Tips Memilih Tempat Gadai Sertifikat Rumah yang Terbaik

  • Whatsapp
Gadai Sertifikat Rumah

Ada banyak sekali cara untuk mendapatkan pinjaman dana dalam jumlah besar. Salah satu caranya dengan mengajukan pinjaman gadai sertifikat rumah. Karena seperti yang kita ketahui, rumah merupakan salah satu asset dengan nilai yang tinggi dibandingkan dengan asset lainnya. Dengan menjaminkan sertifikat rumah, Anda bisa mendapatkan penawaran pinjaman dana berkisar antara 70-80 % dari nilai jual rumah. Sehingga tak heran, jika mengajukan pinjaman di bank atau tempat gadai sertifikat rumah dengan menggunakan jaminan ini banyak dilakukan oleh orang-orang ketika terdesak dengan kebutuhan dalam jumlah besar dan waktu yang cepat.

Untuk mengajukan pinjaman dengan jaminan sertifikat rumah, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Mulai dari lokasi rumah, kelengkapan dokumen persyaratan yang harus disiapkan, jumlah pinjaman yang ingin diambil, hingga komitmen untuk membayar angsurannya. Namun ada satu lagi faktor yang juga tidak kalah penting untuk diperhatikan, yaitu memilih bank atau lembaga penerima gadai yang terbaik. Sehingga Anda nanti tidak akan dirugikan saat prosesnya maupun di waktu mendatang. Untuk mencari tempat gadai yang tepat agar bisa mendapatkan pinjaman, sebaiknya perhatikan tips-tips berikut ini:

  • Sudah bersertifikat OJK dan APPI.

Pastinya Anda tidak mau bukan mengalami masalah di kemudian hari setelah menggadaikan sertifikat rumah untuk memperoleh pinjaman? Oleh karena itu, penting memilih lembaga pembiayaan professional yang sudah memiliki legalitas dan izin pendirian usaha dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan) serta APPI (Asuransi Perusahaan Pembiayaan Indonesia). Umumnya proses menggadaikan sertifikat rumah untuk mendapatkan pinjaman lebih aman di lakukan di bank, baik itu bank konvensional maupun syariah. Namun bukan berarti lembaga keuangan non-bank kurang aman dalam hal ini.

  • Memiliki predikat baik dan terpercaya.

Pilih lembaga keuangan yang sudah memiliki legalitas, serta sudah berpredikat baik dan terpercaya. Sehingga bisa terhindar dari resiko tertipu di kemudian hari. Karena jika mengalami penipuan, bukan tidak mungkin Anda akan kehilangan rumah yang digadaikan. Oleh karena itu, cari informasi terlebih dahulu mengenai predikat lembaga pembiayaan yang Anda tuju apakah sudah bagus ataukah belum. Caranya dengan mencoba bertanya kepada teman atau orang terdekat yang pernah melakukan penggadaian sertifikat rumah di lembaga pembiayaan tersebut.

  • Memiliki layanan dengan reputasi bagus dan terpercaya di mata nasabahnya.

Lembaga pembiayaan yang memiliki banyak nasabah bisa menjadi bukti jika orang-orang memang percaya dengan kredibilitasnya. Oleh karena itu, hal ini bisa menjadi salah pertimbangan dalam memilih tempat gadai yang tepat. Selain itu, pastikan juga dari segi layanan memang bagus. Dimana bisa Anda nilai saat berkunjung ke lembaga pembiayaan tersebut, apakah pelayanannya kepada nasabah memang bagus atau tidak.

  • Sudah berpengalaman.

Bank atau lembaga pembiayaan non bank yang professional dan memiliki reputasi bagus akan mampu bertahan dari gejolak ekonomi. Sehingga jika Anda menemukan bank atau lembaga pembiayaan yang sudah berdiri lama bahkan hingga saat ini, maka bisa dipastikan memang bank atau lembaga pembiayaan tersebut memiliki pengalaman yang baik.

  • Lakukan perbandingan produk kredit antar lembaga pembiayaan.

Memilih bank atau lembaga pembiayaan non bank yang tepat untuk kebutuhan Anda, juga bisa dilihat dari produk kredit yang ditawarkan. Oleh karena itu, lakukan survei terlebih dahulu di berbagai lembaga pembiayaan agar mendapatkan tempat gadai yang tepat.

  • Pilih yang memberikan kemudahan pembayaran lebih lama.

Tempat gadai sertifikat rumah yang terbaik untuk kebutuhan Anda adalah yang memberikan kemudahan pembayaran lebih lama. Sehingga biaya angsurannya pun menjadi lebih terjangkau.

Related posts