Siapa yang tak kenal dengan film legend bikinan George Lucas, Star Wars? Film yang pertama rilis pada tahun 1977, kini telah berjalan dengan beberapa episode yang selalu menyedot animo penikmat film dari seluruh dunia. Yang unik dari film Star Wars ini adalah episode yang tidak berurutan dalam penayangannya.

Meski demikian, penonton masih bisa menikmati alur cerita yang disuguhkan. Apalagi karakter tiap tokoh yang kuat, menjadikan setiap karakter tersebut memiliki penggemar tersendiri. Mulai dari Darth Vader, Yoda hingga Chewbacca.

Sejak 1977, perkembangan teknologi dalam bidang perfilman, semakin menjadikan Star Wars tontonan yang asik untuk dinikmati. Dalam sektor bisnis pun, Star Wars mampu menghasilkan pundi-pundi uang yang tak terhitung jumlahnya. Beberapa brand apparel ternama dunia pun, bekerja sama untuk merilis sejumlah apparel, khususnya baju Star Wars.

Uniqlo

Penggemar Star Wars mungkin bisa bersukacita, sebab brand fashion ternama Jepang yang terkenal dengan desain yang menarik, Uniqlo, meluncurkan baju Star Wars dalam koleksi UT mereka. UT adalah singkatan dari Uniqlo T-Shirt, koleksi fashion premium dari brand Uniqlo.

Uniqlo membeberkan project mereka dengan Star Wars, dengan melibatkan tiga seniman terkenal Jepang, yakni Jun Takahashi, Tetsu Nishiyama dan Direktur Kreatif UT, Nigo. Salah satu seniman yang terlibat, Jun Takahashi mengaku Star Wars adalah film yang dia idolakan sejak kecil. Dan mendapatkan proyek ini adalah sebuah mimpi yang terwujud.

Takahashi sendiri memilih karakter robot C-3PO dan R2D2 yang akan dia tuangkan di desain baju Star Wars dalam proyek ini. Dia akan menekankan karakter robot tersebut dalam perspektif dia selama ini. Selain kedua robot itu adalah desain baju Star Wars dengan gambar makhluk Ewok yang sedang berada di hutan berbahaya bernama Endor.

Sementara itu, Nigo lebih memilih karakter kesukaannya yakni Greedo. Dia adalah makhluk pemburu hadiah yang berasal dari ras Rodian. Karakter tersebut dia abadikan dalam salah satu baju Star Wars karyanya. Nigo juga merilis desain baju berupa kata-kata dari Yoda yakni “Do or Do Not There Is No Try”.

Nigo menyukai karakter Greedo, saat dia melihat scene film Star Wars di mana makhluk itu dihancurkan oleh Han Solo. Menurutnya, karakter dan kalimat yang diucapkan Greedo dalam film Star Wars sangat berkesan. Dengan desain tersebut, Nigo ingin berbagi kesan dengan para penggemar lain, melalui baju Uniqlo itu.

Seniman Nishiyama, lebih memilih mengabadikan karakter Dewback, sebuah makhluk yang bisa ditunggangi untuk mobilisasi, meski kemunculannya sangat sedikit dalam film. Dia juga memakai desain Poster rekruitmen Mandalorian dan karakter Boba Fett.

Baju Star Wars hasil kolaborasi Uniqlo dan Star Wars ini dirilis sebanyak 12 buah desain untuk dewasa dan 6 desain untuk anak-anak. Harganya dibanderol sekitar Rp 200 ribu untuk baju dewasa dan Rp 150 ribu untuk anak-anak.

Levi’s

Tak hanya Uniqlo, brand ternama dunia Levi’s juga menggarap proyek apparel bertemakan Star Wars. Keduanya bekerja sama meluncurkan clothing line tematik film antar galaksi tersebut. Apparel baju Star Wars tersebut akan memakai style tahun 70 dan 80-an, era di mana Star Wars booming pertama kalinya. Beberapa karakter yang akan diabadikan dalam desain apparel itu yakni Princes Leia, R2D2, C3PO, Chewbacca, Han Solo dan lainnya.

Koleksi dalam proyek ini dirilis mulai dari Baju Star Wars yang dibanderol dengan harga mulai Rp 300, untuk hoodies mulai harga Rp 2 jutaan, dan juga jaket dengan banderol harga mulai Rp 1 jutaan. Koleksi tersebut tersedia dalam dua warna yakni hitam dan juga putih, sebagai interpretasi dari Dark Force dan Light Force.