Hati-Hati!!, Mainan Berikut Dapat Menyebabkan Kebutaan Pada Anak




Lorongperihal.id | Dunia anak-anak tidak terlepas dari beragam jenis permainan atau mainan, dan dengan perkembangan zaman yang semakin maju, mainan anak-anak pun kini sudah menjadi salah satu komoditi, yang cukup menguntungkan karena jangkauannya yang sangat luas. Bahkan, kini dapat kita jumpai dengan mudah, toko-toko yang khusus menjual mainan-maianan anak.

Hati-Hati!!, Mainan Berikut Dapat Menyebabkan Kebutaan Pada AnakSalah satu jenis mainan, yang cukup disenangi oleh anak-anak, ialah mainan senter laser. Sinarnya yang sangat unik, menjadi daya tarik utama yang menarik perhatian anak-anak, sehingga membuatnya cukup laris di pasaran. Akan tetapi, tak banyak orang terlebih orang tua yang mengetahui, bahwa senter laser ini menyimpan bahaya yang dapat mengancam.

Pada kenyataannya, senter laser bukanlah sebuah mainan, terlebih untuk dimainkan oleh anak-anak. Hal tersebut dikarenakan, banyak sekali risiko berbahaya yang dapat mengancam keselamatan anak-anak kita, saat mereka memainkan senter laser ini. Salah satu risiko yang bisa muncul ialah 'kebutaan'.

Hati-Hati!!, Mainan Berikut Dapat Menyebabkan Kebutaan Pada Anak

Beberapa waktu yang lalu, tersiar kabar yang dilansir dari Wittyfeed tentang sebuah kasus kebutaan, yang terjadi akibat mainan senter laser ini. Seorang anak (yang tidak disebutkan identitasnya), telah kehilangan hingga 75% penglihatannya, setelah matanya terkena sorotan sinar laser. Diketahui, orang tua anak tersebut tidak tahu-menahu, tentang bahaya dari mainan yang mereka belikan itu.

Dari hasil penyelidikan, mainan laser yang digunakan memiliki daya yang cukup tinggi, sehingga berpotensi menyebabkan cedera pada makula retina mata. Sinar laser dari sumber apapun dengan daya melebihi lima miliwat, sudah sangat berbahaya bila sampai mengenai mata kita secara langsung, baik itu laser biru, merah, ataupun hijau.

Hati-Hati!!, Mainan Berikut Dapat Menyebabkan Kebutaan Pada Anak

Selain dapat merusak mata, paparan laser juga bisa merusak kulit, bahkan dapat membingungkan konsentrasi. Sebuah percobaan menunjukan, bahwa sinar laser mampu menyalakan korek api, jika sinarnya diarahkan dalam waktu yang cukup lama, pada ujung korek api tersebut. Dan dari ketiga laser, laser hijau memiliki efek yang paling berbahaya bagi retina, bila dibandingkan dengan laser merah atau biru.

Oleh sebab itu, bagi para orang tua sangat perlu untuk memperhatikan faktor keamanan, dari mainan yang dibelikan untuk anak-anak mereka. Ingat, bahwa sinar laser bukanlah mainan yang bisa dengan bebas dimainkan oleh anak-anak, oleh karenanya alangkah lebih baiknya untuk menghindarkan anak kita dari mainan ini, meskipun mereka sangat menyukainya.

Itulah ulasan mengenai mainan anak yang berbahaya untuk mata, sehingga harus berhati-hati dalam membelikan mainan, sahabat sekalian. Mengingat bahayanya yang tak main-main, sebaiknya para orang tua lebih berhati-hati, dalam membelikan mainan untuk anaknya. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.

Dilansir Dari :

loading...

Subscribe to receive free email updates: