Sembilan Tips Agar Tidak Kedinginan Saat Mandi Menggunakan Air Dingin




Lorongperihal.id | Mandi pagi menggunakan air dingin, memang sangat menyegarkan dan bagus untuk kesehatan tubuh, sehingga kita selalu semangat dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Namun, meski memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita, tetapi tak bisa dipungkiri bahwa masih ada sebagian orang, yang malas untuk mandi di pagi hari karena dingin. 

Terlebih lagi ketika cuaca sedang memasuki musim penghujan, maka rasa malas untuk mandi di pagi hari pun, akan semakin menjadi-jadi karena airnya akan terasa sangat dingin. Nah, bagi kamu yang malas mandi di pagi hari karena alasan takut dingin, maka kamu bisa mencoba beberapa tisp yang akan kita bahas di bawah ini

Dan berdasarkan hal tersebut, pada kesempatan kali ini kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai beberapa tips agar tak kedinginan saat mandi menggunakan air dingin. Penasaran, apa saja tips yang ditawarkan untuk mencegah rasa dingin tatkala mandi di pagi hari pakai air dingin?. Berikut ini ulasannya :

Sembilan Tips Agar Tidak Kedinginan Saat Mandi Menggunakan Air Dingin

Baca Juga : Inilah Enam Perbedaan Manfaat Mandi Air Dingin Dan Air Panas

- Bangun Lebih Awal

Hal pertama yang harus kamu lakukan, untuk mengurangi rasa dingin ketika mandi pada pagi hari dengan air dingin, ialah bangun lebih awal. Ya, jika kamu biasa mandi pada jam 6-7 pagi maka bangunlah setengah jam lebih awal, agar ada jeda waktu untuk tubuh beradaptasi dengan hawa dingin di pagi hari. Bayangkan saja, bagaimana rasanya jika pada saat kita baru bangun tidur, tubuh kita langsung diguyur dengan air dingin. Pasti tidak enak bukan?.

- Minum Air Kaya Mineral

Ketika kita bangun tidur di pagi hari, maka biasakan untuk mengkonsumsi air putih terlebih dahulu, karena hal ini sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Selain itu, mengkonsumsi air kaya mineral di pagi hari bisa membantu tubuh kita, untuk melawan rasa dingin ketika mandi menggunakan air dingin. Mengonsumsi air putih saat bangun tidur, bisa memperlancar peredaran darah dan membuat sistem di dalam tubuh bekerja cepat, untuk menaikan suhu sehingga suhu tubuh akan stabil.

- Makan Atau Sarapan Pagi

Jika kamu tidak ingin kedinginan mandi di pagi hari, maka bisa mencoba tips satu ini, yakni makan sarapan sebelum mandi. Hal ini sama seperti yang telah kita bahas tadi, bisa menaikan suhu di dalam tubuh kita, apalagi mengonsumsi makanan atau minuman yang hangat-hangat.

- Olahraga Ringan

Olahraga bagus untuk kesehatan, sehingga sangat dianjurkan untuk berolahraga setiap hari, walaupun hanya 15 menit. Selain menyehatkan, ternyata olahraga di pagi hari mampu menghilangkan rasa dingin, ketika kita mandi dengan air dingin karena suhu tubuh telah meningkat.

- Main Game

Main game sebelum mandi di pagi hari, merupakan tips ampuh untuk mengurangi rasa dingin, ketika mandi menggunakan air dingin. Kok bisa yah? coba sendiri deh, karena ternyata main game di pagi hari, bisa meningkatkan suhu tubuh kita. Sebuah riset yang dilakukan mahasiswa di Amerika, menyatakan bahwa 80% orang yang bermain game di pagi buta dapat mencerdaskan otak sebesar 20%, dan menstabilkan suhu tubuh lebih cepat sebanyak 60% daripada orang yang nonton tv atau tiduran.

- Mandi Pakai Air Hangat

Nah kalau cara yang satu ini mungkin sebagian orang telah banyak melakukannya, dan sangat ampuh untuk melawan rasa dingin ketika mandi di pagi hari. Namun mandi menggunakan air hangat, akan membuat tubuh menjadi panas, sehingga mudah berkeringat.

- Tidur Malam Tanpa Selimut

Walaupun terdengar sedikit aneh, tetapi cara ini dipercaya oleh sebagian orang, bisa mengurangi rasa dingin ketika mandi di pagi hari. Tidur tanpa menggunakan selimut akan mengakibatkan suhu tubuh ikut menurun, menyesuaikan dengan suhu lingkungan yang rendah, sehingga ketika kita mandi pagi kita tidak akan merasa kedinginan. Hal ini dikarenakan suhu air yang kita gunakan untuk mandi juga rendah, sehingga kita tidak merasakan perbedaan suhu dengan udara saat kita tidur, yang mengakibatkan kita tidak kedinginan.

- Mandi Dari Bawah Ke Atas

Jika biasanya kita mandi mengguyur dari atas ke bawah, tetapi kali ini sebaliknya kita mandi dari bawah ke atas, yaitu 'Siramlah tubuhmu dengan air mulai dari bagian yang bawah dulu, yakni kaki, kemudian paha, lalu naik ke perut, setelah dari perut, siram lagi sampai ke leher. Dari leher kemudian kedua lengan dan tangan. Setelah itu muka, kemudian yang terakhir kepala'.

- Teriak Sekencang-Kencangnya

Tips ini cukup ampuh ternyata, tetapi tidak pantas untuk diikuti, karena bisa-bisa mengganggu tetangga sekitar. Malu juga nantinya sama tetangga, masa iya hanya karena mandi di pagi hari menggunakan air dingin, sampai harus teriak-teriak.

Baca Juga : Enam Manfaat Luar Biasa Mandi Malam Untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui

Itulah ulasan mengenai sembilan tips agar tidak kedinginan, saat mandi menggunakan air dingin di pagi hari, sahabat sekalian. Sebenarnya tanpa tips-tips tersebut juga, kita masih bisa mandi menggunakan air dingin di pagi hari. Hanya saja, sebagian orang sangat malas dan takut untuk itu, sehingga orang-orang seperti itu layak mencoba, tips-tips yang kita jelaskan tadi. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.

Dilansir Dari :

loading...

Subscribe to receive free email updates: