Lima Tips Jitu Tuk Jawab Pertanyaan Seputar Gaji Saat Wawancara Kerja




Lorongperihal.id | Bekerja merupakan salah satu kewajiban, yang harus dilakukan banyak orang, untuk memperoleh penghasilan setiap bulan. Dengan penghasilan, tentu saja kita dapat memenuhi, segala sesuatu yang kita butukan. Namun sayangnya, untuk memperoleh pekerjaan dan penghasilan, ternyata tak semudah yang dibayangkan. 

Saat pendidikan sudah selesai dijalani, maka dunia kerja pun siap menjadi tantangan baru. Dan salah satu persiapan yang bagus, dalam menghadapi dunia kerja yang berat, adalah dengan bisa menjawab beragam pertanyaan saat melakukan wawancara kerja. Yups, wawancara kerja merupakan salah satu syarat bagi seseorang, agar dapat diterima di sebuah perusahaan untuk bekerja. 

Tak jarang beberapa pertanyaan sering di ajukan pihak perusahaan kepada pelamar, dan salah satunya adalah pertanyaan soal gaji yang diinginkan, ketika nantinya sang pelamar diterima bekerja di perusahaan tersebut. Terkadang dalam hati kita ingin mendapatkan gaji yang besar, namun terkadang kita takut salah menjawab akan pertanyaan tersebut. 

Di jawab gaji tinggi takut tak di terima, di jawab kecil takutnya di jadikan kacung di perusahaan. Lantas bagaimana cara menjawab pertanyaan tersebut. Nah berdasarkan hal tersebut, pada kesempatan kali ini kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai beberapa tips jitu untuk menjawab pertanyaan seputar gaji saat wawancara kerja

Untuk itu diharapkan kamu tetap sabar, dan mohon untuk di baca dengan seksama ulasan singkat kami kali ini, tentang tips menjawab pertanyaan wawancara yang benar, khususnya untuk kategori gaji yang diinginkan. Tanpa membuang waktu lebih lama lagi. Berikut ini ulasannya :

Lima Tips Jitu Tuk Jawab Pertanyaan Seputar Gaji Saat Wawancara Kerja

- Berkata Jujur Dengan Kondisimu Saat Ini

Apabila kamu masih pemula atau baru pertama kali melamar kerja, dan belum pernah mendapatkan gaji dari suatu pekerjaan, maka jalan terbaik yang bisa kamu lakukan, adalah menjawab jujur dengan sejatinya dirimu. Jika kamu belum punya ketentuan gaji yang diinginkan, maka katakanlah secara terbuka kepada pewawancara.

Kamu juga bisa memberikan gambaran gaji yang kamu inginkan, dalam kurun waktu selama kamu bekerja di perusahaan tersebut. Jangan sampai kamu bekerja lama, namun gaji tetap segitu-gitu saja tidak ada kenaikan, jika begitu enak di perusahaan namun tak enak di kita bukan?.

- Tunjukkan Bahwa Kamu Orang Yang Terbuka Dalam Berdiskusi

Tips jitu lainnya yang bisa kamu gunakan, untuk menjawab pertanyaan gaji saat wawancara, ialah dengan menunjukkan pribadi yang terbuka. Maksudnya, tunjukkan jika kamu merupakan kandidat yang fleksibel, dan bisa bekerja dengan baik. Buatlah sang pewawancara senyaman mungkin, dengan jawaban-jawaban yang pas. Diskusikan juga dengan pewawancara, tentang apa yang Anda inginkan.

- Mintalah Gaji Sesuai Dengan Standar Perusahaan

Besaran gaji yang akan diperoleh karyawan, tentu akan sebanding dengan pengalaman kerja, yang telah dimilikinya. Bagi yang baru pertama terjun di dunia kerja, tentu tidak akan langsung mendapatkan gaji yang fantastis, kecuali jika kamu pernah melakukan sesuatu yang sangat luar bisa sebelumnya, walau tidak sebagai seorang karyawan kerja. Mintalah gaji sesuai standar perusahaan, caranya sebelum memberikan lamaran, silahkan riset dulu tentang data-data yang diperlukan, dari perusahaan yang kamu lamar tersebut. Sehingga kamu bisa bernegoisasi, tentang gaji yang akan diberikan..

- Tanyakan Juga Tentang Fasilitas Kerja

Jika kamu sudah memberikan jawaban akan gaji yang kamu inginkan, dan misalnya perusahaan kamu menyetujui hal tersebut maka jangan lupa juga, untuk menanyakan fasilitas yang akan kamu dapatkan. Karena biasanya, perusahaan memiliki fasilitas yang mungkin bisa diberikan kepada para pegawainya, seperti mes atau kendaraan kantor yang gratis.

- Bertanya Akan Tugas Dan Tanggung Jawab

Terakhir Tips Jitu Jawab Pertanyaan Gaji Saat Wawancara Kerja, adalah dengan bertanya terlebih dahulu, sebelum memberikan jawaban akan gaji yang diinginkan. Tanyakan terlebih dahulu pada pewawancara, tentang detail pekerjaan yang akan kamu kerjakan, di perusahaan yang kamu lamar tersebut nantinya. Ajuka pertanyaan seperti 'Sebelum saya memberikan penawaran gaji, bisakah Anda jelaskan lagi tentang tanggung jawab dan target pada posisi ini?'. 

Itulah ulasan mengenai enap tips jitu jawab pertanyaan seputar gaji, saat melakoni wawancara kerja, sahabat sekalian. Dengan cara-cara yang telah kita bahas di atas, kita bisa menilai apakah gaji yang diberikan perusahaan sebanding atau tidak, dengan tanggung jawab dan tugas yang nantinya akan kita emban di perusahaan. Jangan sampai kita terjebak, dan tak bisa keluar karena salah dalam menjawab, dan juga bernegoisasi saat wawancara kerja.


Dilansir Dari : 

loading...

Subscribe to receive free email updates: