Tips Dan Trick Memasang Lukisan Di Dinding Yang Baik Dan Benar




Lorongperihal.id | Siapa sih yang tidak tahu lukisan?, semua orang pastinya tahu apa itu lukisan. Yup, Lukisan adalah karya seni yang proses pembuatannya dilakukan dengan memulaskan cat dengan alat kuas lukis, pisau palet atau peralatan lain, yaitu memulaskan berbagai warna dan nuansa gradasi warna, dengan kedalaman warna tertentu juga komposisi warna tertentu dari bahan warna pigmen warna dalam pelarut (atau medium) dan gen pengikat (lem) untuk pengencer air, gen pegikat berupa minyak linen untuk cat minyak dengan pengencer terpenthin, pada permukaan (penyangga) seperti kertas, kanvas, atau dinding.

Lukisan sering digunakan untuk mempercantik tampilan ruang dalam rumah. Sayangnya, tidak semua orang tahu cara menata lukisan, yang baik dan benar. Kebanyakan orang hanya sembarang memajang lukisan. Padahal ada beberapa hal penting, yang harus dipertimbangkan sebelum menata lukisan. Dengan begitu, tak hanya bernilai estetis, tapi juga bisa dinikmati penghuni dan tamu. 

Bagi kamu yang ingin memajang lukisan di rumahmu, sebaiknya kamu memperhatikan beberapa tips, yang akan kita bahas dalam ulasan kali ini. Nah berdasarkan hal tersebut, pada kesempatan kali ini kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai beberapa tips dalam menata lukisan di dinding rumahmu.

Tanpa membuang waktu lebih lama lagi, karena sepertinya kamu juga sudah tidak sabar untuk mengetahui, mengenai tips-tips apa sajakah yang perlu kita perhatikan, sebelum memajang lukisan di dinding rumah kita?. Berikut ini ulasannya :

Tips Dan Trick Memasang Lukisan Di Dinding Yang Baik Dan Benar

Baca Juga : Berikut Lima Fakta Menarik Seputar Lukisan Mona Lisa Yang Jarang Diketahui

- Ukur Terlebih Dahulu

Ukurlah bidang dinding yang akan dipajang lukisan. Pastikan dinding tidak lebih kecil dari lukisan atau sebaliknya, sehingga tidak terkesan memaksa ruang. Tandai dengan kapur tulis pada dinding sebelum dibor, setelah itu barulah lukisan-lukisan itu, kamu gantung di dinding.

- Buat Sketsa Penataan

Jika kamu berencana, untuk menempatkan lebih dari satu lukisan pada dinding ruangan, kamu harus memperhatikan jarak penempatan setiap gambar. Karena itu, sebaiknya buatlah sketsa penempatan lukisan terlebih dahulu. Tujuannya untuk mempermudah proses pengerjaan, sehingga bagian-bagian yang perlu dibor untuk pengait, sudah diketahui pasti letaknya.

- Dahulukan Lukisan Besar

Lukisan berukuran besar sebaiknya ditampilkan sendiri tanpa terlihat terlalu dominan. Kamu bisa meletakkannya di titik inti ruangan, sehingga menjadi fokus mata tamu saat masuk ke rumahmu, misalnya pada atas sofa ruang tengah, atau di dinding kosong ruang makan. Setelah lukisan besar terpajang, kamu bisa menata lukisan lainnya, yang ukurannya lebih kecil. 

Lukisan berkuruan lebih kecil cenderung lebih bermakna ketika dipasang bersama-sama. Berikan jarak antarlukisan sekitar 2 inci. Tempatkan lukisan-lukisan kecil secara acak, namun tetap berkelompok seperti halnya sesuai warna atau tema, sehingga memberi kesan modern dan lukisan menjadi kesatuan cerita.

Atur lukisan secara secara proporsional, sehingga tak membosankan untuk dipandanga mata baik oleh penghuni rumah ataupun oleh para tamu, dan menunjukkan kepribadianmu yang dinamis dan berjiwa seni.

- Pilih Bingkai Yang Sesuai.

Sesuaikan bingkai lukisan dengan konsep ruangan secara keseluruhan. Jika kamu kebingungan dalam memilih bingkai, gunakanlah bingkai berwarna putih atau hitam, yang dapat diterapkan pada semua warna dan tema dinding.

- Hindari Kesalahan Umum

Kesalahan umum yang kerap terjadi dan dimaksud di sini, ialah kesalahan pada bingkai lukisan atau foto yang digantung terlalu tinggi, sehingga membuat orang harus mendongakkan leher secara penuh ketika melihatnya.

Baca Juga : Berikut Enam Lukisan Unik Di Dunia Yang Terjual Dengan Harga Sangat Mahal

Itulah ulasan mengenai beberapa tips untuk menerapkan lukisan di dinding rumahmu, sahabat sekalian. Bagi kamu yang memang menggemari lukisan, pastinya tidak ingin lukisan yang kamu cintai terlihat jelek saat dipajang di dinding, maka perencanaan yang matang sejak awal sangatlah diperlukan. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.


Dilansir Dari :


loading...

Subscribe to receive free email updates: