Bagaimana Cara Mengajarkan Internet Aman pada Anak?

  • Whatsapp
Internet Aman pada Anak

Meski orangtua sudah menerapkan internet aman dan memblokir beberapa situs, namun tetap saja masih bisa kecolongan. Seiring dengan bertambahnya usia, kecerdasan anak semakin meningkat. Dengan rasa ingin tahu yang tinggi mereka akan mencoba mengakses konten yang sebenarnya dilarang. Tidak hanya di kota, internet di pelosok juga banyak yang disalahgunakan oleh anak-anak. Sebenarnya untuk menciptakan internet yang aman, kuncinya ada pada diri anak sendiri. Orangtua harus mengajarkan anak tentang bahaya internet agar mereka tidak mengakses konten yang berbahaya.

Untuk urusan paket internet memang smartfren rajanya. Setiap bulannya ada promo undian Smartfren Wow dengan hadiah yang menggiurkan. Dengan paket tersebut dari smartfren murah ini, para orang tua bisa mengajarkan mengenai internet aman. Lantas bagaimanakah caranya?

  1. Terbuka dalam komunikasi

Orangtua harus bersifat terbuka agar anak-anak mau bercerita tentang apapun tanpa rasa takut. Dengan sifat keterbukaan ini, orangtua semakin mudah memberi penjelasan kepada anak-anak. Berilah penjelasan dengan logis supaya anak-anak memahami akan pentingnya internet yang aman.

  1. Mendampingi anak-anak saat mengakses internet

Mulailah sedini mungkin menanamkan hal yang baik kepada anak-anak. Untuk anak-anak berusia 3-9 tahun, sebaiknya dampingi mereka saat mengakses internet. Jadi mereka bisa mudah menemukan konten menarik dan sesuai dengan usia mereka. Cara ini juga akan semakin mendekatkan anak-anak dengan orang tua.

  1. Memberi pengertian tentang dampak buruk dan baik internet

Internet di pelosok sekalipun pasti memberikan dampak buruk jika tidak digunakan dengan bijak. Orangtua sebaiknya memberitahu tentang dampak buruk konten yang tidak baik sehingga mereka akan menjauhi konten tersebut dengan sendirinya.

  1. Mengajarkan kewaspadaan

Bahaya internet bisa datang kapan saja dan darimana saja. Karena itulah, ajarkan kewaspadaan terhadap dampak buruk internet. Dengan begitu mereka akan langsung menghindar dan menutup situs jika ada konten tidak baik yang tak sengaja diakses.

Empat cara diatas akan mengajarkan anak tentang pemakaian internet yang aman dan konten apa saja yang perlu dihindari. Para orangtua bisa menggunakan paket internet smartfren agar anak-anak bisa mendapat pengalaman mengakses internet dengan nyaman. Selain irit, para orangtua pun diuntungkan karena bisa mengikuti undian Smartfren Wow dengan hadiah utama berupa 1 unit rumah.

Related posts