Pilihan Menu Makan Siang Praktis

  • Whatsapp
Menu Makan Siang Praktis

Seperti hal nya sarapan, memilih menu untuk makan siang tidak boleh sembarangan karena untuk mendapatkan tubuh yang sehat untuk melanjutkan aktifitas, kita membutuhkan keseimbangan di dalam menu makan siang tersebut. Seperti, protein, karbohidrat dan lemak. Mengapa demikian? Karena masinh-masing zat gizi tersebut memiliki peran yang berbeda-beda [1].

Jadi, bagaimana menciptakan makanan sehat bergizi lengkap tetapi memiliki cita rasa yang lezat juga? Berikut panduannya.

Pilihan bahan makanan

Pilihlah satu bahan makanan dari golongan protein, sayuran, karbohidrat kompleks, dan lemak sehat yang kalian suka. Contohnya: Telur atau daging sapi sebagai sumber protein,  Buncis dan bayam sebagai pilihan sayurannya, Beras merah atau Anda bisa menggantinya dengan kentang untuk karbihidratnya dan terakhir gunakan virgin oil sebagai pengganti minyak goreng sekaligus lemak sehat [1].

Sesuaikan porsinya

Untuk mendapatkan menu makanan yang bergizi dan juga sehat Anda juga perlu memperhatikan porsinya. Akan lebih mudah bila Anda menyesuaikannya berdasarkan [1]:

  1. Seberapa sering Anda makan
  2. Kalori yang dibutuhkan
  3. Aktivitas fisik
  4. Lapar dan kenyang

Tambahkan bumbu dan garnish

Penambahan bumbu yang paling banyak digunakan untuk menambah cita rasa adalah Basil, Thyme, Rosemary dan Oregano [1].

Setelah mempelajari rahasia untuk menciptakan menu makan siang yang bergizi dan lezat kini Anda dapat memilih beberapa menu makan siang praktis ini.

  • Nasi goreng

Makanan ini sudah pasti tidak asing lagi bagi Anda. Menu makan siang yang praktis ini sering sekali di pilih karena cara membuatnya yang mudah dan cepat. Untuk tercapainya makan siang yang sehat. Anda dapat mengganti nasi putih dengan nasi merah dan menggunakan virgin oil untuk menggorengnya. Jangan lupa tambahkan beberapa jenis sayuran seperti wortel, buncis dan kacang polong untuk mengisi kekosongan proteinnya Anda bisa menambahkan tempe [2].

  • Sup sayur

Terlihat dari namanya sudah pasti menu makanan ini kaya akan gizi dan memiliki cita rasa yang lezat. Karena dibuat dari berbagai jenis sayuran dan daging ayam. Saat membuatnya Anda bisa menumis bawang menggunakan minyak zaitun yang banyak mengandung lemak tak jenuh tunggal dan kayak antioksidan yang dapat menyehatkan jantung [2].

  • Gado-gado

Menu makan siang ini sangat mudah didapatkan dan harganya murah. Tetapi apabila Anda ingin menjaga kebersihannya, tidak ada salahnya Anda bisa mencoba membuatnya dirumah. Anda hanya membutuhkan beberapa macam sayuran seperti sepeti tauge, wortel, kubis, kangkung, mentimun, dan selada. Anda juga dapat menambahkan tahu dan tempe sebagai sumber protein untuk bumbunya itu sendiri Anda bisa mendapatkan di supermarket [2].

  • Tumis kangkung

Sayuran ini banyak digemari sebagai lauk. Selain murah kangkung memiliki rasa yang lezar dengan tekstur lembut pada daun dan sensasi kriuk di bagian batangnya. Bila Anda ingin membuatnya bahan-bahannya juga mudah didapatkan dan tentunya sehat [2].

  • Sayur bayam

Sama hal nya dengan kangkung, bayam adalah salah satu sayuran yang bisa Anda buat menjadi teman nasi merah. Makanan sehat ini bisa Anda buat menjadi sayur bayam bening yang menyegarkan [2].

Bagaimana pilihan menu makan siang diatas praktis dan lezat bukan? Dan pastinya bergizi. Selain memenuhi tubuh kita dengan beragam makanan yang bergizi kita juga harus menyeimbangkannya dengan mengkonsumsi air mineral.

Mengapa kita juga harus menambahkan air mineral didalam menu makan siang sehat kita? Karena, Kekurangan asupan air mineral dapat menyebabkan beberapa dampak negatif bagi tubuh. Misalnya kehilangan cairan tubuh sebanyak 1%, dapat terjadi gangguan pengaturan temperatur tubuh, kehilangan cairan 2% dapat mengakibatkan hilangnya nafsu makan. Dehidrasi juga dapat mengakibatkan gangguan pada saluran pencernaan [3].

Oleh karena itu ayo kita percayakan kesehatan tubuh kita dengan memilih AQUA sebagai air mineral yang telah di percaya banyak manfaat dan kandungannya. Karena Hanya AQUA yang lebih dari 45 tahun murni langsung dari sumbernya. Kesegarannya tetap terjaga di setiap tetes kemurniannya melewati lebih dari 400 cek kualitas [3].

Ingin sehat? Ingat AQUA!

Referensi:

  1. http://lagizi.com/panduan-sederhana-ciptakan-menu-makanan-sehat/
  2. https://doktersehat.com/contoh-mudah-menu-sehat-sehari/
  3. https://www.sehataqua.co.id/kandungan-air-mineral-dan-manfaatnya-bagi-kesehatan/

Related posts