Lima Fakta Seputar UY Scuti, Bintang Raksasa Yang Bikin Matahari Bak Seekor Kutu




Lorongperihal.id | Memandang langit di malam hari dari perspektif mata kita, yang muncul pastinya hanyalah bintang-bintang kecil, yang berkelip-kelip di atas langit. Dari sini sungguh sangat kecil terlihat, bahkan seakan tak sampai sebesar kuku. Tapi, kita semua pastinya tahu jika bintang-bintang di langit, sebenarnya berukuran sangat besar. Hanya saja jarak yang membuatnya terlihat kecil.

Hal yang sama juga akan kamu alami, ketika mengarahkan mata ke Konstelasi Scutum, di atas sana. Ada satu bintang paling terang yang terlihat begitu kecil, namun sebenarnya bintang tersebut luar biasa sangat besar. Bintang tersebut bernama UY Scuti. Bintang satu ini terlihat kecil dari tempat kita berada, tapi sesungguhnya lebih besar daripada yang bisa kita bayangkan.

Perbandingan kasarnya ialah jika matahari kita diumpamakan sebesar kelereng, maka UY Scuti setidaknya sebesar Mall. Sungguh tak terbayangkan bukan besarnya. Maka dari itu dengan ukuran yang dimilikinya, UY Scuti sekarang ini dikatakan sebagai bintang paling besar, yang ada di alam semesta. Setidaknya sepanjang pengetahuan manusia hingga hari ini.

Sangat menarik untuk membahas bintang satu ini, karena rupanya UY Scuti belum banyak dikenal, da ada beberapa fakta menarik tentangnya yang pasti menarik untuk diketahui. Nah berdasarkan hal tersebut, pada kesempatan kali ini kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai beberapa fakta seputar UY Scuti yang menarik tuk diketahui. Tanpa membuang waktu lebih lama lagi. Berikut ini ulasannya :

Lima Fakta Seputar UY Scuti, Bintang Raksasa Yang Bikin Matahari Bak Seekor Kutu

Baca Juga : Berikut Sepuluh Fakta Unik Seputar Matahari Yang Jarang Diketahui

- Ukuran Pasti Dari UY Scuti

Soal ukuran, sebenarnya dimensi UY Scuti sudah cukup jelas, lewat ilustrasi yang kita sebutkan pada pembuka tadi. Namun, pasti penasaran bukan dengan ukuran sebenarnya, dari bintang satu ini?. Menurut para peneliti, bintang UY Scuti memiliki ukuran sekitar 1,708 ± 192 R☉, dalam ukuran radius.

Dan jika dikonversikan ke dalam ukuran mil, ukurannya mencapai sekitar antara 1,054,378,000 - 1,321,450,000. Ini masih dalam satuan mil, belum ke kilometer yang pastinya bakal bertambah angkanya. Mungkin kita tidak akan pernah bisa mendefinisikan ukuran ini dengan tepat. Namun yang jelas, UY Scuti adalah bintang yang sangatlah besar.

- Massa UY Scuti Juga Sangat Mengejutkan

Dengan ukuran sebesar itu, jelas UY Scuti juga memiliki massa alias berat, yang juga sangat luar biasa. Para astronom, sebenarnya belum bisa memastikan, berapa massa bintang raksasa ini. Tapi, diperkirakan jika dikomparasikan dengan matahari kita, maka massa UY Scuti adalah sekitar 21 miliar lebih berat.

Nah, untuk mengetahui angka pasti soal berat si bintang raksasa ini, tinggal ketahui saja berapa massa matahari. Dari data yang sudah ada, dipastikan berat matahari adalah 1.989 × 10 pangkat 30 kilogram. Lalu, untuk tahu berapa massa UY Scuti, tinggal dikali saja dengan 21 miliar. Bisa menghitungnya? Masa matahari saja sudah sulit untuk dihitung, apalagi bintang raksasa UY Scuti. Kesimpulannya, bintang satu ini memiliki masa yang sangat berat.

- Seberapa Jauh Jarak Bumi Dengan UY Scuti

Secara umum, sebenarnya Bumi dan UY Scuti masih dalam satu rumah galaksi, yakni masih berada di Bima Sakti. Tapi, UY Scuti berada di lokasi konstelasi yang berbeda dengan kita, dan sangatlah jauh jaraknya. Maka dari itu, bahkan ketika dilihat dari teleskop raksasa sekalipun, UY Scuti tak lebih besar dari sebuah titik saja.

Lalu, berapa jarak pasti Bumi ke UY Scuti?. Jaraknya adalah sekitar 2,9 kiloparsec atau 9.500 tahun cahaya. Agar dapat gambarannya, mari kita bedah sedikit lebih rinci. Nah, awalnya kita ketahui dulu satu tahun cahaya itu seberapa panjang. Kurang lebih sekitar 63.240 AU, satu AU itu sama panjangnya seperti matahari ke Bumi yakni sekitar 149 juta kilometer. Nah, dari sini silakan hitung sendiri berapa 9.500 tahun cahaya itu. Dijamin deh bikin otak langsung migrain.

- UY Scuti VS VY Canis Majoris

Sebelumnya diketahui, jika bintang terbesar yang berhasil ditelusuri manusia, ialah VY Canis Majoris. VY Canis Majoris sendiri, jika dibandingkan dengan matahari adalah butiran nasi, dengan nasi tumpeng yang lebarnya 2 meter. VY Canis Majoris, bertahan selama bertahun-tahun sebagai bintang terbesar, sampai para astronom menemukan UY Scuti.

Ya, UY Scuti kemudian mengejutkan banyak peneliti karena ukurannya, yang diperkirakan lebih besar dari pada VY Canis Majoris. Selisihnya mungkin tidak terlalu besar, hanya seperti bola futsal dan bola basket yang agak lebih besar. Meskipun selisihnya cuma sedikit kalau diilustrasikan, tapi realitanya tentu sangat besarnya.

- Seumpama Matahari Diganti UY Scuti

Mari berandai-andai, katakan saja bila matahari kita, diganti dengan UY Scuti, kira-kira apa yang akan terjadi?. Takkan ada yang terjadi, selain beberapa planet akan tenggelam di dalam tubuh UY Scuti, termasuk Bumi dan juga Mars. Alasannya ya karena ukurannya tadi. Matahari dan UY Scuti perbedaan ukurannya benar-benar jauh.

Para Peneliti mengatakan, seumpama bintang ini ditaruh di tata surya kita, maka besar diameternya akan sampai ke jalur revolusi dari Jupiter. Dalam artian lain, bahwa planet-planet yang berada sebelum Jupiter, akan tenggelam dalam luasnya UY Scuti. Ngeri juga ya?. Untung Tuhan menciptakan matahari tak sebesar itu.

Baca Juga : Empat Penemuan Dibidang Astronomi Paling Menakjubkan Sepanjang Tahun 2016

Itulah ulasan mengenai lima fakta menarik perutar UY Scuti, sang bintang raksasa yang bisa bikin matahari layaknya seekor kutu, sahabat sekalian. Bintang raksasa ini mungkin jadi bintang yang paling besar saat ini. Namun, kita perlu kita ingat bahwa UY Scuti hanyalah salah satu bintang, yang ada di Bima Sakti. Artinya, jelas masih banyak bintang kemungkinan lebih besar lainnya di galaksi ini, hanya saja belum bisa ditemukan. Kalau mau bicara dalam skala yang lebih lebar lagi, itu belum termasuk bintang-bintang di galaksi sebelah alias Andromeda. Sungguh, alam semesta ini selalu bisa bikin kita terhenyak. Allohu Akbar!. Semoga informasi tersebut bermanfaat serta dapat menambah wawasan kamu sekalian.


Dilansir Dari :

loading...

Subscribe to receive free email updates: