Wajib Tahu! Ini Dia Pentingnya Ikuti Pelatihan Safety Riding

  • Whatsapp
Safety Riding

Mengendarai beberapa kendaraan seperti mobil atau motor, memang sudah banyak dilakukan oleh masyarakat kebanyakan. Banyak orang yang sangat pintar dalam mengendarainya namun seringkali lupa bagaimana melaksanakan safety riding yang baik untuk menjaga keselamatan nyawa dirinya sendiri dan orang lain. Banyaknya kecelakaan di jalan pun, bisa dikarenakan kurangnya kepeduliaan masyarakat tentang cara berkendara yang baik dan aman.

Apa itu Safety Riding?

Bagi Sebagian orang, mungkin sudah familiar dengan istilah tersebut. meskipun tidak jarang juga orang-orang yang tidak mengetahui sebenarnya dari istilah yang berhubungan dengan berkendara di jalan raya. Pada dasarnya, istilah ini merujuk pada arti keamanan berkendara. Di mana hal ini seringkali ditujukan bagi orang-orang yang mengendarakan sepeda motor.

Meskipun masalah safety riding sudah banyak digalakkan oleh pmerintah atau lembaga terkait dan juga sekaligus melakukan pelatihannya, masih banyak orang yang tidak mau tahu tentang hal tersebut. Bahkan berkendara pun dilakukan seenaknya sehingga bisa membayakan dirinya sendiri juga orang lain.

Manfaat yang Diberikan

Setelah Anda mengetahui pengertian dari keamanan berkendara, tentunya akan banyak yang bertanya seberapa penting hal tersebut dan bagaimana cara untuk mewujudkan keamanan berkendara tersebut. Untuk itu, berikut ini adalah beberapa fungsi yang diberikan ketika Anda selalu memerhatikan keamanan berkendara. Apa sajakah itu?

  1. Slalom

Slalom adalah salah satu gerakan yang biasanya akan dilakukan ketika pengendara melewati jalan yang membuat tubuhnya jadi tidak seimbang. Beberapanya seperti menemukan jalanan yang menikung, berbelok, atau menemukan kondisi jalan yang berliku. Tentunya, hal ini bisa memicu masalah jika Anda tidak tahu bagaimana cara tepat melewatinya. Ketika Anda menerapkan teknik safety riding, maka gerakan slalom ini akan dilakukan dengan baik. Dengan begitu, pengendara akan terhindar dari risiko terjatuh, atau keseimbangan yang hilang kendali.

  1. Mampu Melewati Jalanan Bergelombang

Ketika Anda sudah melakukan pelatihan keamanan berkendara, tentunya Anda akan mampu melewati semua kondisi jalanan bagaimana keadaaannya. Seperti yang diketahui, kondisi jalanan tidak selalu mulus. Ada saja jalanan yang bergelombang atau terdapat lubang di tengah-tengahnya dan kerapkali menimbulkan kecelakaan tunggal. Latihan keamanan berkendara bisa memungkinkan untuk melewati jalan yang berlubang dengan baik. Bahkan, bisa menghindarinya dengan tepat tanpa kehilangan keseimbangan sedikit pun. Anda pun bisa lebih mengedepankan pemahaman tentang penggunaan rem belakang dan depan dengan lebih konstan sehingga irama motor tetap terjaga saat pengereman dilakukan.

  1. Pengecekan Kondisi Motor dan Tubuh Pengendara

Tak hanya masalah safety riding yang berhubungan dengan teknik saat berkendara langsung di jalanan. Ketika melakukan pelatihan pun biasanya Anda akan diberikan informasi mengenai bagaimana cara pengecekan kondisi motor sebelum berkendara. Tentunya hal ini wajib dilakukan untuk menghindari masalah ketika berkendara. Baik itu mesin yang tiba-tiba mati, dan sebagainya.

Ketika Anda menerapkan keamanan berkendara, sudah pasti sebelum berkendara Anda akan memastikan bagaimana kondisi motor, bagaimana kelengkapan spare part-nya, bagaimana kegunaannya apa benar atau tidak, hingga kelengkapan surat menyurat. Anda pun perlu juga memerhatikan kondisi tubuh. Seperti misalnya tubuh sehat, tidak mengantuk, dan tidak sedang terpengaruh alkohol atau obat-obatan tertentu.

Pada dasarnya, penerapan safety riding hingga pelatihannya perlu diperhatikan sebaik mungkin. Untuk mendapatkan informasi lengkap soal keamanan berkendara ini, Anda juga bisa menggunakan aplikasi Halodoc. Anda bisa tahu bagaiman penerapan keamanan berkendara yang baik hingga fungsinya bagi kesehatan. Dapatkan juga informasi lainnya tentang masalah dan solusi kesehatan, rumah sakit, hingga obat-obat yang sering digunakan untuk mengatasi berbagai penyakt. Tentunya, semua itu bisa dilakuan dengan praktis via smartphone hanya dalam satu aplikasi.

Related posts