Cukup akurat untuk mengatakan bahwa beras tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari orang Indonesia. Makanan pokok negara dapat dengan mudah ditemukan menghiasi meja makan di setiap rumah selama waktu makan. Untuk semakin membuktikan pentingnya beras di Indonesia, bahkan ada ungkapan lokal yang mengatakan, “Kamu belum makan kalau belum makan nasi” (“Kamu belum makan dengan benar jika kamu belum punya nasi”).

Nasi putih biasanya dikonsumsi dengan berbagai hidangan pendamping yang mencakup sayuran dan pilihan lauk pauk seperti tempe, tahu atau ayam goreng. Namun demikian berkat budaya kuliner kami yang bersemangat ada banyak pilihan Hidangan Nasi yang lezat di Indonesia yang dapat dijelajahi dan dimakan sendiri-sendiri.

Nasi Goreng

Mungkin hidangan nasi Indonesia yang paling terkenal, sepiring sederhana Nasi Goreng (nasi goreng) biasanya terdiri dari nasi goreng, telur orak atau telur dadar, ayam suwir, acar dan kerupuk. Tidak hanya hidangan yang sangat populer di kalangan pecinta kuliner, ini juga merupakan salah satu camilan favorit yang dijual oleh pedagang asongan dan pedagang jalanan.

Nasi Uduk

Nasi putih atau nasi uduk dapat ditemukan dengan mudah di setiap kota di Indonesia. Disajikan dengan berbagai macam lauk yang bisa dipilih, seperti ayam goreng, omelet parut, perkedel (kentang goreng tumbuk), tempe orek (tempe goreng dengan kecap manis), kacang teri (teri goreng dengan kacang) dan sambal.

Berasal dari Jakarta, nasi kukus ini dimasak dalam santan yang memberikan rasa gurih dan aroma khas. Namun, rasanya kurang pas jika Anda tidak mencoba nasi Tumpeng Mini Jakarta. Karena nasi tersebut memiliki ciri rasa yang sangat khas sekali.

Nasi Kuning

Dimasak dengan santan dan kunyit, nasi kuning atau nasi kuning pada awalnya disajikan dalam bentuk kerucut yang disebut tumpeng selama acara khusus. Namun, seiring waktu, nasi kuning telah berevolusi menjadi sajian nasi umum Indonesia yang banyak dijual oleh pedagang asongan di pinggir jalan.

Apa Lagi Hidangan Nasi Patut Kita Coba di Indonesia?

Nasi Campur

Juga dikenal sebagai nasi rames atau nasi begana, nasi campur (nasi campur) adalah hidangan yang ada di mana-mana di seluruh Indonesia dan tersedia dalam berbagai bentuk di setiap wilayah di negara ini.

Tidak ada aturan dan resep khusus tentang apa yang membuat nasi campur, tetapi umumnya sajian nasi Indonesia ini terdiri dari satu sendok nasi putih dan beberapa hidangan yang menyertainya, seperti sayuran, daging, kacang teri , sambal dan kerupuk.

Nasi Kucing

Secara harfiah berarti “nasi kucing” dalam bahasa Inggris, nama nasi kucing berasal dari bagian kecilnya mirip dengan porsi nasi yang disajikan orang Jawa kepada kucing peliharaan. Itu berasal dari Yogyakarta, Semarang dan Surakarta.

Tetapi telah menyebar ke kota-kota lain di seluruh negeri. Dibungkus dengan daun pisang, sebagian nasi kucing biasanya dilengkapi dengan pilihan topping mulai dari parut omelet dan tempe orek hingga abon ayam dan ikan teri goreng.

Nah, jadi itu dia beberapa Hidangan Nasi yang patut kalian coba di Indonesia. Rasana kurang pas jika Anda pergi berlibur ke Indonesia, namun tidak mencoba salah satu hidangan tersebut. Demikian pembahasan artikel ini saya buat. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda yang sedang berlibur ke Indonesia, terimakasih.