Dua Belas Fakta Menarik Seputar Carles Puigdemont Tokoh Kunci Referendum Catalonia




Lorongperihal.id | Catalonia dahulunya merupakan sebuah wilayah independen, yang berada di Semenanjung Iberia dan termasuk kawasan Spanyol serta Portugal, namun memiliki bahasa, hukum, dan tradisinya sendiri. Pada Ahad 1 Oktober 2017 kemarin, Pemerintah Catalonia telah menyatakan referendum, yang menunjukkan bahwa 90 persen pemilih ingin merdeka dari Spanyol.

Catalonia Berdasarkan Sejarahnya :

Pernikahan Ratu Petronilia dengan bangsawan Barcelona Ramon Berenguer IV pada tahun 1150, membuat pasangan itu membangun Dinasti dan mewariskan wilayah kekuasaan mereka, yang berada di Aragon dan Catalonia kepada putra mereka.  Pada Perang Saudara di masa kepemimpinan Raja Philip V, Valencia akhirnya takluk pada tahun 1707, lalu Catalonia pun tunduk pada tahun 1714. Peristiwa itu menandai era modern Spanyol.

Raja yang berkuasa ingin menerapkan bahasa dan hukum Spanyol di kawasan itu, namun akhirnya mereka menyerah dan mengembalikan Generalitat atau pemerintahan otonomi Catalan. Jenderal Fransico Franco, kemudian mengalahkan pemberontakan kaum separatis pada Perang Ebro di tahun 1938, dan kemudian menguasai wilayah tersebut.

Pada peristiwa itu, sedikitnya 3.500 orang tewas dan ribuan lainnya, terpaksa mengungsi ke pengasingan. Catalonia lalu kembali mendapatkan hak otonomi pada tahun 1977, ketika Spanyol mulai menjalankan demokrasi sepeninggal Franco yang meninggal pada tahun 1975. Dan kini, Catalonia berusaha untuk memisahkan diri dari Spanyol, dengan ditandai oleh referendum Catalonia.

Dan di balik referendum Catalonia, ada nama Carles Puigdemont yang menjadi tokoh kunci, usaha kemerdekaan Catalonia dari Spanyol. Puigdemont lahir pada tahun 1962. Nama Carles sendiri diambil dari nama kakeknya, Carles Casamajo yang melarikan diri ke Perancis pada akhir Perang Saudara Spanyol, dan tinggal di berbagai kamp pengungsian sebelum menghilang pada tahun 1943.

Carles Puigdemont sendiri berasal dari kota Amer, yang berada di perbukitan sebelah baran Girona, tempat industri tekstil yang juga merupakan industri dominan. Selain fakta-fakta tersebut, ada juga beberapa fakta lainnya seputar tokoh kunci referendum Catalonia 2017, yang menarik untuk kita ketahui bersama.

Nah berdasarkan hal tersebut, pada kesempatan kali ini kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai beberapa fakta menarik seputar Carles Puigdemont. Tanpa membuang waktu lebih lama lagi, karena sepertinya kamu juga sudah tidak sabar untuk mengetahui, mengenai fakta-fakta apa sajakah yang menyelimuti Carles Puigdemont?. Berikut ini ulasannya :

Dua Belas Fakta Menarik Seputar Carles Puigdemont Tokoh Kunci Referendum Catalonia

- Silsilah Carles Puigdemont

Seperti yang telah diungkapkan tadi, bahwa Carles Puigdemont lahir pada tahun 1962. Namanya sendiri, diambil dari nama kakeknya yakni Carles Casamajo yang melarikan diri ke Perancis pada saat akhir Perang Saudara Spanyol, dan tinggal di berbagai kamp pengungsian sebelum menghilang pada tahun 1943. Dan sejak saat itu, keluarganya pun tidak bisa menemukan jejaknya.

- Kota Asal Carles Puigdemont

Pria yang kini berusia 54 tahun tersebut, berasal dari kota Amer yang berada di perbukitan sebelah barat Girona, tempat industri tekstil yang merupakan industri yang sangat dominan.

- Awal Mula Kemunculan Carles Puigdemont

Nama Carles Puigdemont mulai muncul ke publik, saat  membantu mendirikan Joventut Nacionalista de Catalunya (JNC), yang merupakan sebuah organisasi sayap pemuda Partai Demokrat Eropa Catalan, di awal tahun 1980-an yang didirikan pertama kali di distrik Girona.

- Carles Puigdemont Pernah Alami Kecelakaan Serius

Nyawa Carles Puigdemont pernah hampir melayang, karena disebabkan kecelakaan serius yang dialaminya, saat ia berkendaraan dari Girona ke Amer. Puigdemont 'secara ajaib', dapat selamat dari kecelakaan mengerikan tersebut, meski mengalami cedera yang cukup serius. Bekas luka dari kecelakaan yang dialaminya, masih tampak membekas di tubuh Presiden Catalonia ini.

- Carles Puigdemont Pernah Menjadi Seorang Jurnalis

Carles Puigdemont mulai menulis laporan tentang sepak bola, untuk surat kabar Los Sitios pada usianya yang menginjak 14 tahun. Beberapa tahun kemudian, dia mendapat gelar sarjana di bidang Filologi, yang ia peroleh dari Girona University College. Karya jurnalistiknya pernah muncul di surat kabar El Punt Diari, atau yang kini berubah nama menjadi El Punt Avui.

- Carles Puigdemont Pernah Menjadi Pemimpin Redaksi El Punt

Warga asli Amer ini menjadi pemimpin redaksi El Punt. Selama berada di surat kabar tersebut, ia mengambil cuti untuk bepergian ke Eropa. Dan hasilnya, yang diterbitkan pada tahun 1994, adalah bukunya berjudul  'Cata ... Que?', yang mengambil kisah di balik Catalonia dalam membangun Olimpiade Barcelona.

- Carles Puigdemont Dapat Berbicara Dalam Beberapa Bahasa

Carles Puigdemont mampu berbicara dalam beberapa bahasa, yakni bahasa Inggris, Perancis, dan Rumania, selain bahasa aslinya yakni Catalan dan Spanyol. Dia belajar bahasa Rumania melalui istrinya, Marcela Topor, yang ditemui saat mengunjungi sebuah festival di Girona.

- Carles Puigdemont Merupakan Pendiri Beberapa Kantor Berita Di Catalonia

Carles Puigdemont merupakan salah satu pendiri koran berita berbahasa Inggris Catalonia Today, sekaligus pendiri dan mantan direktur Catalan News Agency, agen media yang dimiliki oleh pemerintah Catalan dengan cabang internasional di Berlin, Brussels, London, New York, dan Paris.

- Carles Puigdemont Merupakan Penggemar Tim Girona FC

Carles Puigdemont merupakan seorang pendukung tim lokal Girona FC, yang telah berhasil promosi ke La Liga untuk pertama kalinya dalam sejarah klub, pada musim panas 2017 ini. Dia secara sporadis dapat terlihat di kotak eksekutif klub selama hari pertandingan.

- Karir Carles Puigdemont Di Dunia Politik Sedikit Terlambat

Pada 2007 silam, Carles Puigdemont terpilih sebagai anggota oposisi di Girona City Hall, sebelum terpilih menjadi wali kota empat tahun kemudian, dan melanggar peraturan Sosialis. Saat menjabat sebagai wali kota, kritikus mengatakan bahwa dia sering menghilang dari Girona, dan lebih banyak menghabiskan sebagian besar waktunya di Barcelona.

Para pengagumnya memuji Carles Puigdemont, karena telah banyak membantu untuk meyakinkan Game of Thrones, agar mau melakukan syuting di Girona. Beliau juga mendanai pengarsipan kritikus seni Raael Santos, koleksi Torroella yang meliputi karya asli Joan Miro dan Pablo Picasso.

- Tahun 2016 Carles Puigdemont Diangkat Jadi Presiden Catalonia

Pada tahun 2016, Wali kota Girona tersebut memenangkan mosi kepercayaan di parlemen Catalonia, untuk diangkat menjadi seorang presiden. Dia bukan salah satu favorit, dan baru muncul untuk mengakhiri kebuntuan politik 3 bulan setelah berbagai partai anggota pro-kemerdekaan, berusaha untuk menyetujui beberapa kandidat untuk memimpin pemerintahan mereka.

- Pandangan Politis Terhadap Carles Puigdemont

Secara politis, Puigdemont dianggap sebagai seorang sentris dan seorang demokrat sosial, yang lebih banyak menarik perhatian orang-orang di kelompok sebelah kiri-pusat, daripada Presiden Catalan sebelumnya yakni Artur Mas.

Itulah ulasan mengenai dua belas fakta menarik seputar Carles Puigdemont, yang merupakan tokoh sentral referendum Catalonia pada Oktober 2017, sahabat sekalian. Namun meski begitu, Carles Puigdemont pastinya bukan satu-satunya orang yang menyebabkan tercetusnya referendum Catalonia, melainkan warga Catalan sendiri pasti memiliki andil yang sangat besar. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.


Dilansir Dari :

loading...

Subscribe to receive free email updates: