Cara Membasmi Hama Rayap Dalam Rumah dengan Ampuh

  • Whatsapp
cara membasmi rayap

Hama yang ini kehadirannya memang sangat membuat kita jengkel. Karena, mereka bisa hadir dalam satu koloni yang lengkap kemudian bersarang di dalam bagian rumah ataupun futnitur kayu. Sebelum hal menjengkelkan itu terjadi, sebaiknya kamu harus memahami cara membasmi rayap yang ampuh dan juga efektif. Namun memang untuk membasmi rayap, penggunaan obat-obatan kimia biasanya jadi alternatif utama. Akan tetapi ada efek samping dan risiko kesehatan yang akan ditimbulkan nantinya.

Bukan hanya penggunaan obat kimia, tapi ada cara membasmi rayap dengan alami yang lebih aman dan tidak akan menimbulkan efek samping bagi kesehatan. Untuk itu kamu yang memiliki masalah yang mirip, berikut ini saya akan berikan cara membasmi hama rayap dengan cara alami sampai tuntas dan juga efektif.

Berikan jarak antara furnitur dengan dinding dan lantai

Ketika bangunan rumah kemudian didominasi dengan furnitur berbahan kayu, cara terbaik adalah berikan jarak antara furnitur tersebut dengan dinding serta berikan juga bantalan sehingga ada jarak dengan tanah. Dengan cara ini sangat efektif serta sangat berguna untuk membantu membasmi rayap tanah yang masuk ke dalam rumah dengan memanfaatkan media kayu tersebut.

Apabila jika kayu yang digunakan bukan jenis kayu yang solid dan diolah dengan baik. Maka hal ini akan mudah mengumpulkan uap air sehingga kondisi ini sangat disukai oleh rayap yaitu kondisi yang lembab. Ditambah lagi rayap, juga memiliki cukup bahan makanan dan suhu udara yang mendukung.

Menjemur furnitur kayu untuk basmi rayap

Cara basmi rayap selanjutnya adalah menjaga agar furniture bermaterial kayu tersebut tidak mudah lembab. Oleh sebab itu, untuk futnitur rumah yang kamu miliki wajib dijemur secara rutin di bawah terik sinar matahari. Kamu bisa jemur, dalam waktu yang lama, sehingga furtinur tersebut menjadi tidak lembab. Sebagai cara tambahan, kamu bisa gunakan juga pernis kayu untuk furniturnya. Dengan melakukan ini secara berkala maka akan mencegah furnitur mudah mengeluarkan uap air.

Menurunkan suhu ruangan

Dalam membasmi proses rayap, kamu juga bisa mengatur ulang suhu ruangan. Meski faktanya rayap suka akan suhu dan udara yang lembab, namun perubahan suhu menjadi sangat esktrim dan secara mendadak juga akan membuat rayap mati tiba-tiba. Oleh sebab itu, jika kamu memiliki pendingin ruangan kamu bisa atur AC ruangan yang terdapat furnitur kayu di dalamnya dengan suhu paling rendah. Cara ini juga yang cukup mudah dilakukan tidak harus mengeluarkan effort. Dengan demikian, rayap kayu ataupun rayap tembok pasti langsung musnah.

Menggunakan air cucian beras

Siapa sangka ternyata air bekas cucian beras juga dapat dimanfaatkan untuk membasmi rayap di rumah kamu. Bukan hanya aman, cara ini juga tidak akan menimbulkan efek samping untuk kesehatan penghuni rumah lainnya. Caranya cukup kumpulkan air bekas cucian beras dalam wadah kemudian semprotan air, dan langsung saja semprotkan pada tempat yang banyak koloni rayap tersebut. Kemudian lakukan cara ini dengan rutin, sehingga rayap akan berkurang secara perlahan nantinya.

Basmi rayap dengan kapur barus

Cara yang tidak disangka selanjutnya adalah dengan menggunakan kapur barus yang memiliki banyak manfaat, salah satunya bisa digunakan untuk membasmi hama rayap. Karena kandungan naftalena yang ada di kapur barus ini cukup efektif dalam membasmi rayap. Bau yang dikeluarkan oleh kapur barus ini bukan hanya membuat pakaian di dalam lemari menjadi wangi, tapi ternyata tidak disukai oleh rayap. Jika kamu sudah terserang hama rayap segera letakkan kapur barus di sudut-sudut rumah dan furnitur kayu yang rentan akan terkena serangan rayap.

Related posts