Resep Opor Ayam Tanpa Santan

  • Whatsapp

Siapa yang belum mengetahui kelezatan dari opor ayam ? Ya makanan olahan ayam dengan kuah santan ini memang makanan yang cukup populer di Indonesia terutama pada saat momen hari raya. Makanan ini dianggap sebagai salah satu makanan yang mesti ada di setiap hari-hari besar seperti hari lebaran.

Mungkin bagi sebagian orang rasa dan resep dari opor ayam ini terlihat sama di setiap daerahnya, namun ternyata ada dua jenis opor ayam yang terkenal yakni opor ayam bumbu kuning dan opor ayam bumbu putih, di mana kedua jenis opor tersebut menggunakan penambahan santan pada kuahnya.

Bagi sebagian orang yang mungkin memiliki masalah pencernaan dan juga lambung, mungkin memakan makanan ini menjadi hal yang paling dihindari karena dikhawatirkan akan memicu naiknya asam lambung ataupun gangguan pencernaan yang lain.

Nah, untuk memenuhi kebutuhan orang-orang yang ingin tetap menyantap opor ayam ini tapi dengan bahan-bahan yang nyaman di pencernaan, maka solusinya yaitu dengan membuat opor ayam tanpa santan. Kira-kira bagaimana ya resep dan cara membuat opor ayam tanpa santan tersebut. Yuk, langsung kita simak resep berikut ini.

Bahan-Bahan Opor Ayam

Bahan yang dibutuhkan :Bumbu yang dihaluskan :
·         1 ekor ayam dipotong sesuai selera·         10 siung bawang merah
·         2 lembar dau jeruk·         4 siung bawang putih
·         2 lembar daun salam·         4 buah kemiri
·         1 batang serai·         1 cm lengkuas
·         Garam secukupnya·         1 cm kunyit
·         Gula secukupnya·         1 sdt ketumbar
·         Merica secukupnya·         Garam secukupnya
·         Penyedap secukupnya·         Penyedap secukupnya
·         Air secukupnya
·         Minyak goreng secukupnya

Jangan lupa setelah mempersiapkan semua bahan-bahan di atas, Anda harus mencuci bersih bahan-bahanya terutama ayam dan juga bumbu yang akan dihaluskan. Setelah itu barulah kita bisa masuk ke step pembuatan opor.

  1. Bumbui ayam dengan sedikit gara, dan juga merica lalu diamkan selama kurang lebih 15 menit.
  2. Setelah menunggu sekitar 15 menit, gorenglah ayam yang telah dibumbui tersebut sampai setengah matang lalu tiriskan.
  3. Setelah menyiapkan ayam, lalu haluskan semua bahan bumbu-bumbu halus dengan menggunakan blender untuk memsingkat waktu, tapi kalau tidak ada maka Anda bisa menghaluskannya dengan ulekan manual.
  4. Setalah bumbu dihaluskan lalu tumis bumbu kedalam panci, beri tambahan daun jeruk, daun salam, dan juga serai yang sudah di geprek. Tumis semua bahan tersebut sampai harum.
  5. Setelah bumbu harum masukan ayam kemudian masukan air secukupnya lalu beri tambahan bumbu seperti garam, gula, penyedap, dan juga merica sesuai dengan selera anda. Aduk-aduk sampai semuanya tercampur dan masak hingga mendidih.
  6. Setelah semua bahannya dimasak hingga mendidih maka opor ayam tanpa santan pun sudah bisa langsung dinikmati atau dipindahkan ke dalam piring saji.

Itulah resep dan cara membuat opor ayam tanpa santan yang sangat ramah untuk orang-orang yang memiliki permasalahan pada pencernaan dan lambungnya. Selain iti opor ayam tanpa santan ini juga cocok untuk orang yang sedang diet karena kalorinya lebih rendah.

Meskipun mungkin opor ayam tanpa santan ini tidak akan segurih dan sekaya rasa dari opor bumbu kuning atau opor bumbu putih, tetapi setidaknya opor ini bisa sedikit mengobati rasa opor tersebut.

Jika Anda merasa rasa dari kuah opor ini masih kurang gurih maka anda juga bisa menambahkan susu cair plain sebagai pengganti dari santan agar rasanya sedikit mirip dengan opor dengan santan.

Related posts