beberapa jenis Fobia unik sekaligus aneh yang berkaitan dengan makanan. Tanpa membuang waktu lebih lama lagi. Berikut ini ulasannya : 

Sepuluh Jenis Fobia Paling Unik Yang Berkaitan Dengan Makanan

Baca Juga : Inilah Enam Jenis Fobia Yang Terbilang Cukup Lucu

- Lachanophobia (Takut Sayuran)

Lachanophobia adalah rasa ketakutan yang dialami seseorang ketika melihat sayuran. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa alasan​.​ ​Seperti halnya, pengalaman ​waktu kecil dipaksa memakan sayuran, dan jika tidak makan akan dihukum.​ ​Ini menjadi salah satu alasan Fobia pada sayuran, bahkan mereka akan menghindari makanan, yang berbahan dasar sayuran. 

Fobia ini memiliki gejala berupa sesak napas, tremor, menangis, berteriak, pingsan, peningkatan denyut jantung, suhu tubuh meningkat, dan kehilangan kontrol saat penderitanya harus berada di sekitar sayuran.​ ​Untuk mengatasi Fobia jenis in​i, ​dibutuhkan terapi khusus untuk mengatasi rasa takut.

- Xocolatophobia (Takut Terhadap Cokelat)

Ini adalah rasa takut terhadap cokelat, yang meski terdengar sangat mustahil diderita, namun tercatat beberapa orang benar-benar menderita Fobia ini.

- Ichthyophobia (Takut Ikan)

Beberapa orang Fobia terhadap ikan, dalam kondisi hidup, mati, yang ada di​ ​laut, maupun yang sudah siap disantap. Fobia ini muncul, mungkin dapat disebabkan bau dan tekstur ikan, yang menakutkan atau menjijikan. Ata​u bisa juga​ disebabkan karena keyakinan yang kuat, bahwa ikan merupakan sumber dari penyakit.

- Mycophobia (Takut Jamur)

Jamur sering dijadikan bahan ​masakan,​ dan menjadi hidangan favorit b​anyak ​orang. Tapi tidak semua orang suka dengan jamur​. A​da beberapa orang yang takut atau Fobia terhadap jamur, yang disebut Mycophobia. Penyebab Fobia ini bisa karena efek halusinasi, ataupun faktor keturunan yang memiliki rasa takut juga terhadap jamur. Diperlukan ​​k​onsultasi dengan terapis untuk membantu rasa ketakutan dan kecemasan berkurang.

- Acerophobia (Takut Makan Makanan Asam)

Acerophobia ialah ketakutan pada makanan bercita rasa asam, sehingga akan membuat penderitanya menjauhi makanan, seperti buah lemon dan acar.

- Methyphobia (Takut Alkohol)

Alkohol merupakan zat yang sering disalahgunakan.​ ​Methyphobic terjadi karena pengalaman traumatis akibat alkohol, hingga agama yang melarang meminum alkohol.​ ​Gejala Fobia ini bervariasi, beberapa orang jika melihat alkohol akan mulai berkeringat,​ ​tidak nyaman,​ ​mual,​ ​cemas, dan panik.

- Consecotaleophobia (Takut Sumpit)

Consecotaleophobia merupakan Fobia yang unik, karena orang akan takut ketika melihat sumpit. Alasan umum Fobia terhadap sumpit, adalah karena kesulitan menggunakannya. Beberapa orang mungkin memiliki pengalaman buruk, ketika makan menggunakan sumpit, sehingga tidak bisa menikmati makanan mereka. Orang dengan Fobia ini akan menghindari makanan C​h​ina, Jepang, Korea, atau restoran Asia lainnya yang menggunakan sumpit. 

- Alliumphobia (Takut Makan Bawang Putih)

Orang yang menderita Fobia satu ini, sangat takut terhadap bawang putih. Mereka juga, tidak akan mengonsumsi makanan apapun, yang dicampur dengan bawang putih.

- Deipnophobia (Takut Makan Dengan Orang Lain)

Mereka yang​ menderita​ Deipnophobic, akan lebih memilih untuk makan sendiri karena mereka takut, jika makan bersam-sama akan terjadi perbincangan. Hal ini bisa terjadi, dikarenakan mereka tidak suka ketika makan ada orang yang berbicara, atau orang lainn melihat cara makan mereka sehingga mereka menghindarinya.

- Cibophobia (Takut Makanan)

Cibophobia adalah orang yang takut dengan jenis makanan tertentu. Hal ini disebabkan karena traumat​ik​ yang dialami​. S​eperti keracunan,​ ​alergi makanan, atau menemukan makanan yang menjijikan. Biasanya penderita Fobia ini lebih teliti dan memilih-milih makanan. 

Selain itu mereka yang memiliki Cibophobia, akan berprilaku berlebihan terhadap makanan​. Misalnya,​ mengendus makanan secara berlebihan,​ ​membuang makanan yang masih baik untuk dikonsumsi, karena rasa khawatir yang berlebihan.

Baca Juga : Berikut Tujuh Fobia Paling Unik Di Dunia Yang Jarang Diketahui

Itulah ulasan mengenai sepuluh jenis Fobia yang berkaitan dengan makanan, sahabat sekalian. Cukup aneh memang mendengarnya, atau bahkan kamu tidak percaya ada orang yang menderita Fobia itu. Namun, pada kenyataannya memang benar adanya, orang yang menderita Fobia-Fobia itu. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.
loading...

Subscribe to receive free email updates: