Hemat Biaya dengan Digital Merketing dan Mendorong Tingkat Penjualan yang Lebih Tinggi

  • Whatsapp
Digital Merketing

Pemasaran (marketing) telah lama dikenal sebagai teknik penawaran dan pengenalan produk kepada target pasar. Para pemilik bisnis tentunya sangat familiar dengan aktivitas ini, karena marketing juga menjadi bagian dari sebuah business plan.

Tidak akan ada pembelian (purchasing) tanpa adanya pemasaran lebih dahulu. Bahkan produk terbaik yang sangat bermanfaat sekalipun, tidak akan terjual apabila Anda melupakan teknik-teknik pemasaran yang efektif. Salah satu teknik yang terbaru dan semakin banyak diminati adalah digital marketing.

Sesuai namanya, digital marketing merupakan kegiatan memasarkan suatu produk dengan menggunakan media online. Meskipun jenis media ini bisa bermacam-macam, termasuk radio dan televisi, tapi digital marketing biasanya identik dengan internet jasa digital marketing Indonesia. Keterkaitan ini tidak terlepas dari semakin berkembanganya teknologi informasi dan komunikasi.

Bermula dari mendunianya media sosial, peluang pemasaran yang responsif tanpa kendala jarak (borderless) pun segera terbuka. Kini hampir seluruh pebisnis menyempurnakan business plan mereka dengan strategi pemasaran dan penjualan berbasis internet.

Jika Anda termasuk pebisnis yang belum beranjak dari cara-cara pemasaran konvensional, sebaiknya Anda mencermati  keuntungan yang hilang saat mengabaikan digital marketing, berikut ini.

Hemat Biaya

Sebuah bisnis memang harus menghasilkan keuntungan. Namun sebelum menargetkan nominal tertentu, seorang pebisnis dituntut lebih cermat memperketat anggaran operasionalnya. Bisnis yang menghasilkan angka penjualan lumayan tidaklah bisa disebut untung, jika pendapatannya hanya berselisih sedikit dari modal.

Penyesuaian modal dan pendapatan sendiri sebenarnya bersifat sangat alamiah. Setiap pebisnis dituntut memiliki kepekaan yang tinggi terkait perencanaan dan penyerapan anggaran, demi penyesuaian tersebut. Dengan demikian, kemampuan menghemat modal akan menjadi sugesti yang perlu dipertimbangkan oleh seluruh jenis bisnis.

Penghematan modal sangat relevan dengan digital marketing, karena Anda bisa menghapus biaya pencetakan dari anggaran produksi. Kecuali Anda menjalankan beberapa lini bisnis sekaligus, penghapusan biaya pencetakan tidak akan membuat bisnis Anda luput dari perhatian target pelanggan.

Mengandalkan infrastruktur online yang menyeluruh, Anda tetap mampu menawarkan daya tarik produk terhadap calon konsumen. Terpenting, Anda harus menyiapkan strategi persuasif (call to action) yang jelas dan relevan. Tampilkanlah strategi ini di website atau saluran komunikasi lainnya, dengan tujuan memudahkan target pasar mengenal dan memahami produk Anda.

Selanjutnya secara bertahap, Anda bisa menjalankan tahap penawaran hingga menyelesaikannya dengan penjualan (sales). Inilah rantai aktivitas yang mudah ditemukan dalam e-commerce dan marketplace. Bahkan, selain menghemat biaya produksi, rantai digital marketing juga mampu membantu Anda mendapatkan klien/konsumen baru.

  • Mendorong Tingkat Penjualan yang Lebih Tinggi

Sejalan dengan kemampuan digital marketing untuk membangun hubungan langsung dengan target konsumen, tentunya efek penjualan yang lebih tinggi juga akan terasa. Beberapa pebisnis berpengalaman meyakinkan jumlah peningkatan 2,5-3 kali lipat dibanding sebelum menerapkan digital marketing.

Meskipun bukan satu-satunya cara, tapi upaya mencapai peningkatan penjualan dengan jumlah tertentu bisa diraih melalui penguasaan Search Engine Optimization (SEO). Pemanfaatan SEO ini bisa memudahkan penempatan bisnis Anda berada pada posisi yang strategis dalam sebuah halaman pencarian.

Menurut pengalaman para internet marketer, efektivitas SEO dalam digital marketing sangat dipengaruhi oleh perubahan perilaku para target konsumen. Perubahan ini cukup menentukan alasan-alasan mereka untuk membeli atau menggunakan suatu produk maupun jasa.

Apabila dua hingga tiga dekade lalu seseorang melakukan pembelian karena semata-mata memikirkan kebutuhannya, maka pada era internet marketing alasan tersebut telah berubah. Seorang target konsumen masa kini cenderung melakukan pembelian berdasarkan kualitas emosional yang ditampilkan dalam pemasaran suatu produk/jasa.

Secara tidak langsung jasa digital marketing Jakarta juga melibatkan proses kreatif yang berkelanjutan agar sebuah produk/jasa tidak hanya menawarkan fungsi yang berkualitas, tapi juga kualitas emosional. Tidaklah mengherankan ketika pemasaran yang kreatif, pada akhirnya mampu menghasilkan peningkatan berkali-kali lipat.

Related posts