Apa Itu Meloxicam?

  • Whatsapp
Meloxicam

Meloxicam obat apa? Meloxicam adalah obat antiinflamasi nonsteroid yang digunakan untuk meredakan penyakit radang sendi, mengobati nyeri, dan untuk mengobati peradangan pada rematik dan arthritis, seperti pada pembengkakan dan nyeri sendi. Namun untuk mengonsumsi obat ini jangan sembarangan. Mengonsumsi obat ini harus menggunakan atau mendapatkan resep dari dokter terlebih dahulu, karena obat ini termasuk kategori Obat Resep. Dan bentuk obat ini merupakan Tablet, suppositoria, suntik.

  • Manfaat obat meloxicam

Manfaat obat meloxicam salah satunya adalah dapatt mengobati berbagai jenis penyakit peradangan, biasanya radang sendi. Beberapa penyakit sendi yang bisa diobati dengan obat meloxicam ini adalah :

  1. Osteoarthritis
  2. Ankylosing spondylitis
  3. Rheumatoid arthritis
  4. Juvenile idiopathic arthritis
  • Cara bekerja obat meloxicam

Obat meloxicam bekerja dengan menghambat enzim yang memproduksi prostaglandin, yaitu pada hormone yang menimbulkan rasa sakit atau peradangan pada sendi. Karena enzim yang memproduksi dihambat oleh meloxicam, maka akan berkurangan rasa sakit pada nyeri yang didapat atau paa peradangannya.

  • Dosis obat meloxicam

Untuk dosis atau takaran obat meloxicam yang berbentuk tablet adalah:

  1. Anak-anak ≥ 60 kg berat badan : 7,5 mg per hari
  2. Dewasa : 7,5 – 15 mg per hari
  3. Lansia : 7,5 mg per hari

Untuk takaran obat yang berbentuk suppositoria adalah 1 kapsul per hari hanya untuk dewasa.

Dan untuk menentukan dosisnya harus ditentukan oleh dokter berdsarkan tingkat keparahan penyakit terhadap seseorang yang terkena penyakit.

  • Perhatian khusus sebelum mengonsumsi Obat Meloxicam

Sebelum mengonsumsi obat meloxicam ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu :

  1. Sebaiknya sebelum mengonsumsi ini harus berkonsultasi kepada dokter karena obat ini cukup berbahaya kepada orang yang mengalami gejala asma, system pencernaan, gangguan pembekuan darah, polip hidung, penyakit hati, tekanan darah tinggi, stroke, dan penyakit jantung.
  2. Tidak boleh mengonsumsi rokok atau minuman beralkohol saat, sebelum, atau sesudah menggunakan obat meloxicam. Sebab akan meningkatkan risiko peradangan pada saluran pencernaan.
  3. Setelah mengonsumsi obat meloxicam sebaiknya hindari berkendara atau melakukan aktivitas yang berlebihan. Karena setelah mengonsumsi obat meloxicam ini akan menyebabkan kantuk dan pusing.
  4. Jika mengonsumsi obat meloxicam dengan jangka yang panjang apalagi dengan dosis yang tinggi akan menyebabka risiko serangan jantung dan penyakit stroke.
  5. Obat meloxicam ini bisa menyababkan kulit menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari. Maka dari itu sebaiknya hindari terkenanya sinar matahari secara langsung. Tetapi jika ada urusan yang harus berkeluaran ke luar rumah dan harus berkontraksi dengan sinar matahari sebaiknya pakilah pakaian yang menutupi kulit secara maksimal.
  6. Jika anda sedang ingin melakukan operasi dan anda sedang mengonsumsi obat meloxicam ini, sebaiknya beri tahu atau berkonsultasi kepada dokter.
  • Cara mengonsumsi obat Meloxicam dengan benar

Sebaiknya anda membaca petunjuk obat meloxicam atau mengetahui anjuran dokter sebelum mengonsumsi obat Meloxicam ini. sebelum mengonsumsi obat ini pastikan anda sudah makan dengan cukup dan jangan melakukan kegiatan berbaring apalagi tidur setelah mengonsumsi obat meloxicam ini.

  • Efek samping obat meloxicam

Obat meloxicam ini memilki efek sampig seperti diare, sakit maag, perut kembung, dan gangguan pencernaan. Efek samping ini akan berkurang jika tubuh menyesuaikan terhada obat. Namun jika mengonsumsi obat ini semakin memburuk keadaan tubuh, maka harus temui dokter dan harus hentikan pemakaian obat Meloxicam ini.

Related posts