Cara Mengatasi Masalah Lambung dari SehatQ

  • Whatsapp
Chat Dokter Penyakit Dalam

Penyakit asam lambung juga dapat naik ke kerongkongan yang disebabkan oleh katup antara kerongkongan dan juga lambung melemah ataupun telah mengalami gangguan. Dimana kondisi ini disebut dengan penyakit asam lambung ataupun gastroesophageal reflux disease.

Cara-cara Mengobati Penyakit Asam Lambung

Pada saat terkena penyakit asam lambung, maka kamu juga bisa mengalami beberapa gejala, misalnya seperti sakit dada ataupun nyeri ulu hati, atau sulit menelan, Kemudian mulut terasa asam ataupun pahit, mual dan juga muntah, serta bisa jadi kurang nafsu makan.

Langkah Mengobati Asam Lambung

Asam lambung yang juga bersifat ringan biasanya masih bisa ditangani sendiri di rumah. Caranya kamu bisa mencoba beberapa bahan-bahan alami yang ada di bawah ini untuk mengobati asam lambung yang kamu derita atau keluarga kamu:

1. Menggunakan Jahe

Rempah jahe mempunyai sifat antiradang yang secara alami mampu mengatasi nyeri ulu hati. Bukan hanya itu, pada tanaman herbal ini juga bisa mengatasi masalah pencernaan lain, misalnya seperti perut kembung dan juga mual. Supaya bisa mengatasi gejala asam lambung, kamu juga bisa mengolah jahe menjadi minuman hangat. Bukan hanya jahe mentah, tapi kamu juga bisa menikmati minuman jahe yang tersedia di pasaran.

2. Menggunakan Licorice atau akar manis

Penggunaan Licorice atau disebut juga akar manis dinilai dapat meredakan gejala nyeri ulu hati atau heartburn yang disebabkan oleh asam lambung. Ini berkat kandungan zat di dalam licorice yang punya sifat antioksidan dan antiradang jadi bisa mengurangi pembengkakan, mengurangi peradangan, dan juga luka di lambung serta kerongkongan akibat peningkatan asam lambung.

3. Menggunakan Akar marshmallow

Menggunakan akar marshmallow yang mengandung berbagai zat yang dapat meredakan batuk, bisa menyembuhkan luka pada lambung dan juga kerongkongan, dan juga bisa mengatasi infeksi bakteri. Sehingga tanaman ini juga dipercaya mampu melindungi dinding lambung, maka tidak mudah luka ketika terkena asam lambung.

Bukan hanya asam lambung, daun dan akar marshmallow juga bisa digunakan untuk mengobati diare, obat konstipasi, obat peradangan lapisan lambung, serta juga nyeri serta pembengkakan di saluran pernapasan.

4. Menggunakan Teh chamomile

Kandungan dari Teh chamomile juga sudah sering digunakan untuk meredakan nyeri perut dan ulu hati, mengurangi mual dan muntah, dan juga secara tradisional yang dipercaya dapat mengatasi susah tidur. Dengan ramuan herbal tersebut yang mungkin dapat menjadi cara alami serta sangat efektif untuk mengurangi gejala asam lambung.

Walaupun bahan-bahan alami yang ada di atas diketahui efektif untuk bisa mengatasi gejala asam lambung, akan tetapi khasiat dan efektivitas ramuan herbal tersebut juga masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Bukan hanya bahan-bahan alami di atas, tapi ada beberapa jenis makanan yang juga bisa kamu konsumsi untuk meredakan gejala asam lambung, misalnya seperti:

  • Memakan sayuran hijau, misalnya seperti kentang, brokoli, asparagus, buncis, kembang kol, dan mentimun.
  • Mengonsumsi oatmeal dan juga roti gandum.
  • Mengonsumsi buah-buah yang tidak asam, misalnya seperti apel, melon, pisang, dan pir.
  • Bisa juga mengonsumsi daging tanpa lemak, misalnya seperti ayam, ikan, dan juga makanan laut rendah.

Apabila gejala asam lambung kamu makin parah dan di obati dengan yang alami sudah tidak manjur, maka kamu bisa konsultasi ke dokter, khusus chat dokter penyakit dalam yang ada di layanan chat dokter di SehatQ.

Related posts