Ketika Anda ingin melakukan perjalanan bisnis maupun pulang dalam rangka acara keluarga menggunakan kereta api, ada banyak hal yang perlu Anda perhatikan sebelum melakukan pemesanan. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan tiket yang tepat dan sesuai dengan budget yang disiapkan.

Tentukan jenis kereta yang ingin dinaiki.

Hal pertama yang perlu dipertimbangkan saat ingin booking tiket kereta, baik secara online maupun langsung adalah jenis kereta yang ingin dinaiki. Saat ini ada banyak jenis kereta yang dapat dipesan sesuai dengan kemampuan keuangan yang dimiliki, mulai dari kelas ekonomi, bisnis, hingga eksekutif. Masing-masing jenis kereta memiliki fasilitas yang pastinya membuat Anda tenang selama perjalanan.

Sesuaikan jadwal keberangkatan dengan agenda di lokasi tujuan.

Ketika Anda ingin memesan tiket kereta api, lakukan survey di beberapa media online maupun offline untuk melihat jadwal jam keberangkatan kereta dari tempat Anda berada ke stasiun tujuan. Pengetahuan akan jadwal keberangkatan ini akan membuat Anda mampu memperkirakan waktu tiba kereta, sehingga agenda yang ingin dilakukan di kota tujuan tidak berantakan. Misalnya saja, saat Anda ingin berangkat dari kota Jogja ke Surabaya mengingat ada agenda kantor jam 15.00, Anda bisa mencoba memilih jadwal keberangkatan yang tiba setidaknya 1-2 jam sebelum acara, agar Anda tidak terlambat sampai ke lokasi tujuan. Tidak hanya itu, jadwal keberangkatan kereta umumnya juga berhubungan dengan jenis kereta yang difasilitasi oleh KAI, seperti model kereta direct atau connecting train. Untuk connecting train, umumnya membutuhkan waktu yang lebih lama untuk perjalanan mengingat Anda akan berpindah kereta di tengah perjalanan.

Tentukan stasiun awal dan akhir dalam perjalanan

Apapun agenda yang akan dilakukan di kota tujuan. Tentukan dulu stasiun awal keberangkatan dan stasiun tujuan. Hal tersebut akan mempermudah Anda dalam menentukan akomodasi dan perkiraan biaya transportasi maupun biaya lain yang akan dihabiskan di kota tujuan. Contohnya saja saat Anda ingin melakukan perjalanan ke kota Solo dari Yogyakarta, ada 2 stasiun kereta yang dapat dituju pengunjung dari luar kota, yaitu stasiun Purwosari dan stasiun Solo Balapan, tergantung lokasi tujuan yang ingin dijangkau dari masing-masing stasiun tersebut. Sama halnya ketika Anda ingin ke Surabaya dari Yogyakarta, ada beberapa stasiun yang bisa dituju, seperti stasiun Pasar Turi atau Stasiun Gubeng.

Lihat fasilitas yang ada didalam kereta

Banyak konsumen kereta api yang berpendapat bahwa harga tiket kereta api seharusnya sebanding dengan fasilitas yang akan didapat selama perjalanan. Secara umum, untuk kereta api kelas bisnis dan eksekutif sudah dilengkapi dengan fasilitas AC, selimut, atau kamar mandi yang memadai. Tidak hanya itu, tempat duduk yang tersedia juga sangat nyaman mengingat bisa disesuaikan posisinya ketika penumpang ingin beristirahat dengan sedikit bersandar. Untuk kereta api kelas ekonomi sekarang ini juga sudah dilengkapi dengan fasilitas yang tidak kalah menarik dibandingkan kelas bisnis serta eksekutif. Di kereta kelas ekonomi beberapa rute juga tersedia gerbong yang memungkinkan penyandang disabilitas terfasilitasi dengan baik.

Maksimal bagasi barang bawaan di kereta

Ketika Anda lebih memilih untuk bepergian dengan menggunakan kereta api, perhatikan ketentuan mengenai bagasi atau maksimal berat barang bawaan yang bisa dimasukkan ke dalam kereta. Hal tersebut perlu dilakukan agar perjalanan berlangsung aman dan nyaman untuk Anda pribadi maupun penumpang lain. Pastikan juga Anda tidak membawa barang berbahaya di kereta yang menyebabkan Anda berurusan dengan pihak berwajib.

Jumlah orang yang seperjalanan dengan Anda

Untuk memperkirakan budget yang harus Anda habiskan dalam membeli tiket kereta online pastikan terlebih dahulu jumlah orang yang akan melakukan perjalanan bersama Anda. Jumlah orang yang seperjalanan dengan Anda kemungkinan juga akan mempengaruhi nilai diskon tiket yang bisa didapatkan ketika memesan melalui agen offline.

Ketentuan untuk penumpang anak kecil

Aspek lain yang perlu Anda perhatikan adalah ketika Anda turut serta membawa anak kecil dengan usia dibawah 5 tahun dalam perjalanan memakai kereta. Saat ini, PT KAI memberlakukan peraturan bahwa anak usia 0-3 tahun digratiskan dari biaya saat naik kereta. Meski demikian, anak tersebut tetap harus memiliki tiket boarding pass yang dicetak dengan menunjukkan terlebih dahulu tiket kedua orangtuanya. Hal tersebut diperlukan untuk meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan berkaitan dengan anak-anak di perjalanan. Di beberapa gerbong kereta juga disediakan tempat khusus untuk ibu menyusui agar privasi anak terjamin.

Pilih sistem pesan tiket

Hal selanjutnya yang perlu dipikirkan adalah sistem pesan tiket yang dilakukan. Anda bebas membeli tiket sesuai keinginan, seperti membeli langsung di stasiun kereta terdekat, melalui website KAI, maupun website online lainnya. Namun demikian, jika Anda ingin membeli tiket secara online, akan lebih baik jika Anda memesan setidaknya 90 hari sebelum keberangkatan, mengingat harga promo yang ditawarkan lebih banyak. Apabila Anda melakukan pemesanan tiket secara online, pikirkan beberapa hal berikut:

Website tempat Anda memesan tiket

Sampai saat ini ada banyak website pemesanan tiket online selain website resmi dari KAI yang bisa diakses kapanpun dan dimanapun. Setiap website tersebut umumnya menawarkan potongan harga yang berbeda untuk setiap tiket perjalanan yang akan dibeli oleh calon penumpang.

Kestabilan akses internet

Ketika Anda lebih memilih memesan tiket secara online, pastikan internet yang Anda gunakan dalam kondisi stabil. Hal tersebut diperlukan untuk menghindari kesalahan pada saat ingin mengisikan data maupun resiko lainnya.

Data yang perlu diisi

Ketika Anda lebih memilih menggunakan website tertentu untuk booking tiket kereta, pastikan Anda sudah mempersiapkan terlebih dahulu data yang perlu diisikan di halaman website. Umumnya data yang akan diisikan harus sesuai dengan KTP agar nama Anda terdaftar resmi dalam manifest penumpang kereta api.

Pilihan kelas dan jenis kereta

Saat ingin bepergian dengan kereta api, tentu di sistem pemesanan online akan ada banyak pilihan kelas dan jenis kereta, sesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang ada.

Pikirkan sistem bayar tiket

Ketika Anda ingin memesan tiket kereta api terlebih dengan sistem online, pikirkan sistem bayar yang difasilitasi oleh website tujuan. Umumnya Anda bisa membayar tiket melalui minimarket yang bekerjasama dengan website, transfer atm, atau pemakaian kartu kredit. Apapun sistem pembayaran yang disetujui, pastikan Anda membayar dalam jangka waktu yang ditentukan agar tiket tidak hangus.

Pelajari konsekuensi saat batal pesan

Pada saat melakukan pemesanan tiket kereta, Anda perlu tahu bahwa ada prosedur pengembalian uang tiket hanya sekitar 50% atau bahkan tidak sama sekali ketika Anda membatalkan perjalanan tepat di hari keberangkatan. Untuk itu, pelajari secara lengkap konsekuensi yang harus Anda tanggung ketika Anda membatalkan perjalanan dengan kereta api untuk urusan lain yang lebih mendesak.