Sistem saraf merupakan bagian penting dalam tubuh manusia yang memiliki fungsi sangat vital karena sebagai pengendali utama semua organ didalam tubuh. Akan tetapi, sama seperti jenis organ lain, sistem saraf juga rentan terhadap berbagai gangguan penyakit atau yang lebih dikenal dengan penyakit saraf. Jenis penyakit yang satu ini umumnya terjadi pada bagian otak maupun sumsum tulang belakang dan jika tidak segera mendapat penanganan dengan tepat seperti dari dokter spesialis saraf di Bekasi, maka dapat berakibat fatal pada terganggunya seluruh sistem saraf yang ada didalam tubuh dan menimbulkan berbagai kelainan seperti tidak dapat bergerak, kesulitan bernafas, lupa ingatan atau bahkan kerusakan organ vital lain yang dapat mengancam nyawa penderitanya.

Menjadi salah satu jenis penyakit kronis berbahaya yang dapat terjadi pada siapa saja tanpa memandang usia maupun jenis kelamin, maka setiap orang ada baiknya selalu melakukan pemeriksaan medis atau medical checkup secara rutin agar dapat mengetahui kondisi tubuh terkini dan melakukan berbagai tindakan penanganan secepat mungkin jika terdeteksi penyakit tertentu. Termasuk gangguan yang terjadi pada sistem saraf yang terbagi menjadi tiga yaitu saraf motorik, saraf otonom dan saraf sensorik yang masing-masing memiliki fungsi penting dan tidak dapat digantikan oleh satu sama lain.

Untuk Anda yang saat ini sedang berencana melakukan sesi konsultasi dengan dokter spesialis saraf, maka sebaiknya mengetahui beberapa hal penting yang harus dilakukan sebelum sesi pertemuan dengan dokter tersebut seperti yang akan kita bahas berikut ini, antara lain:

  • Riwayat kesehatan.

Ada baiknya jika Anda membawa semua rekam riwayat kesehatan dalam bentuk dokumen agar pada saat melakukan konsultasi tetap dapat fokus seperti mengenai gejala yang dirasakan, mulai munculnya gejala tersebut serta keluhan utama yang dirasakan termasuk berbagai keterangan pemeriksaan medis yang pernah Anda lakukan sebelumnya.

  • Surat rujukan.

Jika sebelum Anda bertemu dengan dokter spesialis saraf, namun sudah melakukan pemeriksaan di dokter umum maupun dokter spesialis lain, maka biasanya akan mendapatkan surat rujukan dari dokter tersebut, jangan lupa untuk membawa surat rujukan yang telah diberikan karena sering digunakan sebagai panduan untuk melakukan tindakan pengobatan selanjutnya maupun sebagai gambaran awal kondisi penyakit Anda.

  • Obat yang dikonsumsi.

Biasanya pada saat Anda mulai merasakan gejala awal penyakit tertentu, sudah pasti akan mencoba meredakan dengan beragam jenis obat yang dinilai tepat. Untuk itu, bawalah semua jenis obat maupun vitamin yang sedang Anda konsumsi agar dokter semakin mudah dalam menentukan terapi pengobatan yang paling tepat.

Setelah mempersiapkan dan melakukan semua prosedur di atas, biasanya langkah selanjutnya dokter spesialis akan melakukan diagnosa untuk menentukan penyebab pasti penyakit saraf yang Anda derita, mulai dari pemeriksaan laboratorium atau mengambil sampel dari bagian tubuh tertentu. Biasanya jenis sampel yang paling umum digunakan adalah darah, namun dokter akan memberikan panduan mengenai waktu yang paling tepat untuk melakukan pemeriksaan tersebut.

Demikian ulasan mengenai berbagai jenis persiapkan sebelum melakukan sesi konsultasi dengan dokter spesialis saraf di Bekasi yang penting untuk Anda ketahui. Anda dapat menjadikan ulasan di atas sebagai referensi jika saat ini Anda sendiri atau salah satu kerabat mengalami gejala tertentu yang menunjukan indikasi penyakit saraf. Masuk dalam kategori penyakit kronis berbahaya, maka Anda tidak boleh menunda dan harus segera melakukan pemeriksaan ke dokter jika mengalami kelainan pada bagian tubuh tertentu agar segera mendapat tindakan penanganan yang tepat.