10 Tanda yang Menunjukan Kamu Sudah Menjadi Korban Gaslighting

  • Whatsapp
Gasligting adalah

Gasligting adalah istilah yang dikenal sejak puluhan tahun silam. Ini didefenisikan sebagai sebuah tindakan kekerasan mental dan juga berbagai hal lainnya yang dilakukan oleh seseorang untuk mendominasi seseorang (orang lain). 

Dalam konteks ini, pelaku akan tampil sebagai seseorang yang sempurna serta memiliki kepedulian kepada korbannya, di mana secara perlahan pelaku ini justru melakukan manipulasi dengan cara sengaja dan berhati-hati. 

Korban gaslighting akan beresiko kehilangan kewarasannya

Dalam posisi menjadi korban, seseorang bisa saja mengalami tekanan mental yang parah, bahkan hingga beresiko kehilangan kewarasannya. Hal ini tentu sangat menakutkan dan merugikan. 

Berikut ini adalah beberapa tanda yang menunjukkan jika kamu sudah menjadi korban gaslighting

  • Merasa jadi orang lain

Tanda yang pertama dan mudah terlihat adalah ketika kamu merasa tidak lagi seperti pribadi yang dulu. 

Kamu merasa berbeda dan tidak mengenali dirimu lagi, di mana kamu merasa dirimu telah berubah dan tak lagi sama dengan dulu.

  • Cemas secara berlebihan

Rasa cemas yang berlebihan juga menjadi tanda jika kamu sudah menjadi korban gaslighting. Hal ini juga biasanya dibarengi dengan penurunan rasa percaya diri yang signifikan. 

Gasligting adalah

  • Selalu merasa bersalah

Perasaan bersalah yang berkepanjangan juga menjadi tanda lainnya. Kamu kerap merasa segala yang kamu lakukan selalu salah.

Hal ini juga akan membuat rasa tidak tenang yang berkepanjangan, meskipun pada dasarnya kamu tidak melakukan kesalahan apapun.

  • Merasa jadi sumber kesalahan

Bukan hanya merasa bersalah, kamu juga akan kerap merasakan menjadi sumber kesalahan dan masalah di sekitarmu.

Setiap kali ada masalah di sekitarmu, kamu akan merasa menjadi penyebabnya dan merasa bahwa kamulah yang bertanggung jawab atas semua masalah tersebut.

  • Terlalu sering minta maaf

Sikap yang satu ini juga menjadi pertanda jika kamu sudah menjdi korban gasligthing, di mana kamu seringkali minta maaf. 

Kamu akan meminta maaf untuk berbagai hal, meskipun kamu tidak memahami apa sebenarnya kesalahan yang kamu lakukan. 

  • Tidak dapat mengidentifikasi masalah

Kamu merasa ada yang salah dan tidak seharusnya, namun kamu tidak memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi masalah tersebut. 

  • Merasa terisolasi

Meski berada di lingkungan yang seharusnya, kamu merasa tidak nyaman dan terus terisolasi di dalam diri sediri. 

Hal ini bisa berlaku di semua lingkungan, termasuk lingkungan keluarga dan juga pertemanan yang kamu miliki, sehingga kamu tidak pernah merasa nyaman berada di lingkunganmu.

  • Tidak mudah mengambil keputusan

Kesulitan mengambil berbagai keputusan di dalam hidup, bahkan meski itu hanyalah keputusan-keputusan yang kecil saja. Kondisi ini juga menjadi dampak yang buruk dari gaslighting. 

  • Putus asa

Tidak memiliki semangat hidup dan merasa sangat putus asa merupakan tanda jika kamu sudah menjadi korban gaslighting. 

Dalam kondisi yang parah, hal ini bisa saja membuat kamu mengambil keputusan atau melakukan hal-hal yang fatal di dalam hidupmu. 

  • Merasa tidak bahagia

Kamu tidak merasa bahagia, meskipun kamu memiliki kehidupan yang nyaman dan juga berbagai hal positif yang bisa membuatmu tenang. 

Kenali dan atasi tanda gasligthing dengan baik

Berbagai kondisi bisa saja memungkinkan kamu menjadi korban gaslighting, bahkan tanpa kamu sadari sama sekali. 

Pastikan kamu mengenali berbagai tandanya sejak awal, sehingga kamu bisa mengatasinya dnegan cara-cara yang tepat. Lakukan hal ini dengan baik, agar kamu bisa hidup dengan mental yang sehat.

<<<<>>>>

Related posts