Ulasan Convert Pulsa Ac Ke Dc

  • Whatsapp
Pulsa

Bipolar Junction Transistor (BJT) adalah transistor yang operasinya tergantung pada kontak yang dilakukan oleh dua semikonduktor. Itu dapat bertindak sebagai saklar, penguat atau osilator.

Ia dikenal sebagai transistor convert pulsa karena operasinya membutuhkan dua jenis pembawa muatan (lubang dan elektron). Lubang merupakan pembawa muatan dominan dalam semikonduktor tipe-P sedangkan elektron adalah pembawa muatan utama dalam semikonduktor tipe-N. dan teman teman bisa lihat tentang tukar pulsa disini : tukar pulsa.

Struktur BJT

BJT memiliki dua persimpangan PN yang terhubung kembali ke belakang dan berbagi wilayah umum B (pangkalan). Ini memastikan kontak dibuat di semua wilayah yang basis, kolektor dan emitor. Struktur transistor bipolar PNP ditunjukkan di bawah ini.

BJT yang ditunjukkan di atas terdiri dari dua dioda yang terhubung kembali ke belakang, menghasilkan penipisan daerah yang disebut kuasi-netral. Lebar kuasi-netral dari emitor, basis dan kolektor ditunjukkan di atas sebagai W E ‘, W B ‘ dan W C ‘.

Tanda-tanda konvensional arus untuk emitor, basis dan kolektor dilambangkan oleh masing-masing I E , I B dan I C. Oleh karena itu, pengumpul dan arus basis positif ketika arus positif bertemu dengan pengumpul atau kontak basis. Selain itu, arus emitor positif ketika arus meninggalkan kontak emitor.

Ketika tegangan positif diterapkan ke kontak dasar relatif ke kolektor dan emitor, tegangan basis-kolektor serta tegangan basis-emitor menjadi positif. Untuk kesederhanaan, V CE diasumsikan nol. Difusi elektron terjadi dari emitor ke basis sementara difusi lubang berasal dari basis ke emitor.

Bagaimana Ulasan Convert Pulsa Ac Ke Dc?

Begitu elektron mencapai daerah pengumpul-dasar yang habis, mereka disapu melalui medan listrik. Elektron-elektron ini membentuk arus kolektor. Ketika BJT bias dalam mode aktif maju, total arus emitor diperoleh dengan menambahkan arus difusi elektron ( I E, n ), arus difusi lubang ( I E, p ) dan arus pemancar arus.

Keuntungan Saat ini

Ini diberikan oleh rasio arus kolektor ke arus basis. Di atas menjelaskan bagaimana BJT dapat menghasilkan amplifikasi saat ini. Faktor transportasi (α) mendekati satu jika arus kolektor hampir setara dengan arus emitor. Keuntungan saat ini (β) menjadi lebih besar dari satu.

Untuk analisis lebih lanjut, faktor transpor (α) ditulis ulang sebagai produk dari efisiensi emitor (γ E ) faktor transpor dasar (α T ) dan faktor rekombinasi dari lapisan deplesi (δ r ).

Convert Pulsa Elektronik Daya

Struktur TRIAC dianggap sebagai DIAC yang memiliki kontak gerbang tambahan yang digabungkan untuk memastikan kontrol perangkat. Mirip dengan perangkat daya lain, TRIAC dibuat dari silikon. Akibatnya, proses pembuatan silikon mengarah pada produksi perangkat yang lebih murah.

Sebagaimana ditunjukkan di bawah, TRIAC memiliki enam bidang yaitu; empat daerah tipe N dan dua daerah tipe P. Pengoperasian TRIAC didasarkan pada thyristor. Ini memfasilitasi fungsi switching dalam komponen dan sistem listrik AC.

Mereka banyak digunakan dalam dimmer cahaya karena mereka memungkinkan kedua bagian dari siklus AC untuk digunakan. Hasilnya, ini membuat mereka lebih efisien dalam penggunaan daya. Sebisa mungkin menggunakan thyristor berfungsi sebagai TRIAC, tidak efisien biaya untuk operasi yang membutuhkan daya rendah.

Dimungkinkan untuk melihat convert pulsa dalam hal dua thyristor. Ini tidak menguntungkan untuk aplikasi yang menggunakan daya tinggi karena menyebabkan interferensi elektromagnetik. Sebagai hasilnya, convert pulsa digunakan dalam kontrol motor, dimmer lampu perumahan ringan dan kipas listrik kecil untuk mengontrol kecepatan.

Related posts